PENGARUH PENGGUNAAN METODE THE POWER OF TWO TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS X BAHASA SMAN 1 DRIYOREJO

  • TIO NURHAYANTO
  • URIP ZAENAL FANANI

Abstract

PENGARUH PENGGUNAAN MEETODE THE POWER OF TWO TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA MANDARIN SISWA KELAS X BAHASA SMAN 1 DRIYOREJO

Kata Kunci : Metode Pembelajaran, The Power of Two, Membaca Pemahaman

Membaca pemahaman bahasa Mandarin merupakan salah satu kemampuan dalam bahasa Mandarin dengan Mengetahui kosa kata, susunan kalimat dan ketatabahasaan bahasa Mandarin. Membaca pemahaman bahasa Mandarin merupakan aspek yang cukup sulit dalam mempelajari bahasa Mandarin karena tidak hanya membaca tetapi pembaca diharuskan mengerti dan memahami arti atau makna dalam sebuah wacana.

Pembelajaran yang monoton akan membuat siswa kurang beremangat dalam mengikuti pelajaran. Oleh karena itu, penggunaan metode the power of two digunakan untuk mendeskripsikan pengaruh positif metode dalam pembelajaran membaca pemahaman bahasa Mandarin pada siswa Kelas X bahasa SMAN 1 Driyorejo. Penelitian ini memiliki tiga rumusan masalah yaitu 1) bagaimana pengaruh penggunaan metode the power of rwo terhadap kemampuan membaca pemahaman bahasa Mandarin, 2) bagaimana hasil pengaruh penggunaan metode the power of two terhadap kemampuan membaca pemahaman bahasa Mandarin, 3) bagaimana respon siswa kelas X terhadap penggunaan metode the power of two terhadap kkemampuan membaca pemahaman bahasa Mandarin. Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental dengan bentuk one group pretest post-test design, yaitu dengan menggunakan satu kelas saja sebagai subyek penelitian. Dalam penelitian ini terdapt tiga data yaitu lembar observasi aktivitas guru dan siswa, data pretest dan post-test serta angket respon siswa. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh kelas X bahasa SMAN 1 Driyorejo,

Berdasarkan hasil analisis data, penelitian ini telah menjawab ketiga rumusan masalah sebagai berikut 1) hasil observasi berdasarkan perhitungan skor skala Likert menunjukan kategori sangat baik pada aktivitas guru pertemuan pertama dengan skor 82,32%, dan pada aktivitas guru pertemuan kedua dengan skor 86,67%. Hasil analisis data obsevasi aktifitas siswa menunjukan kategori sangat baik pada pertemuan pertama dengan skor 86,6% , dan pertemuan kedua dengan skor 90%. 2) berdasarkan hasil perhitungan t-signifikasi diperoleh 9,88 > t (0,05,db) = t (0,05;24) = 1,2. Nilai tersebut lebih besar berdasarkan nilai tabel, menunjukan ada perbedaan yang signifikansi antara nilai H0 dan H1. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode the power of two berpengaruh signifikan terhadap kemampuan membaca pemahaman bahasa Mandarin pada siswa kelas X Bahasa SMAN 1 Driyorejo. 3) berdasarkan hasil analisis dan respon siswa bahwa Dari 10 butir pernyataan yang ada dalam angket, nilai rata-rata yang diperoleh dengan menggunakan skala likert menunjukkan pengaruh yang cukup kisaran nilai 41%-60%. Maka dinyatakan bahwa hasil angket respon siswa kelas X SMAN 1 Driyorejo terhadap pengaruh penggunaan metode the power of two berpengaruh cukup.

EFFECT OF USE OF MEETODE THE POWER OF TWO ON THE ABILITY OF READING UNDERSTANDING OF MANDARIN LANGUAGE STUDENTS OF CLASS X SMAN 1 DRIYOREJO

Keywords : Learning Methods, The Power of Two, Reading Comprehension

Reading Mandarin comprehension is one of the abilities in Mandarin by Knowing vocabulary, sentence arrangement and grammar of Mandarin. Reading Mandarin understanding is a quite difficult aspect in learning Mandarin because it not only reads but the reader is required to understand and understand the meaning or meaning in a discourse. Monotonous learning will make students less enthusiastic in following the lesson. Therefore, the use of the power of two method is used to describe the positive effect of the method in learning to read the understanding of Mandarin on the students of Class X language SMAN 1 Driyorejo. This research has three problem formulation that is 1) how influence the use of power of rwo method to reading comprehension ability of Mandarin, 2) how the result of influence of the power of two method to reading comprehension ability of Mandarin, 3) how class X response to the use of the power of two method of reading comprehension in Mandarin. This research is a pre-experimental research with one group pretest post-test design, that is using only one class as research subject. In this research, there are three data which is observation sheet of teacher and student activity, pretest and post-test data and student response questionnaire. Population of this research is all class X SMAN 1 Driyorejo, while sample of research is class X Language SMAN 1 Driyorejo.

Based on the result of data analysis, this research has answer three problem formulation as follows 1) observation result based on calculation of Likert scale scale showed very good category in teacher activity first meeting with score 82,32%, and second teacher meeting activity with score 86,67 %. The result of obsevation data analysis of student activity showed very good category at first meeting with score 86,6%, and second meeting with score 90%.2) based on the result of t-significance calculation obtained 9,88> t (0,05, db) = t (0,05,24) = 1,2. The value is larger based on the value of the table, indicating there is a significant difference between the value of H0 and H1. Thus, it can be concluded that thepower of two method has a significant effect on the reading comprehension ability of Mandarin in grade X students of SMAN 1 Driyorejo. 3) based on the results of the analysis and the students response that From the 10 items statement in the questionnaire, the average value obtained by using the Likert scale showed a strong influence value range 41% -60%. Then it is stated that the results of the questionnaire responses of class X students SMAN 1 Driyorejo on the influence of the use of the method of the power of two positive enough effect.

Published
2018-12-18
How to Cite
NURHAYANTO, T., & ZAENAL FANANI, U. (2018). PENGARUH PENGGUNAAN METODE THE POWER OF TWO TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS X BAHASA SMAN 1 DRIYOREJO. Jurnal Bahasa Mandarin, 1(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/26315
Section
Articles
Abstract Views: 54
PDF Downloads: 59