KEBUTUHAN BERTINGKAT TOKOH UTAMA DALAM FILM 黄金时代HUÁNGJĪN SHÍDÀI KARYA 许鞍华XǓ ÁNHUĀ (KAJIAN HUMANISTIK ABRAHAM MASLOW)

  • SISKA MUDITA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini difokuskan pada dua rumusan masalah, yang pertama yaitu pada kebutuhan bertingkat tokoh utama, dan yang kedua pengaruh kebutuhan bertingkat terhadap konflik hidup tokoh utama yang menggunakan teori kebutuhan bertingkat kajian humanistik Abraham Maslow. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan psikologi sastra. Sumber data dalam penelitian ini adalah film biografi dari China dengan menggunakan bahasa Mandarin yang berjudul黄金时代 (Huángjīn Shídài) garapan sutradara许鞍华Xǔ Ánhuā, dan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah berupa kutipan dialog, monolog, narasi, dan unit terkecil dari skenario film.

Kata kunci : Kebutuhan Bertingkat, Tokoh Utama, Psikologi Sastra, dan Film

Abstract

Research focused on two formulation of the problem, first focused on main character’s hierarchy of needs, and the second focused on the effect main character’s life of conflict which using Humanistic theory Maslow’s Hierarchy of needs. This research using qualitative descriptive with approach literary psychology. Data sourch this research is using biographical film from China that used Mandarin with title黄金时代 (Huángjīn Shídài) directed by 许鞍华Xǔ Ánhuā, and the data of this research is dialog, monolog, naration, and small unit of movie scenario.

Key Term : Hierarchy of needs, Main Character, Literary Psychology, and Film

Published
2018-06-08
How to Cite
MUDITA, S. (2018). KEBUTUHAN BERTINGKAT TOKOH UTAMA DALAM FILM 黄金时代HUÁNGJĪN SHÍDÀI KARYA 许鞍华XǓ ÁNHUĀ (KAJIAN HUMANISTIK ABRAHAM MASLOW). Jurnal Bahasa Mandarin, 1(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/23570
Section
Articles
Abstract Views: 145
PDF Downloads: 156