STRUKTUR NARASI DAN NILAI BUDAYA SYAIR MULAN 《木兰辞》 Mùlán cí

  • EKA PUTRI NURDIANA
  • TENGSOE TJAHJONO

Abstract

Abstrak

Syair Mulan sebagai salah satu karya sastra lama Tiongkok memiliki struktur narasi yang membangun isi cerita. Selain itu, syair Mulan juga mengandung beberapa nilai budaya yang menjadi cerminan kebudayaan masyarakat pada masa syair Mulan tersebut berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur narasi dan nilai budaya dalam syair Mulan serta hubungan di antara keduanya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini digunakan sumber data berupa syair Mulan. Sedangkan data diperoleh dari kalimat-kalimat dalam syair Mulan yang mengandung struktur narasi dan nilai budaya. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik baca dan teknik catat. Metode analisis data penelitian ini mengacu pada teori Miles dan Huberman, yakni aktivitas dalam menganalisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan struktur narasi dalam syair Mulan terdiri dari alur, tokoh dan penokohan, latar, dan tema. Alur syair Mulan adalah alur maju atau progresif. Tokoh dalam syair Mulan terdiri dari tokoh utama yakni Mulan yang pemberani dan rendah hati, dan didampingi dengan beberapa tokoh tambahan lainnya. Latar yang muncul dalam syair Mulan terdiri atas latar tempat, waktu, dan sosial budaya. Sedangkan tema terdiri atas tema utama yakni tentang kesetaraan antara wanita dan pria dan didukung dengan tema tambahan lainnya. Nilai budaya yang terkandung di dalam syair Mulan terdiri atas nilai didaktik, nilai etik dan nilai religius. Dan terakhir, beberapa aspek nilai budaya dalam syair memiliki hubungan dengan struktur narasi.

Kata Kunci: syair Mulan, struktur narasi, nilai budaya.

Abstract

As one of Chinese ancient literatures, Mulan poem has narrative structures that build the content of the story. In addition, Mulan poem also contains cultural values that reflect the culture of society when Mulan poem was created. The aim of this present research is to describe narrative structures and cultural values of Mulan poem, and also the relationship between narrative structures and cultural values of Mulan poem. The researcher used a qualitative descriptive method. The source of the data is the whole Mulan poem. They were taken from sentences of Mulan poem which comprise narrative structures and cultural values. The data collection method used in this research are reading and citing technique. The order of data analysis method of this research based on the Miles and Huberman theory, that covers analyisis activities, namely data reduction, data display, conclusion drawing/ verification. The result of this research shows that the narrative structure of Mulan poem consist of plot, figures and characterization, setting, and theme. The plot of Mulan poem is progressive plot. Figures of Mulan poem are the brave and humble Mulan as the main character and other supporting characters. Setting of Mulan poem includes setting of place, setting of time, and setting of socio culture. While the theme of Mulan poem is the equality between woman and man as the major theme, supported by another minor themes. The cultural values contained in the poem includes didactic value, ethical value, and religious value. Lastly, many aspects of cultural values in Mulan poem have relationship with the narrative strucure.

Keywords: Mulan poem, narrative structure, cultural value.
Published
2018-06-29
How to Cite
PUTRI NURDIANA, E., & TJAHJONO, T. (2018). STRUKTUR NARASI DAN NILAI BUDAYA SYAIR MULAN 《木兰辞》 Mùlán cí. Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin UNESA, 1(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/23698
Section
Articles
Abstract Views: 64
PDF Downloads: 558