TUTURAN DALAM FILM???2??????????SO YOUNG 2: NEVER GONE??KAJIAN PRINSIP KERJA SAMA
Abstract
Abstrak
Bertutur membutuhkan penerapan prisip kerja sama untuk menghindari adanya miskomunikasi. Hal tersebut berlaku pula pada proses pertuturan di antara para tokoh dalam film???2??????????So Young 2: Never Gone?. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan prinsip kerja sama dalam tuturan pada film???2??????????So Young 2: Never Gone) dan (2) mendeskripsikan fungsi prinsip kerja sama dalam tuturan pada film???2??????????So Young 2: Never Gone). Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode deskriptif kualitatif. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan teknik simak dan teknik catat.Melalui penelitian ini ditemukan bahwa (1) para tokoh dalam film???2??????????So Young 2: Never Gone) menerapkan prinsip kerja sama ketika bertutur. Maksim kuantitas menjadi maksim yang paling kuat diterapkan karena perbedaan gaya hidup para tokohnya yang begitu mencolok. Sementara maksim kualitas menjadi maksim yang paling jarang diterapkan karena setting cerita yang bermula dari masa sekolah menegah atas menggambarkan karakter para tokoh yang masih belum sepenuhnya dewasa dan kerap menuturkan sesuatu yang belum jelas kebenarannya. Penerapan maksim hubungan hanya dapat terjadi ketika para tokoh memiliki latar belakang yang sama sehingga merasa nyaman untuk terlibat bersama dalam suatu peristiwa tutur. Penerapan maksim cara dilakukan dengan cara menuturkan tuturan yang panjang untuk menjelaskan suatu alasan agar menghindari kesalahpahaman yang dapat menyebabkan konflik berat. (2) penerapan prinsip kerja sama pada tuturan yang terdapat pada film pada film???2?????????(So Young 2: Never Gone) berfungsi agar pertuturan yang melibatkan para tokoh dapat berlangsung dengan baik, tidak terjadi kesalahpahaman yang menyebabkan konflik berat, dan untuk menghindari miskomunikasi.
Kata Kunci: Prinsip kerja sama, penerapan, fungsi penerapan.
Abstract
Speaking requires the application of cooperative principles to avoid miscommunication. This also applies to the process of discussion between the characters in the film ??? 2 ? ?? ? ??????So Young 2: Never Gone?. Based on this background, this study aims to (1) describe the application of the principle of cooperation in speech on film??? 2: ?? ? ?? ????So Young 2: Never Gone) and (2) describe the function principle of cooperation in speech on the film ??? 2 ??? ? ?? ????So Young 2: Never Gone). The method used in this study is a qualitative descriptive method. The data analysis technique in the study used note and technique notes.
Through this research it was found that (1) the characters in the film??? 2 ??? ? ?? ????So Young 2: Never Gone) applied the principle of cooperation when speaking. Maximum quantity is the most commonly used maxim because of the striking differences in the lifestyles of the characters. While the maxim of quality is the maxim that is most rarely applied because the setting of the story that starts from the high school period illustrates the character of the figures who are still not fully mature and often say something that is not yet clear. The application of relationship maxim can only occur when leaders have the same background so that they feel comfortable to be involved together in a speech event. The application of implementation maxims is done by telling a long utterance to explain a reason to avoid misunderstandings that can cause severe conflict. (2) the application of the principle of cooperation in the speech contained in the film in the film??? 2 ??? ? ?? ???(So Young 2: Never Gone) functions so that the discussion involving the characters can take place well, there is no misunderstanding that causes severe conflict, and to avoid miscommunication.
Keywords: Principle of cooperation, application, function.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

