KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA SCRAPBOOK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS HANZI SISWA KELAS X IPA SMA NU 1 MODEL SUNGELEBAK LAMONGAN TP 2017/2018
Abstract
Abstrak
Menulis huruf hanzi perlu diajarkan sekolah karena banyaknya kesulitan yang dihadapi siswa ketika mempelajari huruf hanzi terutama dalam urutan goresan hanzi. Siswa SMA NU 1 Model sering mengabaikan cara menulis huruf hanzi yang benar. Siswa menulis huruf hanzi dengan menggunakan aturannya sendiri tanpa memperhatikan aturan menulis yang sebenarnya. Oleh karena itu penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan media Scrapbook di SMA NU 1 Model sebagai alat bantu agar siswa di sekolah tersebut termotivasi untuk mempelajari cara menulis huruf hanzi yang benar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan media Scrapbook terhadap kemampuan menulis huruf hanzi dan respon siswa terhadap media tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian true experimental design. Pengambilan data menggunakan dua kelas, yaitu kelas control dan kelas eksperimen. Setiap kelas tersebut dilaksanakan dua kali pertemuan, dengan diberikan pre-test dan post-test namun hanya kelaseksperimen yang mendapatkan perlakuan khusus dengan diberikan media Scrapbook. Untuk menggunakan Scrapbook guru memberikan instruksi sesuai dengan halaman yang dibuka. Karena setiap halaman dalam Scrapbook mempunyai instruksi yang berbeda-beda yaitu dengan cara ditarik, dibuka, dan dilihat sesuai urutan. Hasil penerapan media menunjukkan dampak yang signifikan-adanya peningkatan pada Mpre dan Mpost. Hasil t-signifikan dapat ditunjukkan dengan nilai t0 126 dan db=48 , selanjutnya dikonsultasikan dengan melihat table taraf 5 %. Dengan nilai t0- 126 dan db 48 dapat diuji dengan nilai ts 0,05=1,25 menunjukkan besar dari t tabel (1,25 <126) yang signifikan. Dari penelitian tersebut didapatkan hasil yang memuaskan, karena dengan menggunakan media Scrapbooksiswa memberikan respon yang baik dan juga siswa dapat meningkatkan kemampuan menulis huruf hanzi. Hasil analisis dari aspek pertama diperoleh persentase sebesar 63 %. Hasil tersebut termasuk dalam criteria penilaian " baik " yaitu 61 % - 80 %. Hasil analisis dari aspek kedua diperoleh presentase sebesar 87 % . Hasil tersebut termasuk dalam criteria penilaian " sangat baik , yaitu 81 % -100 %. Hasil analisis dari aspek ketiga diperoleh presentase sebesar 81,5 %. Hasil tersebut termasuk dalam criteria penilaian " sangat baik " yaitu 81 % -100 % .
Kata Kunci: Keefektifan, Media Pembelajaran, Media Scrapbook, Menulis
Abstract
The difficulties that students faced when writing hanzi letters, can be solved by giving a proper learning of correct hanzi pattern. The students of SMA NU 1 Model often overlook how to write the correct hanzi letters. They often writes hanzi letters using their own style regardless of the normative rules Therefore, this research was conducted using Scrapbook media in SMA NU 1 Model as a tool to motivate students to learn how to write correct hanzi letters The purposes of this study are to determine the effectiveness of Scrapbook media usage on the ability to write hanzi letters and student responses to the media.
This research is a true experimental design of descriptive quantitative research. The data was collected from two classes, the control class and the experimental class. There are two meetings for each class, the pre-test and post-test was conducted for each class, with special treatment for experimental class. The results of this research are; 1) good score in post-test 2) good response 3) student can improve ability of writing hanzi letters. The resulls of media application showed a significant impact-an increase in Mpre and Mpost. The I-significant results can be shown by the values of to 126 and db 48, then consulted by looking at the table level of 5 % . The value of 10-12.6 and db - 48 can be examined by the the value of ts 0.05 1.25 that significantly indicates the magnitude of t table (1.25 <126). From the research got satisfactory result. because by using media Scrapbook student give good response and also student can improve ability writing hanzi letter. The result of the analysis from the first aspect is 63 % . This result is categorized as " good " in the rate of 61 % -80 % . The result of the analysis from the second aspect is 87 % . This result is categorized as excellent " rating criteria of 81 % -100 % . The result of the analysis of the third aspect is 81,5 % . This result is categorized as " excellent " rating criteria of 81 % - 100 %.
Keywords: Effectiveness, Media Learning, Media Scrapbook, Writing
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

