PENGARUH PENERAPAN MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP KETERAMPILAN BERCAKAP-CAKAP BAHASA MANDARIN SISWA KELAS 2 SD GODWINS SCHOOL SURABAYA

  • PUTRI PERISTIWANDARI
  • URIP ZAENAL FANANI

Abstract

Bahasa di dunia sangat beragam, salah satu bahasa asing adalah bahasa Mandarin. Ada empat keterampilan yang perlu dipahami oleh siswa dalam mempelajari bahasa Mandarin salah satunya adalah keterampilan berbicara. Belajar berbicara dapat dilakukan dengan bercakap-cakap. Media boneka tangan digunakan peneliti untuk mempermudah siswa dalam keterampilan bercakap-cakap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media boneka tangan terhadap keterampilan bercakap-cakap bahasa Mandarin siswa kelas 2 SD Godwins School Surabaya, pengaruh penerapan boneka tangan terhadap keterampilan bercakap-cakap bahasa Mandarin siswa kelas 2 SD Godwins School Surabaya, dan respon siswa dalam pengaruh penggunaan media boneka tangan terhadap keterampilan bercakap-cakap bahasa Mandarin siswa kelas 2 SD Godwins School Surabaya.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen berupa pre-eksperimental yaitu hanya menggunakan satu kelas sebagai kelas eksperimen. Populasi dan sampelnya adalah seluruh siswa kelas 2 Godwins School Surabaya yang diberi perlakuan dengan menggunakan media boneka tangan terhadap keterampilan bercakap-cakap bahasa Mandarin. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa : lembar observasi aktivitas guru dan siswa, lembar tes, lembar angket respon siswa.

Hasil penelitian ini menunjukkan hasil sebesar 89,28% dari data observasi aktivitas guru pertemuan pertama dan sebesar 82,5% dari data observasi aktivitas siswa pertemuan pertama dan hasil sebesar 91,66% dari data observasi aktivitas guru pertemuan kedua dan sebesar 87,5% dari data observasi aktivitas siswa pertemuan kedua. Dari perhitungan diperoleh t-signifikansi 18,51 lebih besar dari t=(Db=0,55). Ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan penerapan boneka tangan terhadap keterampilan bercakap-cakap bahasa Mandarin. Selanjutnya angket respon siswa sebesar 93,75%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa respon siswa terhadap media boneka tangan untuk keterampilan bercakap-cakap bahasa Mandarin sangat baik.

Kata Kunci : Keterampilan bercakap-cakap, media pembelajaran, boneka tangan


Language in the world is very diverse, one foreign language is Mandarin. There are four skills that need to be understood by students in learning Mandarin one of which is the speaking skill. Learning to speak can be done with a conversation. Hand puppet media is used by researchers to simplify students in conversational skills. The purpose of this research is to know the application of hand puppet media to Chinese Mandarin conversation skill of 2nd grade students of Godwins School of Surabaya, the influence of hand puppet application to Chinese Mandarin 2nd grade conversational skill of Godwins School Surabaya, and students responses in the influence of media usage hand puppets to Chinese Mandarins 2nd grade conversational skills Godwins School Surabaya.

This research is experimental research in the form of pre-experimental that is using only one class as experiment class. The population and the sample are all 2nd graders of Godwins School Surabaya who are treated by hand puppet media on Chinese speaking skill. The instruments used in this research are: observation sheet of teacher and student activity, test sheet, student response questionnaire.

The results of this study showed 89.28% of the observation data of teacher activity of the first meeting and 82.5% from the observation data of the first activity of the students meeting and the result was 91.66% from the observation data of teacher activity of the second meeting and 87.5% from student activity observation data second meeting. From the calculation obtained t-significance 18,51 bigger than t = (Db = 0,55). This suggests that there is a significant effect of hand puppet exchanges on Chinese speaking skills. Next questionnaire response of students amounted to 93.75%. Thus, it can be concluded that students response to hand puppet media for Chinese speaking skills is very good.


Keyword : Conversational skills, learning media, hand puppet

Published
2018-06-29
How to Cite
PERISTIWANDARI, P., & ZAENAL FANANI, U. (2018). PENGARUH PENERAPAN MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP KETERAMPILAN BERCAKAP-CAKAP BAHASA MANDARIN SISWA KELAS 2 SD GODWINS SCHOOL SURABAYA. Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin UNESA, 1(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/23709
Section
Articles
Abstract Views: 101
PDF Downloads: 88