PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POWERPOINT MNEMONIC TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KOSAKATA BAHASA MANDARIN SISWA KELAS X-IBB SMA MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA TAHUN AJARAN 2018/2019

  • NOVIA KHOIRUN NISAA
  • URIP ZAENAL FANANI

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan, pengaruh, dan respon siswa terhadap media powerpoint mnemonic pada kemampuan menulis kosakata bahasa Mandarin. Penelitian dilakukan pada kelas X-IBB SMA Muhammadiyah 2 Surabaya sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 11 siswa.Penelitian ini memiliki tiga rumusan masalah yaitu 1) Bagaimana penerapan media powerpoint mnemonic dalam pembelajaran menulis Kosakata Bahasa Mandarin pada siswa kelas X – IBB SMA Muhammadiyah 2 Surabaya tahun pelajaran 2018/2019? 2) Bagaimana pengaruh media powerpoint mnemonic terhadap kemampuan menulis kosakata bahasa Mandarin pada siswa kelas X – IBB SMA Muhammadiyah 2 Surabaya tahun pelajaran 2018/2019? 3) Bagaimana respon siswa terhadap media powerpoint mnemonic dalam pembelajaran menulis kosakata bahasa Mandarin pada siswa kelas X – IBB SMA Muhammadiyah 2 Surabaya tahun pelajaran 2018/2019?Penelitian ini merupakan penelitian Pre Exsperimental Designs yang berjenis One Group Pretest-Posttest Design dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh kelas X IBB di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 11 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IBB di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 11 siswa dengan rincian 4 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan.Hasil analisis observasi aktivitas guru dan siswa kelas X IBB SMA Muhammadiyah 2 Surabaya membuktikan bahwa pembelajaran menulis kosakata bahasa Mandarin dengan menggunakan media Powerpoint Mnemonic berjalan dengan baik. Hal ini dibuktikan pada persentase lembar observasi guru pada pertemuan pertama sebesar 80,04% dan pada lembar observasi guru pada pertemuan kedua diperoleh persentase sebesar 97,08%, Sedangkan pada hasil dari lembar observasi aktivitas siswa pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua menunjukkan kategori “Sangat Baik”. Hal ini dibuktikan pada lembar observasi siswa pada pertemuan pertama diperoleh persentase sebesar 81,02% dan pada lembar observasi siswa pada pertemuan kedua diperoleh persentase sebesar 100%.Berdasarkan hasil analisis data pretest dan postest pada kelas X IBB SMA Muhammadiyah 2 Surabaya, diperoleh hasil t = 15 dan db = (N-1) = 10 diketahui bahwa 0,05 dari db = 1,81 menunjukkan t lebih besar dari tabel (15 > 1,81). Dari hasil data analisis yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa media powepoint mnemonic sangat efektif dan berpengaruh positif terhadap pembelajaran menulis kosakata bahasa Mandarin di kelas X IBB SMA Muhammadiyah 2 Surbaya.Selain itu, berdasarkan hasil angket respon siswa pada penggunaan media powerpoint mnemonic terhadap penguasaan kosakata bahasa Mandarin menunjukkan dari 11 siswa dapat membantu dan memotivasi siswa dalam pembelajaran penguasaan kosakata bahasa Mandarin. Hal ini dapat dibuktikan pada 10 butir soal yang diberikan pada 11 siswa bahwa media pembelajaran powerpoint mnemonic diperoleh nilai dengan persentase 70%-100%. dengan kriteria penilaian baik bahkan sangat baik. Dengan demikian, dapat diambil kesimpulan media powerpoint mnemonic terbukti efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran penguasaan kosakata bahasa Mandarin.

Kata Kunci:Pengaruh, Media Powerpoint Mnemonic, Menulis

ABSTRACT

This research aims to find out the how to use, effects, and students response of using powerpoint mnemonic media on writing Chinese vocabulary about things in classroom related abilities. Media testing is done on class X-IBB SMA Muhammadiyah 2 Surabaya as experimental class with the number of 11 students.This study has three formulation of the problem: 1) How can the application of mnemonic powerpoint media in learning to write Chinese Vocabulary in class X - IBB SMA Muhammadiyah 2 Surabaya in the academic year 2018/2019? 2) How does the media influence on the ability to write powerpoint mnemonic Chinese vocabulary in class X - IBB SMA Muhammadiyah 2 Surabaya in the academic year 2018/2019? 3) How is the response of students to the mnemonic powerpoint media in learning to write Chinese vocabulary in class X - IBB SMA Muhammadiyah 2 Surabaya in the academic year 2018/2019?This study is a diversified Designs Pre Exsperimental one group pretest-posttest design using a quantitative approach. The population used in this study is the entire class X IBB in SMA Muhammadiyah 2 Surabaya 2018/2019 academic year a total of 11 students, while the sample in this study were all students of class X IBB in SMA Muhammadiyah 2 Surabaya 2018/2019 academic year a total of 11 students with details of 4 boys and 7 girls. The results of the analysis of activity observation of teachers and students of class X IBB SMA Muhammadiyah 2 Surabaya proved that learning to write Chinese vocabulary by using Powerpoint media Mnemonic going well. This is evidenced in the percentage of teacher observation sheet at the first meeting of 80.04% and on teacher observation sheet at the second meeting obtained a percentage of 97.08%, while the results of the student activity observation sheet at the first meeting and the second meeting indicate the category of "Very Good". This is evidenced in the observation sheet of students at the first meeting obtained a percentage of 81.02% and the observation sheet of students at the second meeting obtained by percentage of 100%. Based on the results of the pretest and post-test data analysis on a class X IBB SMA Muhammadiyah 2 Surabaya, the result t = 15 and db = (N-1) = 10 known that ts 0.05 from db = 1.81 indicates t greater than the table (15> 1.81). From the results of the analysis of data obtained can be concluded that the media powepoint mnemonic very effective and positive influence on learning-to-write-Chinese-vocabulary-in-class-X-IBB-in-SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. In addition, based on the results of the student questionnaire responses powerpoint media use mnemonic to indicate Chinese vocabulary of 11 students can help and motivate students in learning Mandarin Chinese vocabulary. This can be evidenced in the 10 items were given to 11 students that PowerPoint instructional media mnemonic values obtained with a percentage of 70% -100%. With good assessment criteria even very good. Thus, it can be concluded powerpoint media proved effective mnemonic to be applied in learning Mandarin Chinese vocabulary.

Kata Kunci: Effects , Media Powerpoint Mnemonic , Writing vocabulary

Published
2018-10-11
How to Cite
KHOIRUN NISAA, N., & ZAENAL FANANI, U. (2018). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POWERPOINT MNEMONIC TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KOSAKATA BAHASA MANDARIN SISWA KELAS X-IBB SMA MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA TAHUN AJARAN 2018/2019. Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin UNESA, 1(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/25751
Section
Articles
Abstract Views: 214
PDF Downloads: 312