PENGGUNAAN MEDIA "POP UP" DALAM PEMBELAJARAN MENULIS HANZI PADA SISWA KELAS X IPS 1 SMA N 1 PURI MOJOKERTO

  • Eris Dwitrisno Putri

Abstract

ABSTRAK

PENGGUNAAN MEDIA “POP UP’ DALAM PEMBELAJARAN

MENULIS HANZI PADA SISWA KELAS X IPS 1

SMA N 1 PURI MOJOKERTO

 

 

Nama                    : Eris Dwitrisno Putri

NIM                       : 13020774053

Prodi                     : Pendidikan Bahasa dan Sastra Mandarin

Fakultas               : Bahasa dan Seni

Universitas          : Universitas Negeri Surabaya

Pembimbing       : Dr. Mintowati, M.Pd.

Tahun                   : 2017

 

Kata Kunci          : Media, “Pop Up” , menulis Hanzi

 

Menulis Hanzi merupakan salah satu aspek yang sulit dalam pembelajaran bahasa Mandarin, sehingga dalam menulis Hanzi diperlukan latihan secara terus-menerus. Penelitian ini menggunakan media “Pop Up” untuk pembelajaran menulis hanzi. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan penggunaan media “ Pop Up”, 2) mendeskripsikan keefektifan penggunaan media “Pop Up”, dan 3) mendeskripsikan respon siswa terhadap penggunaan media “Pop Up” dalam pembelajaran menulis Hanzi .

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan gabungan yaitu kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai subjek penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS yang berjumlah 4 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPS 4 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa yaitu 32 siswa dan kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa yaitu 34 siswa dengan rancangan random cluster sampling.

1). Dalam penggunaan media “Pop Up” Hasil penilaian dapat diperoleh dari data observasi guru dan siswa. pada kelas eksperimen adalah pertemuan pertama sebesar 73,53% dengan kategori tinggi, pada pertemuan kedua sebesar 91,17% dengan kategori sangat tinggi.

2). Untuk mencari keefektifan dari penggunaan media “Pop Up” Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan rumus t-signifikansi diperoleh 10,10 > t (0,05, db) = t (0,05 ; 64) = 1,67. Nilai tersebut lebih besar daripada nilai tabel, menunjukkan ada perbedaan signifikan antara nilai pre-test dan post-test pada kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media “Pop Up” berpengaruh signifikan dalam pembelajaran menulis Hanzi pada siswa kelas X IPS 1 SMA N 1 PURI MOJOKERTO.

3). Hasil angket respon siswa kelas X IPS 1 SMAN 1 PURI MOJOKERTO terhadap pembelajaran menulis Hanzi bahasa Mandarin menggunakan media “Pop Up” yaitu 91,74%. Hasil tersebut diperoleh dari 10 butir soal yang masing-masing dikategorikan 5 butir soal tentang kelebihan dari media “Pop Up“ dan 5 butir soal tentang kelemahan dari media “Pop Up“ kemudian angket tersebut dijumlah tiap kategori dibagi nilai maksimal dan dikali 100%. Disimpulkan dari 34 siswa berpendapat bahwa media “Pop Up” berpengaruh positif dalam pembelajaran menulis Hanzi bahasa Mandarin.

 

ABSTRACT

THE USES OF MEDIA "POP UP" TO LEARN

WRITING HANZI OF CLASS X IPS 1

STATE SENIOR HIGH SCHOOL 1 PURI MOJOKERTO

 

 

Name                                    : Eris Dwitrisno Putri
NIM                                       : 13020774053

Study Program                   : Chinese Language Education
Faculty                                  : Language and Art Faculty
Institution                            : The State University of Surabaya
Supervisors                         : Dr. Mintowati, M.Pd.
Years                                     : 2017

 

Key Tearm                          : Media, "Pop Up", Hanzi writing  

 

Writing a Hanzi is one of the most difficult aspects of learning chinese language, so in writing the Hanzi requires constant practice. This research uses the media "Pop Up" to learning writing Hanzi. The purpose of this research is 1) to describe hoe to use media "Pop Up", 2) to describe the effectiveness to use media "Pop Up", 3) and to describe the students response to use of media "Pop Up" to learn writing Hanzi.

The type of this research is experimental research that use quantitative and qualitative. This research Use two classes as a research subject. The population in this research is all students of  X IPS amounted to 4 classes. The participant is class X IPS 4 an control class with a total of 32 students and class X IPS 1 as experiment class with a total of 34 students.

1). The use media "Pop Up" results of the observation assessment of teachers and students in this experimental class is the first meeting of 73,53% with high category, second meeting of 91,17% with very high category.

2). To search for the effectiveness of use media "Pop Up" Based on result of data analysis by using t-significance obtained 10,10> t (0,05, db) = t (0,05,64) = 1,67. The value is better than the table value, there is a significant difference between the pre-test and post-test values of the control class with the experimental class. The conclude is a media "Pop Up" has a significant influence to learn writing Hanzi in students X IPS 1 State Senior High School 1 PURI MOJOKERTO.

3). The result of questionnaire responses of the students of class X IPS 1 State Senior High School 1 PURI MOJOKERTO to learn of writing Hanzi Chinese language use "Pop Up" media that is 91,74%. The results are obtained from 10 items that each categorized 5 items about the advantages of the media "Pop Up" and 5 items about the weakness of the media "Pop Up" then the questionnaire is summed each category divided by the maximum value and multiplied by 100%. From 34 students argue that the media "Pop Up" positively influence in learn Chinese language writing.

 

Published
2017-09-21
How to Cite
Dwitrisno Putri, E. (2017). PENGGUNAAN MEDIA "POP UP" DALAM PEMBELAJARAN MENULIS HANZI PADA SISWA KELAS X IPS 1 SMA N 1 PURI MOJOKERTO. Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin UNESA, 2(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/21885
Section
Articles
Abstract Views: 44
PDF Downloads: 247