PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MACROMEDIA FLASH DALAM PENYUSUNAN KALIMAT SEDERHANA BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS X BAHASA SMA NEGERI 1 DRIYOREJO
Abstract
Abstrak
Dalam pembelajaraan bahasa Mandarin di SMA Negeri 1 Driyorejo Gresik, mengalami kesulitan dalam penyusunan kalimat bahasa Mandarin. Oleh karena itu, perlu adanya peran guru yaitu membantu, membimbing, mengembangkan serta meningkatkan keterampilan yang siswa butuhkan dalam penyusunan kalimat bahasa Mandarin. Agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik perlu adanya media dalam mengajar. Salah satu media yang dapat digunakan adalah media Macromedia Flash yang dapatdigunakan dengan mudah dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X Bahasa SMA 1 Driyorejo. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan teknik observasi, tes, dan angket.Hasil observasi berdasarkan perhitungan skor skala Likert menunjukan kategori sangat baik. Aktivitas guru pada pertemuan pertama dengan skor 84,32%, dan pada aktivitas guru pertemuan kedua dengan skor 86,79%
Hasil penelitian dengan menggunakan media Macromedia Flash dapat diketahui hasil analisis data yang dilakukan, diperoeh = 4,62 dan = 40 selanjutnya dikonsultasikan dengan melihat nilai tabel taraf 5% dengan harga = 4,62 dan = 40, maka diketahui bahwa harga = 2,02 menunjukkan t lebih besar dari t tabel (4,62>2,01). Harga signifikan. Dengan demikian analisis data hasil beajar siswa terbukti bahwa terdapat adanya perbedaan yang signifikansi antara penyusunan kalimat sederhana bahasa Mandarin menggunakan media Macromedia Flash dengan hanya berceramah. Berdasarkan hasil angket pengguanaan media Macromedia Flash pada kelas eksperimen bahwa 90% siswa dapat mempermudah menguasai kosakata bahasa Mandarin, sebanyak 92% penggunaan media Macromedia Flash dapat meningkatkan motivasi belajar bahasa Mandarin.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Macromedia Flash, Kalimat Bahasa Mandarin
Abstract
In learning Chinese in Driyorejo Gresik 1 Public High School, there are difficulties in compiling Chinese sentences. Therefore, there is a need for a teachers role to help, guide, develop and improve the skills students need in preparing Chinese sentences. In order for learning to work well there is a need for media to teach. One of the media that can be used is Macromedia Flash media which can be used easily in learning. This research is an experimental research using quantitative methods. The sample in this study was the class X Language of Driyorejo 1 High School. This study uses data collection techniques with observation techniques, tests, and questionnaires. The results of the observation based on the calculation of the Likert scale score showed a very good category. The teachers activity at the first meeting was 84.32%, and the teachers activity in the second meeting was 86.79%.
The results of the study using Macromedia Flash media can be seen from the results of data analysis performed, obtained by t_0 = 4.62 and d_b = 40 then consulted by looking at the table value level 5% with prices t_0 = 4.62 and d_b = 40, it is known that the price t_s = 2.02 shows t greater than t table (4.62> 2.01). Price t_0 is significant. Thus the analysis of student learning data proved that there was a significant difference between the preparation of simple Chinese sentences using Macromedia Flash media by only lecturing. Based on the results of the use of Macromedia Flash media questionnaire in the experimental class that 90% of students can simplify mastering Chinese vocabulary, as much as 92% of Macromedia Flash media usage can increase motivation to learn Mandarin.
Keywords: Learning Media, Macromedia Flash, Mandarin Sentences
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

