KESALAHAN PENGGUNAAN KATA KETERANGAN “倒” DÀO DAN “却” QUÈ PADA MAHASISWA ANGKATAN 2015 JURUSAN BAHASA DAN SASTRA MANDARIN UNESA

  • SOFROUL ZAHROTUL WARDA
  • GALIH WIBISONO

Abstract

Abstrak

Pesatnya perkembangan teknologi dan ekonomi di dunia didominasi oleh negara China yang menyebabkan bahasa Mandarin berperan sebagai salah satu bahasa internasional kedua setelah bahasa Inggris. Hal tersebut mengakibatkan sebagian besar masyarakat Indonesia mulai mempelajari bahasa Mandarin. Namun, pelajar bahasa kedua bahasa Mandarin masih sering melakukan kesalahan berbahasa salah satunya adalah kesalahan penggunaan kata keterangan “倒” dào dan “却” què pada mahasiswa angkatan 2015 Jurusan Bahasa dan Sastra Mandarin Universitas Negeri Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk kesalahan dan faktor penyebab kesalahan penggunaan kata keterangan “倒” dào dan “却” què pada mahasiswa angkatan 2015 Jurusan Bahasa dan Sastra Mandarin Universitas Negeri Surabaya.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik kuesioner. Tahapan-tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah : (1) mengumpulkan data, (2) mengidentifikasi dan mengklasifikasi kesalahan, (3) menjelaskan kesalahan, (4)mengoreksi kesalahan penggunaan kata keterangan “倒” dào dan “却” què pada mahasiswa angkatan 2015 Jurusan Bahasa dan Sastra Mandarin Universitas Negeri Surabaya.

Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk kesalahan yang dilakukan mahasiswa adalah salah susun dan salah formasi. Kesalahan yang paling banyak dilakukan adalah salah susun dengan persentase sebesar 63%, kemudian salah formasi sebesar 40%. Faktor penyebab terjadinya kesalahan berbahasa tersebut adalah penguasaan teori yang kurang, kesulitan dalam memahami tata bahasa Mandarin, kurangnya penguasaan kosakata bahasa Mandarin, dan perbedaan struktur tata bahasa ibu dengan bahasa Mandarin.

Kesalahan berbahasa tersebut dapat diminimalisir dengan cara lebih banyak membaca buku tentang tata bahasa Mandarin, memperbanyak penguasaan kosakata bahasa Mandarin, dan mahasiswa diharapkan lebih memperhatikan pengajar dengan baik saat proses pembelajaran.

Kata Kunci: Kesalahan Berbahasa, “倒”dào, “却”què

Abstract

The development of economics and technology nowadays is dominated by China which makes Chinese language as the second International language after English. For those reasons, many Indonesians start learning Chinese language. However, many of them are still experiencing problem in using “倒” dào and “却” què, especially the students class 2015 of Chinese Language and Literature Department of Surabaya State University. The aim of this research is to describe the form of mistakes and the factors which cause mistakes in the use of adverbs “倒” dào and “却” què committed by the students class 2015 of Chinese Language and Literature Department of Surabaya State University.

This research is descriptive qualitative. The data is collected trough test and questionnaire. The stages of conducting the research are : (1) collecting data, 2) identifying and analyzing mistakes, 3) explaining the mistakes, 4) correcting the mistakes.

The result of the research shows that the form of mistakes which are commonly appears between learners are formation and arrangement mistakes. Mistakes in arrangement is mostly appears with the percentage of 63% compare to formation mistakes which is 40%. The cause of that problem is the lack of theory understanding, the difficulty in understanding Chinese language grammar, the lack of mastery of Chinese language vocabulary, and difference betweenIndonesian grammar and Chinese language structure.

To avoid the same mistakes, some ways can be done by learners, for instance reading more Chinese language grammar, enhancing vocabulary mastery and paying more attention during the teaching and learning process in the classroom.

Keywords: Error Analysis, “倒”dào, “却”què





Published
2018-07-25
How to Cite
ZAHROTUL WARDA, S., & WIBISONO, G. (2018). KESALAHAN PENGGUNAAN KATA KETERANGAN “倒” DÀO DAN “却” QUÈ PADA MAHASISWA ANGKATAN 2015 JURUSAN BAHASA DAN SASTRA MANDARIN UNESA. Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin UNESA, 1(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/24669
Section
Articles
Abstract Views: 120
PDF Downloads: 170