Penggunaan Media Kamus Wenlin terhadap Kemampuan Menulis Hanzi pada Siswa Kelas X SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo

  • AL FIYATUL MUKAROMAH

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media kamus Wénlín, mendeskripsikan efektifitas penggunaan media kamus Wénlín, dan mendeskripsikan respon siswa terhadap penggunaan media kamus Wénlín. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis rancangan penelitian ini adalah true experiment design bentuk control group pretesst posttest design, yaitu dengan menggunakan dua kelas sebagai subjek penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X tahun ajaran 2017-2018 dengan sampel kelas X IPS 3 sebagai kelas kontrol dan kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen. Hasil observasi aktivitas guru dan siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan media kamus Wénlín dalam pembelajaran menulis hὰnzὶ berjalan dengan baik. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil persentase aktivitas guru sebesar 82,14% dan persentase aktivitas siswa sebesar 86,67 %, dalam skala likert kriteria penilaian termasuk “sangat baik ”.Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan rumus t-signifikansi diperoleh 6,05 > t (0,05,db) = t (0,05;74) = 1,67. Nilai tersebut lebih besar daripada nilai tabel, menunjukkan ada perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttest kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media kamus Wénlín mempunyai pengaruh signifikan dalam pembelajaran menulis hὰnzὶ pada siswa kelas X SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo. Selain itu, hasil angket respon siswa menunjukkan dari 33 siswa, 84,85% menyatakan media kamus Wénlín dapat membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran, 86,21% menyatakan media kamus Wénlín sangat efektif dalam pembelajaran menulis hὰnzὶ , dan 81,82% menyatakan bahwa pembelajaran menulis hὰnzὶ dengan menggunakan media kamus Wénlín menarik dan menyenangkan.

Kata Kunci: media, kamus Wénlín, menulis Hὰnzὶ

Abstract

The purpose of this study is to describe the use of media Wénlín dictionary, describe effectiveness of the use of media Wénlín dictionary, and describes students responses to the use of the media Wénlín dictionary. This research is an experimental research using quantitative approach. This research design type is true experiment design form control group pretesst posttest design and using two classes as research subjects. Population in this research is student of class X academic 2017-2018 with sample class X IPS 3 as control class and class X IPA 1 as experiment class. Observation result of teacher and student activity in experiment class by using media of dictionary of Wénlín in writing hὰnzὶ learning goes well. It can be proven with the result of teacher activity percentage equal to 82,14% and the percentage of student activity equal to 86,67%, in Likert scales the assessment criteria include "excellent". Based on result of data analysis by using t-significance formula obtained 6,05> t (0,05, db)= t (0,05; 74) = 1,67. The value is greater than the table value, shows no significant difference between the pretest and posttest values ​​of the control class with the experimental class. it can be concluded that the has a significant influence in learning writing hὰnzὶ on high school students SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo. In addition, student Wénlín dictionary media questionnaire results show from 33 students, 84.85% stated the media dictionary Wénlín can help students in understanding learning materials, 86.21% stated the media of Wénlín dictionary greatly. in writing writing hὰnzὶ, and 81.82% stated that learning writing hὰnzὶ using Wénlín dictionary media interesting and fun.

Keywords: media, Wénlín dictionary, writing hὰnzὶ


Published
2018-06-08
How to Cite
FIYATUL MUKAROMAH, A. (2018). Penggunaan Media Kamus Wenlin terhadap Kemampuan Menulis Hanzi pada Siswa Kelas X SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo. Jurnal Bahasa Mandarin, 1(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/23571
Section
Articles
Abstract Views: 59
PDF Downloads: 32