KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE "INDEX CARD MATCH" DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN KELAS X SMA HANG TUAH 2 SIDOARJO

  • AGNELLIA NOVITA FAUZIA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan penggunaan metode pembelajaran index card match dalam pembelajaran kosakata siswa kelas X SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis rancangan penelitian ini adalah True Experimental pre test – post test control group design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 37 siswa dan X MIPA 7 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 38 siswa SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo. Hasil observasi aktivitas guru menunjukkan persentase sebesar 86,25% termasuk dalam kriterian penilaian “sangat baik”. Hasil observasi aktivitas siswa menunjukkan persentase sebesar 85% termasuk dalam kriteria penilaian “sangat baik”. Hasil analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa hasil perolehan thitung = 5,26 dan db = 68. Dengan taraf signifikansi 5%, sehingga diperoleh ttabel = 1,66. Hasil thitung lebih besar dari hasil ttabel yaitu 5,26 . Hasil thitung lebih besar dari hasil ttabel yaitu 5,26 . Dengan demikian hipotesis H0 yang berbunyi tidak ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen ditolak. Sedangkan hipotesis H1 yang berbunyi ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen diterima. Hasil analisis data angket menunjukkan bahwa dari 10 pernyataan yang diberikan kepada siswa diperoleh hasil persentase kisaran 61%-100% yang artinya termasuk dalam kiteria penilaian kuat-sangat kuat. Hasil yang diperoleh dari uji t-test dan angket respon siswa menunjukkan bahwa penggunaan metode index card match efektif dalam pembelajaran kosakata bahasa Mandarin kelas X SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo.

Kata Kunci: metode, metode index card match, kosakata, pembelajaran kosakata bahasa Mandarin.

Abstract

This research aims to describe the effectiveness of the use of index card match learning method in learning Chinese vocabulary of class X SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo. This research is included experimental research using quantitative approach. The type of the research design is True Experimental pre test - post test control group design, which uses control class as a comparison so that the result obtained can be known with certainty. The sample of this study is the students of class X MIPA 4 as the control class which amounted to 37 students and X MIPA 7 as the experimental class which amounted to 38 students of SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo. The result of teacher activity observation shows the percentage of 86,25% included in "very good" criteria. Student activity observation result shows percentage equal to 85% included in "very good" criteria. The results of this research data analysis shows that the results of tcount = 5.26 and db = 68. With a significance level of 5%, so obtained ttable = 1.66. The result of tcount is bigger than ttable result that is 5,26> 1,66. Thus the hypothesis H0 which reads there is no significant difference between the learning result of the control class and the experimental class is rejected. While the hypothesis H1 which reads there is a significant difference between the learning results of the control class and the experimental class is accepted. The results of questionnaire data analysis show that from 10 statements given to the students obtained a percentage range of 61% -100% which means included in strong-very strong criteria. Results obtained from the t-test and student response questionnaire show that the use of index card match method is effective in learning Chinese vocabulary class X SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo.

Keywords: method, index card match method, learning Chinese vocabulary.






Published
2018-06-08
How to Cite
NOVITA FAUZIA, A. (2018). KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE "INDEX CARD MATCH" DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN KELAS X SMA HANG TUAH 2 SIDOARJO. Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin UNESA, 1(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/23572
Section
Articles
Abstract Views: 87
PDF Downloads: 78