PENGGUNAAN METODE PEMEBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA BAHASA MANDARIN KELAS X SMK YAPALIS KRIAN

  • ASKA MUNIYATI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan penggunaan metode pembelajaran example non example dalam pembelajaran menulis karangan sederhana bahasa Mandarin. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis eksperimen murni (true exsperimental design) dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK YAPALIS KRIAN , sedangkan sampel penelitian ini adalah kelas X MM2 sebagai kelas eksperimen dan X TKJ 1 sebagai kelas kontrol. Hasil observasi aktivitas guru pada pertemuan pertama mendapatkan persentase sebesar 78%, pertemuan kedua mendapatkan persentase 81%. Kemudian pada lembar aktivitas siswa pertemuan pertama mendapatkan persentase sebesar 80%, pada pertemuan kedua mendapatkan persentase sebesar 82%. Kedua hasil tersebut apabila dipersetasekan pada Skala Likert termasuk pada kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan , diperoleh t0=12,3 dan db= 85, maka diketahui bahwa nilai ts 005 =1,99 menunjukkan bahwa t0 lebih besar dari t tabel (I,99<12,3. Hal ini menunjukkan penggunaan metode example non example mempunyai pengaruh yang signifikan dalam pembelajaran menulis karangan sederhana bahasa Mandarin siswa kelas X SMK YAPALIS KRIAN. Hasil analisis angket respon siswa menunjukkan respon positif dengan rata-rata nilai yang diperoleh berkisaran antara 80-100% yag menunjukkan kriteria sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran example non example berpengaruh dalam pembelajaran menulis karangan sederhana bahasa Mandarin pada siswa kelas X SMK YAPALIS KRIAN

Kata Kunci: Metode example non example, menulis, karangan sederhana

Abstract
this research uses example non example learning method to facilitate the students in writing simple essay of mandarin language. The purpose of this research is to describe the effectiveness of the utilization of example non example learning methods in writing simple essay of mandarin language learning. This research is an experimental research with pure experiment type (true experimental design) and uses quantitative approach. The population of this research is all of X (10th) grader SMK YAPALIS KRIAN, and the sample of this research is X (10th) MM2’s grader as an experimental class and X (10th) TKJ 1’s grader as a control class. The result of teacher activity during observation at the first meeting get a percentage of 78%, while the second meeting gets a percentage of 81%. Then on the student’s activity sheet at the first meeting get a percentage of 80%, while at the second meeting get a percentage of 82%. Both of these results if presented at the likert scale are included in the very well criteria. Based on the results of data analysis, obtained t0=12,3 and db= 85, then it is known that the value of ts 005 =1,99 indicates that t0 is greater than t table (I, 99 <12.3), which means that there are significant differences between the learning outcomes of students in the experimental class and the control class. It shows that the use of example non example method has a significant influence for SMK YAPALIS KRIAN’s X (10th) grader in writing a simple essay of Mandarin language. The result of questionnaire responses analysis shows a positive response with the average value obtained between 80-100% that shows very good criteria. Then, it can be concluded that the use of example non example learning method influencewriting simple essay of Mandarin learning on the SMK YAPALIS KRIAN’s (10th) grader.



Published
2018-06-08
How to Cite
MUNIYATI, A. (2018). PENGGUNAAN METODE PEMEBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA BAHASA MANDARIN KELAS X SMK YAPALIS KRIAN. Jurnal Bahasa Mandarin, 1(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/23569
Section
Articles
Abstract Views: 54
PDF Downloads: 27