PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA DAN PENYUSUNAN KALIMAT BAHASA MANDARIN SISWA KELAS III SD GODWINS SCHOOL SURABAYA

  • FEBBE KRISTIANA
  • URIP ZAENAL FANANI

Abstract

Penguasaan kosakata merupakan hal yang sangat penting dalam mempelajari bahasa asing salah satunyabahasa Mandarin. Dalam penelitian yang dilakukan ini, peneliti menggunakan media flashcard untuk mempermudah siswa kelas III SD Godwins School dalam menguasai kosakata dan menyusun kalimat bahasa Mandarin. Dari hasil analisis observasi, perolehan persentase aktivitas guru sebesar 91% dan perolehan persentase aktivitas siswa sebesar 92,85%. Berdasarkan perhitungan analisis yang dilakukan, telah diperoleh nilai = 840, = 46.66, = 47,12. Dari hasil tersebut diperoleh ditolak dan diterima, maka telah terbukti bahwa media flashcard memiliki pengaruh yang baik terhadap penguasaan kosakata dan penyusunan kalimat bahasa Mandarin siswa kelas III SD Godwins School Surabaya. Berdasarkan perhitungan analisis hasil angket, telah diketahui bahwa secara keseluruhan telah didapatkan persentase dari respon siswa sebesar 94,44%. Jika dilihat melalui skala likert, hal ini termasuk kedalam kriteria baik sekali. Dapat disimpulkan bahwa bahwa penggunaan media flashcard terhadap penguasaan kosakata dan penyusunan kalimat bahasa Mandarin siswa kelas III SD Godwins School telah direspon oleh siswa dengan sangat baik. Kata Kunci: media flashcard, penguasaan kosakata, penyusunan kalimat

Mastery of vocabulary is very important in learning a foreign language. In this research, researchers use flashcard media to facilitate student grade III Godwins School primary Surabaya in mastering vocabulary and sentence arrangement. From result of observation analysis, the acquisition percentage of teacher activity is 91% and the acquisition of student activity percentage is 92,85%. Based on the calculation of the analysis conducted, was obtained = 840, = 46.66, = 47,12. From these results obtained rejected and accepted, it has been proven that the flashcard media has a good effect on vocabulary mastery and sentence arrangement Chinese language of grade III Godwins School primary Surabaya.Based on the calculation of the analysis questionnaires, it is known that overall has been obtained percentage of student response is 94,44%. If seen through Likert scale, this is belong to very good criteria. It concluded that the using of flashcard media for vocabulary mastery and sentence arrangement Chinese language of grade III Godwins School primary Surabaya have been responded by students very well.Keywords: flashcard media, vocabulary mastery, sentence arrangement
Published
2018-06-28
How to Cite
KRISTIANA, F., & ZAENAL FANANI, U. (2018). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA DAN PENYUSUNAN KALIMAT BAHASA MANDARIN SISWA KELAS III SD GODWINS SCHOOL SURABAYA. Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin UNESA, 1(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/23651
Section
Articles
Abstract Views: 153
PDF Downloads: 183