Keefektifan Penggunaan Media Puzzle terhadap Kemampuan Menyusun Kalimat Sederhana Bahasa Mandarin bagi Peserta Didik Kelas X Mipa SMA Muhammadiyah 2 Surabaya

  • ANNISA RAHMADANI
  • TENGSOE TJAHJONO

Abstract

Abstrak

Minat dan kemampuan menyusun kalimat sederhana bahasa Mandarin peserta didik kelas X MIPA SMA Muhammadiyah 2 Surabaya masih minim, serta metode pembelajaran yang masih monoton menjadi dasar penulisan penelitian yang berjudul “Keefektifan Media Puzzle terhadap Kemampuan Menyusun Kalimat Sederhana Bahasa Mandarin Peserta Didik Kelas X MIPA SMA Muhammadiyah 2 Surabaya”. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: 1) penerapan media puzzle dalam pembelajaran menyusun kalimat sederhana bahasa Mandarin bagi peserta didik kelas X MIPA SMA Muhammadiyah 2 Surabaya, 2) keefektifan penggunaan media puzzle terhadap kemampuan menyusun kalimat sederhana bahasa Mandarin bagi peserta didik kelas X MIPA SMA Muhammadiyah 2 Surabaya, dan 3) respon peserta didik terhadap penggunaan media puzzle dalam pembelajaran menyusun kalimat sederhana bahasa Mandarin bagi peserta didik kelas MIPA SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Penelitian eksperimen ini menggunakan desain true experimental design dalam bentuk pretest posttest design. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, tes, dan teknik angket. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah (1) lembar observasi, (2) soal pre test dan post test, dan (3) angket. Data observasi dan data angket respon dianalisis dengan teknik persentase, sedangkan data tes dianalisis dengan rumus uji-t.

Setelah dilakukan analisis, maka didapat hasil sebagai berikut, (1) Hasil observasi aktivitas pendidik dan peserta didik berjalan baik. Hasil observasi aktivitas pendidik sebesar 89,58% pada kelas eksperimen dan 91,67% pada kelas kontrol. Hasil observasi aktivitas peserta didik sebesar 91,67% pada kelas eksperimen dan 93,18% pada kelas kontrol. Hasil tersebut diklasifikasi menggunakan skala Likert dan menunjukkan hasil proses penggunaan media puzzle sangat baik digunakan dalam pembelajaran menyusun kalimat sederhana bahasa Mandarin. (2) Hasil analisis data pretes dan postes diperoleh dari hasil uji t – signifikan dengan t-test = 3,98 dan db = 45. Jika melihat tabel taraf 5% dengan t-test = 3,98 dan db = 45, ts 0,05 = 2,25 menunjukkan t-test lebih besar daripada t tabel (3,98 > 2,25). Berdasarkan hal tersebut, berarti media puzzle efektif digunakan dalam pembelajaran menyusun kalimat sederhana peserta didik kelas X MIPA SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. (3) Hasil analisis angket respon peserta didik yang terdiri atas tujuh butir pernyataan menghasilkan persentase sebesar 75% yang termasuk dalam kriteria baik pada skala Likert. Hal tersebut membuktikan bahwa media puzzle mendapatkan respon yang baik dan berpengaruh terhadap kemampuan menyusun kalimat sederhana bahasa Mandarin peserta didik kelas X MIPA SMA Muhammadiyah 2 Surabaya.

Kata kunci: kalimat sederhana, media puzzle

Abstract

Interest and ability to compose simple Chinese sentences for students of class X MIPA Muhammadiyah 2 High School Surabaya is still minimal, and learning methods that are still monotonous are the basis of research writing entitled "The Effectiveness of Puzzle on the Ability to Compose Simplified Chinese Sentences for Students of Class X MIPA Muhammadiyah High School 2 Surabaya ". This study aims to describe: 1) the application of puzzles in learning to compose simple Chinese sentences for students of class X MIPA Muhammadiyah 2 High School 2 Surabaya, 2) the effectiveness of using puzzles on the ability to compose simple Chinese sentences for students of class X MIPA SMA Muhammadiyah 2 Surabaya, and 3) the response of students to the use of puzzles in learning to compose simple sentences in Mandarin for students of MIPA class at Muhammadiyah 2 High School in Surabaya. This experimental research uses true experimental design in the form of pretest posttest design.. Data was collected using observation, test and questionnaire techniques. Data collection instruments used were (1) observation sheets, (2) pre test and post test questions, and (3) questionnaires. Observation data and response questionnaire data were analyzed by percentage techniques, while test data were analyzed by t-test.

