PENGARUH METODE KONTEKSTUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENYUSUN KARANGAN SEDERHANA BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS XI BAHASA SMA NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO
Abstract
ABSTRAK
PENGARUH METODE KONTEKSTUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENYUSUN KARANGAN SEDERHANA BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS XI BAHASA
SMA NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO
TAHUN AJARAN 2016-2017
Nama : Andi Kusuma
NIM : 12020774227
Jurusan : Pendidikan Bahasa Mandarin
Fakultas : Bahasa dan Seni
Universitas : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Urip Zaenal Fanani, M.Pd
Tahun : 2018
Kata Kunci : Pengaruh, Kontekstual, Karangan sederhana
Pembelajaran bahasa Mandarin di SMA Nurul Jadid selama ini menjadi hal yang kurang menarik dan cenderung dianggap pelajaran yang sulit oleh siswa. Siswa mengalami kesulitan dalam hal menulis, salah satunya menulis karangan sederhana secara baik dan benar, Penelitian ini untuk menjawab permasalahan yang ada. Adapun rumusan masalah dan tujuan penelitian yang terdapat dalam penelitian ini adalah:
1. bagaimana proses penerapan pembelajaran metode Kontekstual terhadap keterampilan menyusun karangan sederhana bahasa Mandarin
2. bagaimana pengaruh metode Kontekstual dalam pembelajaran keterampilan menyusun karangan sederhana bahasa Mandarin pada siswa kelas XI Bahasa SMA Nurul Jadid Paiton Probolinggo.
3. bagaimana respon siswa terhadap penerapan metode Kontekstual dalam pembelajaran keterampilan menyusun karangan sederhana bahasa Mandarin.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen. Jenis pendekatan penelitian ini menggunakan true experimental design (Arikunto: 2011). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan observasi, soal pre test dan post test, dan angket respon siswa. Data penelitian yang telah diperoleh dianalisis dengan mencari persentase dan t signifikansi.
Adapun hasil penelitian ini adalah:
1. untuk menjawab proses aktivitas guru mendapatkan persentase 66% dan untuk aktivitas siswa 92,5%. Pada pertemuan kedua aktivitas guru mendapatkan persentase 68% dan aktivitas siswa mendapatkan persentase 97,5%. Dari data tersebut menunjukkan peningkatan dalam proses dari pertemuan pertama ke pertemuan kedua.
2. Untuk menjawab hasil metode Kontekstual dalam pembelajaran keterampilan menyusun karangan sederhana bahasa Mandarin diperoleh hasil Mpre = 42,14 dan Mpost = 82,62. Kemudian t0 = 4,14 dan db = 42, selanjutnya dibandingkankan dengan nilai tabel taraf 5%, diketahui bahwa tsignifikan lebih besar dari tskor (3,36<4,14). Dengan demikian, metode Kontekstual memberikan perbedaan yang siginifikan dengan kelas kontrol yang hanya menggunakan metode pembelajaran langsung.
3. Kemudian untuk menjawab rumusan masalah ketiga respon siswa diperoleh hasil yaitu pada aspek ketertarikan terhadap metode Kontekstual diperoleh persentase 59,52% dan 82,14%, aspek proses pembelajaran 83,33%, dan aspek efektivitas penggunaan metode Kontekstual diperoleh persentase sebesar 83,33%, 75%, 73,81%, 86,90%, 69,05%, 75%, dan 83,33%. Maka dapat disimpulkan penggunaan metode Kontekstual sangat efektif digunakan dalam pembelajaran keterampilan menyusun karangan sederhana bahasa Mandarin pada siswa kelas XI Bahasa 2 SMA Nurul Jadid Paiton Probolinggo.
ABSTRACT
THE INFLUENCE OF KONTEKSTUAL METHOD
ON COMPOSING MANDARIN SIMPLE ESSAY TEXT IN XI LANGUAGE’S CLASS STUDENTS OF NURUL JADID
SENIOR HIGH SCHOOL PAITON PROBOLINGGO
TEACHING DATE 2016-2017
Name : Andi Kusuma
NIM : 12020774227
Major : Chinese Language Education
Faculty : Language and Arts
Institution : Surabaya State University
Supervisor : Dr. Urip Zaenal Fanani, M.Pd
Year : 2019
Keywords: Influence, Kontekstual, Simple Essay
Mandarin learning in Nurul Jadid High School has been less interesting and tends to be considered difficult lesson by students, students have difficulty in writing, one of them writing Simple Essay well and correctly, This research is to answer the existing problems. The formulation of the problem and research objectives contained in this research are.
1. How the process of applying learning method of Kontekstual.
2. How influence of Kontekstual in learning skill to write simple essay in student of class XI SMA Nurul Jadid Paiton Probolinggo.
3. How students respond to the implementation of Kontekstual method.
This study was included in experimental research. This type of research approach uses true experimental design (Arikunto: 2011). Data collection techniques used are to use observation, the problem of pre test and post test, and questionnaire response students. The research data that has been obtained is analyzed by finding percentage and t significance.
The results of this study are
1. To answer proces of teacher activity get percentage of 66% and for student activity 92,5%. At the second meeting the teacher activity gets the percentage of 68% and the student activity get the percentage of 97,5%. From these data shows an increase from the first meeting to the second meeting.
2. To answer the influence Kontekstual method in learning skill to arrange write simple essay obtained result Mpre = 42,14 and Mpost = 82,62. Then t0 = 4.14 and db = 42, then compared with the table value of 5% level, it is known that tsignifikan greater than tskor (3.36 <4.14). Thus, the Kontekstual method provides significant differences with control classes using only direct learning methods.
Then to answer the formulation of the problem of the three responses of students obtained the results of the aspects of interest in the Kontekstual obtained percentage 59.52% and 82.14%, aspects of learning process 83.33%, and aspects of the effectiveness of the use of Kontekstual obtained a percentage of 83.33%, 75%, 73.81%, 86.90%, 69.05%, 75%, and 83.33%. Then it can be concluded the use of Kontekstual method is very effective use in learning skill to arrange Simple essay in student of class XI Language 2 SMA Nurul Jadid Paiton Probolinggo.
PDF Downloads: 51