ANALISIS KESALAHAN PELAFALAN 元音 DAN 辅音 PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN ANGKATAN 2018 UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • ANTIKA CANDRA KINANTI
  • GALIH WIBISONO

Abstract

Abstrak

Pada era globalisasi ini, minat belajar bahasa Mandarin di Indonesia meningkat seiring dengan banyaknya tuntutan pada dunia kerja yang membutuhkan keahlian berbahasa Mandarin. Hal tersebut juga mempengaruhi tingginya minat masyarakat dalam mempelajari bahasa Mandarin. Salah satu instansi pendidikan yang terdapat kurikulum bahasa Mandarin adalah Program Studi Strata Satu Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Surabaya. Bahasa Mandarin merupakan salah satu bahasa yang sulit dipelajari, dalam bahasa Mandarin terdapat huruf vokal dan konsonan yang sulit untuk diucapkan dengan tepat oleh pembelajar bahasa Indonesia. Sehingga sangat besar kemungkinan terjadinya kesalahan pelafalan selama mempelajari bahasa Mandarin.

Dalam penelitian ini dianalisis bentuk kesalahan dan faktor penyebab terjadinya kesalahan pelafalan 元音 dan 辅音 pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin angkatan 2018 Unesa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif kualitatif kuantitatif dengan instrumen pengumpulan data berupa tes lisan dan angket.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk kesalahan pelafalan 元音 dan 辅音 pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin angkatan 2018 Unesa adalah pengurangan aspirasi, penambahan aspirasi, dan penggantian fonem. Kesalahan pelafalan pengurangan aspirasi terdapat pada soal bagian B dan C yaitu mengurangi tekanan udara saat melafalkan huruf dan kosakata dengan persentase kesalahan sebesar 29%. Kesalahan pelafalan penambahan aspirasi terdapat pada soal bagian B dan C yaitu menambahkan tekanan udara saat melafalkan huruf dan konsonan dengan persentase kesalahan sebesar 15%. Kesalahan pelafalan penggantian fonem terdapat pada soal bagian A, B, dan C yaitu merubah bunyi bahasa baik pada huruf vokal maupun konsonan dengan persentase kesalahan sebesar 9%. Penyebab terjadinya kesalahan pelafalan yang dilakukan oleh mahasiswa adalah sulitnya penyesuaian alat ucap terhadap pelafalan vokal dan konsonan bahasa Mandarin, dan kerumitan teknik pelafalan vokal dan konsonan bahasa Mandarin, serta adanya interferensi bahasa Indonesia sebagai bahasa ibu.

Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Pelafalan, “元音”, “辅音”

Abstract

In this globalization era, interest of learning Mandarin in Indonesia has increased together with the amount demands on world work that need Mandarin language skills. It also affects the high interest of learning Mandarin. One of the educational institutions that has a Chinese language curriculum is the Chinese Language Education Study Program of Surabaya State University. Mandarin is one of language that difficult to learned, in Mandarin there are vocal and consonant letters that difficult to be correctly spoken by Indonesian learners. So, there is a very high probability of pronunciation error while learning Mandarin.

This research was analyzed the form of errors and the factors of causing 元音 and 辅音 pronunciation error by Chinese Language Education Study Program Of Surabaya State University Class 2018. Data analysis techniques used in this research is descriptive qualitative quantitative method with two instruments for collecting data, oral test and questionnaire.

The results of this research show that the form of 元音 and 辅音 pronunciation error made is reducing aspiration, adding aspiration, and phoneme replacement. The pronunciation error of reducing aspiration is in the questions part B and C, namely reducing air pressure when reciting letters and vocabulary with an error percentage 29%. The pronunciation error of adding aspiration is in the questions part B and C, namely adding air pressure when reciting letters and vocabulary with an error percentage 15%. The pronunciation error of phoneme replacement is in the questions part A, B, and C, namely changing the sound of the language in both vocal and consonant letters with an error percentage 9%. The factors of causing 元音 and 辅音 pronunciation error made by students is the difficulty of adjusting the speak tool for Chinese vocal and consonant pronunciation, and the complexity of Chinese vocal and consonant pronunciation techniques, as well as the interference of Indonesian language as a mother language.

Keywords: Error Analysis, Pronunciation, “元音”, “辅音”





Published
2019-06-14
How to Cite
CANDRA KINANTI, A., & WIBISONO, G. (2019). ANALISIS KESALAHAN PELAFALAN 元音 DAN 辅音 PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN ANGKATAN 2018 UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA. Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin UNESA, 2(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/28015
Section
Articles
Abstract Views: 124
PDF Downloads: 294