NILAI MORAL DAN NILAI BUDAYA DALAM FILM SO I MARRIED AN ANTI FAN《所以、我和黑粉结婚了》KARYA JIN DI RONG (金帝荣)(KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA)

  • IRMA FITRIANINGSIH

Abstract

Abstrak
Karya sastra merupakan hasil karya pengarang yang bersumber dari masyarakat dan dikembalikan ke masyarakat untuk mendapatkan apresiasi dan memberikan inspirasi. Karya sastra dapat menjadi salah satu media yang menghibur, sumber informasi, dan sarana edukasi. Peneliti menggunakan dan mengkaji nilai moral dan nilai budaya dalam film So I Married An Anti Fan《所以,我和黑粉结婚了》karya Jin Di Rong (金帝荣) sebagai sumber data penelitian. Film ini merupakan film China bergenre romantis komedi yang diadaptasi dari novel best seller. Film tersebut menggunakan bahasa Mandarin sebagai bahasa utama dan juga dilengkapi dengan subtittle hanzi. Peneliti menggunakan teori moral Konfusius sebagai alat untuk menganalisis data dan pendekatan sosiologi sastra sebagai pendekatan dalam penelitian ini.
Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi nilai-nilai moral apa sajakah yang terdapat dalam film So I Married An Anti Fan《所以,我和黑粉结婚了》karya Jin Di Rong (金帝荣) dan nilai-nilai budaya apa sajakah yang terdapat dalam film So I Married An Anti Fan《所以,我和黑粉结婚了》karya Jin Di Rong (金帝荣). Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan nilai moral dan nilai budaya yang terdapat dalam film So I Married An Anti Fan 《所以,我和黑粉结婚了》karya Jin Di Rong (金帝荣).
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskritif kualitatif. Data penelitian yang didapatkan oleh peneliti berupa kutipan-kutipan dialog, monolog, dan tingkah laku para tokoh yang berkaitan dengan nilai moral dan nilai budaya dalam film So I Married An Anti Fan《所以,我和黑粉结婚了》karya Jin Di Rong (金帝荣) sesuai dengan teori moral Konfusius. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik simak bebas libat cakap, kemudian dilanjutkan dengan teknik catat untuk mengumpulkan data. Selanjutnya peneliti menggunakan teknik analisis isi untuk menganalisis data yang telah diperoleh.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa film So I Married An Anti Fan《所以,我和黑粉结婚了》karya Jin Di Rong (金帝荣) mengandung nilai moral yang meliputi (1) nilai moral hubungan manusia dengan Tuhan, (2) nilai moral hubungan manusia dengan sesama manusia, dan (3) nilai moral hubungan manusia dengan diri sendiri, serta nilai budaya yang meliputi (1) pola tingkah laku, (2) karakter, dan (3) material dalam karya sastra berbentuk film dan telah memenuhi ajaran moral Konfusius.
Kata Kunci: Nilai Moral, Nilai Budaya, Film
Abstract
The literary work is the work of authors sourced from and returned to the public to get appreciation and inspiration. The literary work can be one of entertaining media, information sources, and means of education. The researcher used and assessed the moral values and cultural values in the So I Married An Anti Fan《所以,我和黑粉结婚了》movie by Jin Di Rong (金帝荣) as the source of research data. This movie is a Chinese romantic comedy genre adapted from best-selling novels. The movie uses Chinese as the main language and also comes with a hanzi subtitle. The researcher used Confucius moral theory as a tool to analyse the data and used sociological literature approach in this research.
The problems consisting in this research are: (1) what moral values contained in the So I Married An Anti Fan《所以,我和黑粉结婚了》movie by Jin Di Rong (金帝荣) are; (2) what cultural values contained in the So I Married An Anti Fan《所以,我和黑粉结婚了》movie by Jin Di Rong (金帝荣) are. This research aims to describe the moral values and cultural values contained in the So I Married An Anti Fan《所以,我和黑粉结婚了》movie by Jin Di Rong (金帝荣).
The method used in this study is qualitative descriptive method. The data of the research obtained by the researcher are in the form of excerpts of dialogue, monologue, and behaviour of the character related to moral values and cultural values in the So I Married An Anti Fan《所以,我和黑粉结婚了》movie by Jin Di Rong (金帝荣) in accordance with Confucius moral theory. In this research, the researcher conducted the Uninvolved Conversation Observation Technique, then note technique to collect data. Furthermore, the researcher used content analysis technique to analyse the obtained data.
Header halaman genap: Nama Jurnal. Volume 01 Nomor 01 Tahun 2012, 0 - 216
2
The results of this research show that the So I Married An Anti Fan《所以,我和黑粉结婚了》movie by Jin Di
Rong (金帝荣) contains moral values that include (1) the moral value of the relation between human with God, (2) the
moral value of relation among human, and (3) the moral value of relations between human and themself, as well as
cultural values that include (1) pattern of behaviour, (2) character, and (3) material in literary work in the form of movie
and has fulfilled the moral theory of Confucius.
Keywords: Moral Values, Cultural Value, Movie

Published
2017-10-03
How to Cite
FITRIANINGSIH, I. (2017). NILAI MORAL DAN NILAI BUDAYA DALAM FILM SO I MARRIED AN ANTI FAN《所以、我和黑粉结婚了》KARYA JIN DI RONG (金帝荣)(KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA). Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin UNESA, 2(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/21930
Section
Articles
Abstract Views: 162
PDF Downloads: 179