After analyzed, the results is: (1) The results of observations of the activities of educators and students work well. The results of the observation of educator activity were 89.58% in the experimental class and 91.67% in the control class. The results of observation of student activities were 91.67% in the experimental class and 93.18% in the control class. These results are classified using a Likert scale and show very good results. (2) The results of the pre test and post test data analysis were obtained from the results of the t test - significant with t-test = 3.98 and db = 45. If you look at the table level of 5% with t-test = 3.98 and db = 45, ts 0.05 = 2.25 shows the t-test is greater than t table (3.98> 2.25). Based on this, it means that the puzzle is effectively used in learning to compose simple sentences for students of class X MIPA Muhammadiyah 2 High School Surabaya. (3) The results of the student response questionnaire analysis consisting of seven statement items resulted in a percentage of 75% included in the criteria that were good on a Likert scale. This proves that the puzzle media gets a good response and influences the ability to compose simple Chinese sentences for students of class X MIPA Muhammadiyah 2 High School Surabaya.

Keywords: simple sentence, puzzle

摘要

X MIPA SMA Muhammadiyah 2 Surabaya 的学生对写作简单汉语句子的能力和兴趣仍然很低,单调的学习方法是成为研究题为“拼图游戏对汉语简单句构成能力的影响对X MIPA SMA Muhammadiyah 2 Surabaya学生的影响”的基础。本论文旨在描述: 1)描写 X MIPA SMA Muhammadiyah Surabaya 使用拼图游戏于汉语简单句学习中的实现、2)X MIPA SMA Muhammadiyah 2 Surabaya学生使用游戏法对汉语简单句构成能力有效性、和 3)描写 X MIPA SMA Muhammadiyah Surabaya 使用拼图游戏于汉语简单句学习中的响应。本实验采用预试验后验设计的形式进行真实的实验设计。使用观察、测试和问卷调查技术收集数据。使用的数据收集工具有:(1)观察表、(2)预试和试题、和(3)问卷。采用百分率技术分析观察数据和应答问卷数据,用t-test 分析测试数据。

分析结果如下:(1)观察结果对教育工作者和学生的工作效果良好。教育家活性观察结果在实验班为89.58%,对照班为91.67%。学生活动观察结果为实验班91.67%,对照班93.18%。利用Likert量表对这些结果进行分类并显示出非常好的结果。(2)前测和后测数据分析的结果均来自于t-test 的结果,t-test = 3.98,db=45。如果用t-test = 3.98和db = 45查看5% 的表级别,ts 0.05=2.25表明t-test大于t-table(3.98>2.25)。基于此,这意味着该拼图能有效地用于为X MIPA SMA Muhammadiyah 2 Surabaya 的学生作简单句子。(3)学生回答问卷分析的结果由七个陈述项目组成,等于75%,因此它被包括在Likert量表的良好标准中。这证明拼图得到了很好的响应简单汉语句子能力的影响对X MIPA SMA Muhammadiyah 2 Surabaya 的学生。

关键词 :简单句、 拼图游戏


Published
2018-10-22
How to Cite
RAHMADANI, A., & TJAHJONO, T. (2018). Keefektifan Penggunaan Media Puzzle terhadap Kemampuan Menyusun Kalimat Sederhana Bahasa Mandarin bagi Peserta Didik Kelas X Mipa SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin UNESA, 1(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/25828
Section
Articles
Abstract Views: 53
PDF Downloads: 23