PENGARUH PENGGUNAAN BUKU TEKS 《华语》HUÁYǓ TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA MANDARIN SISWA KELAS X IPS SMAN 1 PURI MOJOKERTO

  • FITRI KINANTI
  • URIP ZAENAL FANANI

Abstract

Bahasa bukan hanya merupakan alat komunikasi namun juga dapat menjadi penghubung dikarenakan setiap negara memiliki bahasanya masing-masing. Oleh karena itu dalam dunia pendidikan selain mata pelajaran bahasa Indonesia juga sudah terdapat mata pelajaran bahasa asing seperti contohnya bahasa Mandarin. Meskipun sudah terdapat mata pelajaran bahasa Mandarin di sekolah-sekolah tetapi buku teks yang digunakan masih tidak sesuai dengan kriteria buku teks yang baik. Oleh karena itu pemilihan bahan ajar sangat penting. Bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran harus memenuhi kriteria bahan ajar yang baik. Seperti contohnya di dalam buku teks bahasa Mandarin harus terdapat hanzi dan pinyin karena hanzi merupakan aksara China asli yang harus diketahui siswa dan pinyin merupakan alat bantu siswa untuk mengetahui bunyi hanzi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan penggunaan buku teks《华语》dalam proses pembelajaran membaca pemahaman bahasa Mandarin, menjelaskan pengaruh penggunaan buku teks 《华语》, dan menjelaskan respon siswa terhadap penggunaan buku teks 《华语》

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen yang bersifat deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan metode eksperimental. Pendekatan dalam penelitian ini adalah True Eksperimental design dengan bentuk pre-test post-test control group design. terdapat dua test yaitu pre-test sebelum diberi perlakuan dan post-test setelah diberi perlakuan. Data yang digunakan merupakan hasil pre-test dan pos-test selama penelitian berlangsung. Peneliti menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi, teknik tes dan teknik angket.

Analisis data observasi yang dilakukan oleh observer memperoleh hasil 80,26% (sangat baik) untuk kelas kontrol dan 81,57% (sangat baik) untuk kelas eksperimen. Dengan demikian penggunaan buku teks 《华语》 dalam pembelajaran membaca pemahaman bahasa Mandarin “Sangat Baik”. Pada analisis data diperoleh hasil t0 = 6,388 dan db = 41, kemudian dikonsultasikan dengan melihat tabel taraf 5%. Dengan harga t0 = 6,388 dan db = 41 , maka diketahui bahwa ts = 0,05 = 2,00 menunjukkan t lebih besar dari t-tabel (2,00 < 6,388). Hal tersebut berarti harga t0 signifikan. Dengan demikian, dari analisis hasil belajar siswa terbukti pengaruh penggunaan buku teks《华语》 memiliki perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan menggunakan buku teks 《华语》dengan siswa kelas kontrol yang menggunakan buku teks dari sekolahan, berdasarkan hasil analisis data angket respon siswa mengenai pengaruh penggunaan buku teks 《华语》diperoleh 86,25%. Dengan demikian terbukti bahwa buku teks 《华语》sangat berpengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa bahasa Mandarin.

Published
2019-05-22
How to Cite
KINANTI, F., & ZAENAL FANANI, U. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN BUKU TEKS 《华语》HUÁYǓ TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA MANDARIN SISWA KELAS X IPS SMAN 1 PURI MOJOKERTO. Jurnal Bahasa Mandarin, 2(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/27690
Section
Articles
Abstract Views: 134
PDF Downloads: 116