KESALAHAN PENGGUNAAN KATA GANTI TANYA “多少” DAN  “几” DALAM KALIMAT BAHASA MANDARIN MAHASISWA ANGKATAN 2014 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNESA

  • MEGA SILVIA

Abstract

Abstrak

Bahasa memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Pembelajar bahasa Mandarin sebagai bahasa kedua sering melakukan kesalahan dalam penggunaan kata ganti tanya “多少” dan “几”.  Dalam penelitian ini dianalisis tentang bentuk kesalahan dan penyebab terjadinya kesalahan penggunaan kata ganti tanya “多少” dan “几” dalam kalimat bahasa Mandarin pada Mahasiswa  angkatan 2014 Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Unesa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk kesalahan penggunaan kata ganti tanya tanya “多少” dan “几”, mendeskripsikan penyebab penggunaan kata ganti tanya tanya “多少” dan “几”. dalam bahasa Mandarin angkatan 2014 Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Fakultas Bahasa dan Seni Unesa.

Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik tes dengan menggunakan instrumen soal tes, dengan prosedur: mengklasifikasi data, memperingkat kesalahan, mengklasifikasi kesalahan, mendeskripsikan kesalahan, mengkoreksi kesalahan, dan mencari penyebab kesalahan. Pada mahasiswa angkatan 2014 Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Fakultas Bahasa dan Seni Unesa.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk kesalahan dalam penggunaan kata ganti tanya  “多少” dan “几” yang sering dilakukan mahasiswa adalah salah formasi 62% dan salah susun sebesar 78%.   Berdasarkan pendapat yang dilakukan oleh peneliti, kesalahan tersebut disebabkan oleh kurangnya pemahaman mereka tentang penggunaan kata ganti tanya  “多少” dan “几”,  pengaruh interferensi bahasa ibu, dan minimnya penguasaaan kosakata bahasa Mandarin. Hasil  kuesioner mahasiswa angkatan 2014 terhadap penggunaan kata ganti tanya  “多少” dan “几” adalah mereka cukup memahami perbedaan sebesar 58% dan persamaan sebesar 62% dari kata  ganti tanya “多少” dan “几”. kurangnya pemahaman siswa dalam berlatih menggunakan kata ganti tanya “多少” dan “几” sebesar 42% dan ketidakatepatan dalam menggunakan tata bahasa Mandarin sebesar 37%

Kata Kunci: Kesalahan berbahasa, kata ganti tanya, “多少” dan “几”.

 

Abstract

Language has an important role in human life. A person who study Mandarin as a second language often make errors in using pronoun “多少”duoshao and “几” ji. On this research, those are analyzed where is the mistake, and the cause of mistaking on using pronoun “多少”and “几” in Mandarin sentence by the student faculty of Mandarin in academic year 2014. This research is to describe the kind of mistake pronoun “多少” and “几”, to describe the causes of pronoun “多少”and “几” of Mandarin sentence by the student of Chinese Education Program in State University of Surabaya of 2014.

This research called descriptive qualitative. A technique that is used to called the data is test instrument. it is done by procedure as: classify the data, arrange the mistakes by rank, classify the mistake, describe them, correct the mistake, and  Find out the casual factor of mistaking. To the Surabaya National University Department of Chinese Language Education 2014 undergraduate students for the study.

The result of this research indicate that the varienty oferrors in using pronoun “多少”and “几”  which is often done by students is a formation of 62% and stacking of 78%. Based on polls conducted by researcher, the errors are caused by their lack of understanding of the use of prounoun “多少”and “几”, the influence of negative interference of mother language and the lack of vocabulary of the Mandarin. Result of questionnaire  prounoun “多少”and“几”that can be proved by the results of the answer quite understand the difference 58% and the equation 62% of prounoun “多少”and“几”, lack of understanding of students in practice using prounoun “多少”and“几” ji 42% and Inaccuracy in using Mandarin grammar 37%.

Keywords:  Error analysis, pronoun,  “多少” and “几”.

Published
2017-07-18
How to Cite
SILVIA, M. (2017). KESALAHAN PENGGUNAAN KATA GANTI TANYA “多少” DAN  “几” DALAM KALIMAT BAHASA MANDARIN MAHASISWA ANGKATAN 2014 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNESA. Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin UNESA, 2(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/20353
Section
Articles
Abstract Views: 153
PDF Downloads: 159