KEEFEKTIFAN MEDIA AMPLOP BERGAMBAR TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS XII MAN MOJOSARI MOJOKERTO TAHUN AJARAN 2016/2017

  • SINTA NURSILA

Abstract

Penguasaan kosakata merupakan salah satu unsur penting dalam mempelajari bahasa Mandarin. Penguasaan kosakata dapat menunjang empat keterampilan berbahasa yakni, menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah media amplop bergambar. Dengan menggunakan media ini diharapkan pemahaman kosakata bahasa Mandarin siswa semakin meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) proses pembelajaran menggunakan media amplop bergambar dalam pembelajaran kosakata bahasa Mandarin pada siswa kelas XII MAN Mojosari Mojokerto Tahun Ajaran 2016/2017, 2) keefektifan pembelajaran kosakata bahasa Mandarin dengan menggunakan media amplop bergambar pada siswa kelas XII MAN Mojosari Mojokerto Tahun Ajaran 2016/2017, dan 3) respon siswa terhadap penggunaan media amplop bergambar dalam pembelajaran kosakata bahasa Mandarin pada siswa kelas XII MAN Mojosari Mojokerto Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen murni (True Eksperimental Design). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII MAN Mojosari Mojokerto, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XII IPS 3 sebagai kelas kontrol dan siswa kelas XII IPS 4 sebagai kelas eksperimen. pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan soal pretest dan posttest serta angket siswa. Hasil analisis data dalam penelitian adalah sebagai berikut: 1) Hasil observasi menunjukkan bahwa pembelajaran pada kelas eksperimen dengan menggunakan media amplop bergambar pada pertemuan pertama adalah 92,5 % dan pertemuan kedua adalah 92,85%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa proses pembelajaran bahasa Mandarin pada kelas eksperimen sudah berjalan sangat baik. 2) Hasil pre-test dan post-test diperoleh harga t0 = 3,82 dan db = 56, selanjutnya dikonsultasikan dengan melihat tabel taraf 5%. dengan harga t0 = 3,82 dan db = 56 diketahui bahwa harga ts 0.05 = 2,00 menunjukkan t lebih besar dari t tabel (2,00 < 3,82). Dari hasil tersebut diketahui bahwa media amplop bergambar dinilai efektif digunakan dalam pembelajaran kosakata bahasa Mandarin. 3) Hasil respon siswa terhadap penggunaan media amplop bergambar dalam pembelajaran penguasaan kosakata bahasa Mandarin kelas XII IPS 4 MAN Mojosari Mojokerto mendapat respon baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai persentase pada setiap aspek pada angket respon siswa yakni pada aspek pemahaman materi diperoleh sebesar 75,83%, aspek proses pembelajaran diperoleh sebesar 84,16%, 85,85%, 87%,80,83% dan pada aspek keefektifan media amplop bergambar diperoleh sebesar 80,83% , 89%, 80,83%, 84,16% 80,83%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif pada penggunaan media amplop bergambar terhadap penguasaan kosakata bahasa Mandarin. Kata Kunci: keefektifan, media amplop bergambar, kosakata Abstract Vocabularies is one of important aspect in learning Mandarin. So that, by learning vocabularies can support four language skills: heed, speaking, reading, and writing. The media which used in this research is pictorial envelope media. By using this media is expected for mastering Mandarin vocabularies to student will increase. This study was conducted to 1) learning process using pictorial envelope media in learning Chinese vocabulary, 2) the effectiveness of learning Chinese vocabulary using pictorial envelope media, and 3) student response to the use of pictorial envelope media in learning Chinese vocabulary.This research used research: True eksperimental design. The population of this research are XII students of MAN Mojosari Mojokerto, where the sample of this research are XII IPS 3 as an control class and XII IPS 4 as the experimental class. Data collection in this research used pretest and posttest and also questionnaire. This is of analysis data for experiment: 1) The teacher observation sheets were used to know the teacher activities while Mandarin teaching learning process by using pictorial envelope media. On the first meeting was 92,5% and 92,85% for the second meeting. The observation to the experiment group was run well. 2) The result of the analyze data which obtained from pretest and posttest is t0 = 3,82 and db = 56 and consultancy that refer to level table score 5%. Accompanying score t0 = 3,82 anddb = 56, then known that score ts 0.05 = 2,00 show t0greater that t-tabel (2,00 < 3,82). Score t0significant. From the results it is that the pictorial envelope in considered effective use in learning Mandarin. 3) Student response to  2 the use of pictorial envelope learning Mandarin vocabulary students grade XII IPS 4 MAN Mojosari Mojokerto was a good response. it can be proven from the percentage of each aspect from the students questionnaire. The percentage of material understanding aspect is 75,83%, learning process aspect is 84,16%, 85,85%, 87%,80,83% and for the effectiveness using amplop bergambar media is 80,83% , 89%, 80,83%, 84,16% 80,83%. It can be concluded that there is positive influence on the use of pictorial envelope media to the mastery of Mandarin vocabulary. Keyword : effectiveness, pictorial envelope, vocabularies

Published
2017-07-18
How to Cite
NURSILA, S. (2017). KEEFEKTIFAN MEDIA AMPLOP BERGAMBAR TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS XII MAN MOJOSARI MOJOKERTO TAHUN AJARAN 2016/2017. Jurnal Bahasa Mandarin, 2(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/20351
Section
Articles
Abstract Views: 374
PDF Downloads: 194