Penggunaan Metode Sugesti Imajinasi Bermedia Lagu Anak-Anak dalam Pembelajaran Menulis Karangan Sederhana Berbahasa Mandarin pada Siswa Kelas X TKJ 2 SMK Yapalis Krian
Abstract
Abstrak
Bahasa mandarin dapat dikategorikan sebagai salah satu bahasa yang sulit untuk dipelajari, terutama keterampilan menulis. pengembangan kosakata dan tata bahasa menjadi kesulitan utama dalam pembelajaran menulis bahasa Mandarin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode sugesti imajinasi bermedia lagu, keefektifan metode sugesti imajinasi bermedia lagu, dan juga respon siswa terhadap penggunaan metode sugesti imajinasi dalam pembelajaran menulis karangan sederhana bahasa Mandarin.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunanakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian true experimental design dengan desain Pretest-Posttest Control Groub Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Yapalis Krian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling dengan cara pengundian. Kelas X AK 4 terpilih sebagai kelas kontrol dan kelas X TKJ 2 terpilih sebagai kelas eksperimen.
Hasil observasi menunjukkan bahwa pembelajaran pada kelas eksperimen menggunakan metode sugesti imajinasi berjalan dengan sangat baik. Dengan perolehan presentase 82,14% pada pertemuan pertama, 86,84%pada pertemuan kedua, dan aktivitas siswa menujukkan presentase 87,5%.
Dari perhitungan analisis data test diperoleh t0 = 2,9 dan db = 82. Maka dapat diketahui bahwa ts 0,05 = 1,66 dan menunjukkan t0 lebih besar dari t tabel yaitu (1,66<2,9). Pada kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 41,4%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode sugesti imajinasi bermedia lagu memiliki pengaruh positif dalam pembelajaran menulis karangan sederhana bahasa Mandarin.
Berdasarkan hasil analisis angket respon siswa menunjukkan bahwa metode sugesti imajinasi bermedia lagu efektif dalam pembelajaran menulis karangan sederhana bahasa Mandarin. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil perolehan presentase penggunaan metode sugesti imajinasi dalam pembelajaran sebesar 67,6 %, keefektifan metode sugesti imajinasi bermedia lagu sebesar 74,5% dan ketertarikan siswa terhadap metode sugesti imajinasi bermedia lagu sebesar 72%.
Kata Kunci : Penggunaan, Metode Sugesti Imajinasi, Karangan Sederhana, Bahasa Mandarin
Abstract
Mandarin can be categorized as one of the most difficult language to learn, especially the writing skill. The development of vocabulary and grammar became the main difficulty in learning Mandarin writing. The aim of this research is to find out the use of imaginative suggestion method with children song, the effectiveness of the imaginative suggestion method with children song, and the students responses to the use of imaginative suggestion method with children song in learning writing simple essay of Mandarin.
The researcher used an experimental research with a quantitative approach. This research used true experimental design type with Pretest-Posttest Control Group Design. The population is X SMK Yapalis Krian. The sampling technique used cluster random sampling by drawing. X AK 4 was selected as a control class and X TKJ 2 was selected as the experimental class.
The results of this observation show that the learning in experimental class using imaginative suggestion method with children song has been running well. With percentage acquisition 82.14% at the first meeting, 86.84% at the second meeting, and student activity showed 87.5% percentage.
Based on the data analysis, it showed that t0 = 2.9 and db = 82. It can be seen that ts 0.05 = 1.66 and show t0 is greater than t table (1,66 < 2.9). In experimental class increased 41.4%. It can be concluded that the imaginative suggestion method with children song has a positive influence in learning writing simple essay Mandarin.
Based on the result of questionnaire analysis, the students responses showed that the imaginative suggestion method with children song effective in learning writing simple essay of Mandarin. The results showed the percentage of the use imaginative suggestion method with children song in learning at 67.6%, the effectiveness of the imaginative suggestion method with children song is 74.5% and the students interesting to imaginative suggestion method with children song is 72%.
Keywords : Usage, Imaginative Suggestion Method, Simple Essay, Mandarin
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

