Pengaruh Penggunaan Permainan Tebak Kata Terhadap Penguasaan Kosakata untuk Menyusun Kalimat Sederhana Bahasa Mandarin Siswa SMAN 1 Puri Mojokerto Tahun Ajaran 2017/2018

  • JARIAH MAISAROH
  • URIP ZAENAL FANANI

Abstract

Abstrak

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan penggunaan Permainan Tebak kata Terhadap Penguasaan Kosakata untuk Menyusun Kalimat Sederhana bahasa Mandarin. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis eksperimen murni (true exsperimental design) dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 PURI MOJOKERTO, sedangkan sampel penelitian ini adalah kelas X IPA 5 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 6 sebagai kelas kontrol. Hasil observasi aktivitas guru pada pertemuan pertama mendapatkan persentase sebesar 95%, pertemuan kedua mendapatkan persentase 97,5%. Kemudian pada lembar aktivitas siswa pertemuan pertama mendapatkan persentase sebesar 94,23%, pada pertemuan kedua mendapatkan persentase sebesar 96,15%. Kedua hasil tersebut apabila dipersetasekan pada Skala Likert termasuk pada kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan , diperoleh t0=7,9 dan db= 70, maka diketahui bahwa nilai ts 005 =1,96 menunjukkan bahwa t0 lebih besar dari t tabel (I,96<7,9). Hal ini menunjukkan penggunaan Permainan Tebak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Penguasaan Kosakata untuk Menyusun Kalimat Sederhana bahasa Mandarin siswa kelas X SMAN 1 PURI MOJOKERTO. Hasil analisis angket respon siswa menunjukkan respon positif dengan rata-rata nilai yang diperoleh berkisaran antara 80-100% yag menunjukkan kriteria sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Permainan Tebak kata berpengaruh terhadap Penguasaan Kosakata untuk Menyusun Kalimat Bahasa Mandarin pada siswa kelas X SMAN 1 PURI MOJOKERTO Kata Kunci: Media Pembelajaran, Permainan Tebak Kata, Penguasaan Kosakata dan Menyusun Kalimat Sederhana.

Abstract

Abstract This study aims to describe the effectiveness of the use of Guess ward Game Vocabulary Mastery to Compose Simple Sentences of Mandarin. This research is an experimental research with pure experimental design and using quantitative approach. The population of this research is all students of class X SMAN 1 PURI MOJOKERTO, while the sample of this research is class X IPA 5 as experiment class and X IPA 6 as control class. The result of observation of teacher activity at first meeting get percentage equal to 95%, second meeting get percentage 97,5%. Then on the activity sheet the first meeting students get a percentage of 94.23%, at the second meeting get a percentage of 96.15%. Both of these results when dipersetasekan on Likert Scale including the criteria very well. Based on the results of data analysis, obtained t0 = 7.9 and db = 70, it is known that the value of ts 005 = 1.96 indicates that t0 is greater than t table (I, 96 <7.9). This indicates the use of Guess word Game has a significant influence on Vocabulary Mastery to Compose Simple Sentence of Mandarin of grade X of SMAN 1 PURI MOJOKERTO. The result of questionnaire analysis of student response showed a positive response with the average value obtained ranged between 80-100% yag showed very good criteria. Thus it can be concluded that the use of the Guess word game the word effect on the Vocabulary Mastery to Compose Mandarin Sentence in the students of class X SMAN 1 PURI MOJOKERTO Keywords: Learning Media, Game Guess Word, Vocabulary Mastery and Simple Sentences.








Published
2018-07-24
How to Cite
MAISAROH, J., & ZAENAL FANANI, U. (2018). Pengaruh Penggunaan Permainan Tebak Kata Terhadap Penguasaan Kosakata untuk Menyusun Kalimat Sederhana Bahasa Mandarin Siswa SMAN 1 Puri Mojokerto Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Bahasa Mandarin, 1(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/24607
Section
Articles
Abstract Views: 63
PDF Downloads: 84