PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CONCEPT SENTENCE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA BAHASA MANDARIN SISWA KELAS X SMK PGRI 13 SURABAYA

Authors

  • DESI RAHMAWATI SUBROTO
  • SUBANDI

Abstract

Abstrak

Menulis termasuk ke dalam salah satu keterampilan berbahasa. Untuk menguasai keterampilan menulis kalimat sederhana bahasa Mandarin diperlukan adanya latihan dan praktek yang dilakukan secara terus menerus dan berulang-ulang. Oleh sebab itu, diperlukan sebuah model pembelajaran yang lebih bervariasi dalam kegiatan belajar mengajar. Model pembelajaran ialah pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas maupun tutorial (Suprijono, 2012:46). Peneliti menggunakan Concept Sentence sesuai dengan tujuan untuk mengetahui penerapan, keefektifan, dan respon siswa kelas X SMK PGRI 13 Surabaya terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Concept Sentence dalam pembelajaran menulis kalimat sederhana bahasa Mandarin. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan desain true experimental design atau eksperimen murni. Bentuk true experimental design yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain control group pre-test-post-test. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X BDP SMK PGRI 13 Surabaya yang berjumlah 27 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X DKV SMK PGRI 13 Surabaya yang berjumlah 19 siswa sebagai kelas kontrol.

Hasil lembar observasi aktivitas guru pada pembelajaran pertemuan pertama dan pertemuan kedua di kelas eksperimen memperoleh hasil presentase sebesar 82,7%. Dan hasil lembar observasi aktivitas siswa pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua memperoleh hasil presentase 87,5%. Dari perhitungan analisis data tes didapatkan t0=2,3 dan db=44. Selanjutnya dibandingkan dengan melihat tabel T nilai taraf signifikansi 5%. Dengan t0=2,3 dan db=44, maka dapat diketahui bahwa ts 0,05=1,68 dan menunjukkan t lebih besar dari t tabel yaitu (1,68<2,3) menunjukkan bahwa t0 signifikan. Hasil analisis angket respon siswa menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Concept Sentence efektif dan memberikan dampak positif untuk digunakan dalam pembelajaran menulis kalimat sederhana bahasa Mandarin.

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Model Pembelajaran Concept Sentence, Keterampilan Menulis

Abstract

Writhe is included in one of the language skills. To master the writing skills of simple Mandarin sentences it is necessary to have practice and practice that is carried out continuously and repeatedly. Therefore, a more varied learning model is needed in teaching and learning activities. The researcher used Concept Sentence in accordance with the aim to find out the application, effectiveness, and response of class X students of SMK PGRI 13 Surabaya towards the Cooperative type learning model Concept Sentence in learning to write simple Chinese sentences. This type of research is experimental research with a design true experimental design or pure experiment. The form of true experimental design used in this study is the control group pre-test-post-test design. The sample in this study was class X BDP SMK PGRI 13 Surabaya which amounted to 27 students as the experimental class and class X DKV SMK PGRI 13 Surabaya, amounting to 19 students as the control class.

The results of the observation sheet of the teachers activities on the learning of the first meeting and the second meeting in the experimental class obtained the percentage results of 82.7%. And the results of the observation sheet of student activity at the first meeting and the second meeting obtained a percentage of 87.5%. From the calculation of test data analysis obtained t0 = 2.3 and DB = 44. Furthermore, it is compared to looking at the T table of the 5% significance level. With t0 = 2.3 and DB = 44, it can be seen that ts 0.05 = 1.68 and shows t greater than t table that is (1.68 <2.3) indicates that t0 is significant. The results of the student response questionnaire analysis showed that the Cooperative type Concept Sentence model was effective and had a positive impact to be used in learning to write simple Chinese sentences.

Keywords: Learning Model, Concept Sentence, Writing Skills

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-06-14

How to Cite

RAHMAWATI SUBROTO, D., & SUBANDI. (2019). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CONCEPT SENTENCE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA BAHASA MANDARIN SISWA KELAS X SMK PGRI 13 SURABAYA. Jurnal Bahasa Mandarin, 3(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/28021

Issue

Section

Articles
Abstract views: 59 , PDF Downloads: 83