KEEFEKTIFAN MEDIA TAS AMPLOP MISTERIUS (TAM) TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATABAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 DRIYOREJO.1KEEFEKTIFAN MEDIA TAS AMPLOP MISTERIUS (TAM) TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATABAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 DRIYOREJO.

  • SITI AISYAH

Abstract

Abstrak
Penguasaan kosakata adalah hal penting dalam mempelajari bahasa asing, terutama dalam pembelajaran bahasa
Mandarin kepada siswa kelas X Bahasa SMA Negeri 1 Driyorejo. Rumusan masalah peneliti ada tiga, yaitu : 1)
Bagaimana proses pembelajaran penggunaan media Tas Amplop Misterius (TAM) pada siswa kelas X Bahasa SMA
Negeri 1 Driyorejo. 2) Bagaimana keefektifan media Tas Amplop Misteriuspada siswa kelas X Bahasa SMA Negeri
(TAM) pada siswa kelas X Bahasa SMA Negeri 1 Driyorejo. 3) Bagaimana respon siswakelas X Bahasa SMA Negeri
1 Driyorejo terhadap penggunaan media Tas Amplop Misterius(TAM). Penelitian ini merupakan penelitian one
groupPre-Test Post Test Design. Alasan peneliti memilih penelitian one groupPre-Test Post Test Design karena di
sekolah SMA Negeri 1 Driyorejo hanya memiliki satu kelas bahasa yaitu kelas X Bahasa. Pada penelitian ini terdapat
kegiatan dilaksanakan tes terhadap siswa untuk mengetahui kemampuan siswa serta perubahan siswa dalam penguasaan
kosakata bahasa Mandarin sebelum dan sudah menggunakan media Tas Amplop Misterius (TAM). Pelaksanaan tes
digunakan untuk mengetahui hasil perbandingan dari pre-test dan post-test pada kepada siswa sebelum dan sesudah
pemberian treatment.
Subjek penelitian ini berjumlah 26 siswa kelas X Bahasa SMA Negeri 1 Driyorejo, yang terdiri dari 4 laki-laki
dan 22 perempuan. Penelitian ini menggunakan lembar observasi guru dan siswa untuk mengetahui aktivitas guru dan
siswa selama proses penelitian. Berdasarkan hasil observasi aktivitas guru pada pertemuan pertama memperoleh nilai
79,16% dan pada pertemuan kedua memperoleh nilai 86,11%. Observasi aktivitas siswa pada pertemuan pertama
memperoleh nilai 87,5% dan observasi aktivitas siswa pada pertemuan kedua memperoleh nilai 95%. Berdasarkan hal
tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media Tas Amplop Misterius (TAM) dapat
berjalan dengan baik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan penguasaan kosakata bahasa Mandarin pada siswa
kelas X Bahasa SMA Negeri 1 Driyorejo. Peningkatan siswa dalam penguasaan kosakata bahasa Mandarin dapat
dilihat dari nilai pre-test dan post-test siswa. Nilai rata-rata pre-test siswa sebesar 58,84 sedangkan nilai rata-rata posttest
sebesar 81,77. Selain angket soal pre-test dan post-test siswa juga diberi angket respon siswa sebelum dan sesudah
menggunakkan media Tas Amplop Misterius (TAM). Berdasarkan hasil angket respon siswa dapat disimpulkan bahwa
media Tas Amplop Misterius (TAM) terhadap penguasaan kosakata bahasa Mandarin menunjukkan peningkatan yang
positif. Siswa merasa senang dan lebih aktif selama proses pembelajaran. Siswa juga merasa termotivasi dalam belajar
bahasa Mandarin.
Kata Kunci: Keefektifan, Tas Amplop Misterius (TAM), penguasaan kosakata.

 

Published
2017-08-29
How to Cite
AISYAH, S. (2017). KEEFEKTIFAN MEDIA TAS AMPLOP MISTERIUS (TAM) TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATABAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 DRIYOREJO.1KEEFEKTIFAN MEDIA TAS AMPLOP MISTERIUS (TAM) TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATABAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 DRIYOREJO. Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin UNESA, 2(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/21464
Section
Articles
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 20