Pengaruh Penggunaan Media Permainan ???? terhadap Penguasaan Kata dan Penyusunan Kalimat Siswa Kelas X IPA 1 SMA Muhammadiyah 3 Ponorogo Tahun Ajaran 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan, pengaruh dan respon siswa dalam kegiatan pembelajaran penguasaan kata dan penyusunan kalimat bahasa Mandarin dengan menggunakan media permainan ????. Penelitian ini dilakukan karena masih terbatasnya penggunaan media pembelajaran yang menyebabkan kurangnya motivasi siswa dalam belajar bahasa Mandarin. Instrumen penelitian terdiri atas angket pre-test, post-test, lembar observasi, dan angket respon siswa. Melalui hasil pengamatan kemudian dianalisis sesuai tiap-tiap indikator yang sudah ditetapkan. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Muhammadiyah 3 Ponorogo. Sampel penelitian ini adalah kelas X IPA 1 berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 berjumlah 20 siswa sebagai kelas kontrol.
Lembar observasi digunakan untuk mengetahui hasil penerapan media permainan ???? dalam pembelajaran Bahasa Mandarin. Penelitian ini menggunakan dua bentuk lembar observasi yaitu lembar observasi guru dan lembar observasi siswa. Untuk lembar observasi guru dan siswa dinilai oleh observer yaitu guru pengampu mata pelajaran bahasa Mandarin. Lembar pre-test dan post-test dalam penelitian ini digunakan untuk mengukur pengaruh penggunaan media permainan ???? pada kelas eksperimen. Lembar tes ini diperuntukkan ke siswa untuk mengetahui hasil dari perlakuan (treatment). Sedangkan lembar angket respon siswa digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap media ????.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media permainan ????memberikan pengaruh positif terhadap penguasaan kata dan penyusunan kalimat bahasa Mandarin. Melalui hasil pengamatan analisis lembar observasi pertemuan pertama diperoleh persentase 82,1% dan pada pertemuan kedua sebesar 89,5%. Sementara itu hasil observasi siswa pada saat pertemuan kedua sebesar 84,3% dan pada pertemuan kedua diperoleh 89,2%. Dalam skala likert termasuk kategori sangat baik. Hasil analisis soal pre-test dan post-test pada kelas eksperimen diperoleh persentase 36% dan meningkat menjadi 83% dalam tahap post-test. Lembar analisis soal pre-test dan post-test pada kelas kontrol diperoleh persentase 36,2% dan meningkat menjadi 62,25% dalam tahap post-tes. Dari hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil t-test yang diperoleh to lebih besar dari ta (3,79>2,42). Dengan demikian t_hitung>tabel sehingga H2 diterima dan H1 ditolak. Sementara itu lembar analisis respon diperoleh prosentase diatas 85%. Dalam skala likert termasuk kategori sangat baik.
Kata Kunci :Permainan ????, Kata, KalimatThis study aims to describe the application, influence and response of students in word mastery learning activities and compilation of Chinese sentences using game media ? ? ??. This research was conducted because of the limited use of instructional media which caused a lack of student motivation in learning Mandarin. The research instrument consisted of a questionnaire pre-test, post-test, observation sheet, and student response questionnaire. Through the results of observations then analyzed according to each indicator that has been set. The subjects of this study were students of Ponorogo Muhammadiyah 3 High School. The sample of this study was class X IPA 1 totaling 20 students as the experimental class and class X IPA 2 totaling 20 students as the control class.
The observation sheet was used to determine the results of the application of the game media ? ? ?? in learning Mandarin. This study uses two forms of observation sheets, namely teacher observation sheets and student observation sheets. For teacher and student observation sheets assessed by the observer, the teacher is capable of teaching Chinese. The pre-test and post-test sheets in this study were used to measure the effect of playing media permainan ? ? on the experimental class. This test sheet is intended for students to find out the results of treatment. While the student response questionnaire sheet was used to determine students responses to the media ? ? ??.
The results of this study indicate that the use of game media ? ? ?? gives a positive influence on word mastery and compilation of Chinese sentences. Through the results of observing the analysis of the first meeting observation sheet obtained a percentage of 82.1% and at the second meeting amounting to 89.5%. Meanwhile the results of student observations at the second meeting were 84.3% and at the second meeting 89.2% were obtained. In the Likert scale, the category is very good. The results of the pre-test and post-test analysis of the experimental class were 36% and increased to 83% in the post-test phase. The analysis sheet for the pre-test and post-test questions in the control class obtained a percentage of 36.2% and increased to 62.25% in the post-test stage. From these results it can be concluded that the results of the t-test obtained are t0 greater than ta (3.79> 2.42). Thus t_count t_hitung> t_table so that H1 is accepted and H0 is rejected. Meanwhile the response analysis sheet obtained a percentage above 85%. In the Likert scale, the category is very good.
Keywords: Game ? ? ??, Word, SentenceDownloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

