PESAN MORAL DALAM FILM CONFUSIUS 孔子 Kong Zi KARYA HUMEI 胡玫 Hu Mei KAJIAN ANALISIS WACANA

  • M. AINUR RASULI
  • URIP ZAENAL FANANI

Abstract

Kata kunci : Moral, Film Confusius, Analisis Wacana

Film merupakan sebuah karya yang didalamnya terdapat pesan-pesan moral yang ditampilkan melalui dialog atau simbol simbool dalam properti yang digunakan. Peneliti mengupas film confusius 孔子 karya humei 胡玫 hu mei guna menemukan pesan moral yang terkandung didalamnya.

kajian Pada penelitian ini menggunakan analisis wacana yang fokus pada dialog dialog dalam film. Pembahasan bertujuan menjelaskan hubungan antar kalimat. Dari beberapa pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa wacana membentuk komunikasi bahasa baik lisan maupun tulisan yang disusundengan menggunakan kalimat yang teratur, sistematis dan terarah sehingga kalimat yang satu dengan yang lainnya kan menjadi satu kesatuan yang yang memunyai makna.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menganisis dialog demi dialog guna menemukan pesan moral dalam film. Berdasarkan analisis data peneliti menemukan pesan moral yang terkandung didalamnya. Penelitian ini menggunakan.

Wujud pesan moral dalam struktur makro yang ditemukan oleh peneliti tentang pesan moral yang ada pada film confusius 孔子 peneliti menemukan bebrapa data. Terdapat pesan moral tentang kemanusiaan sebagai ini dari cerita secara keseluruhan. Yang menjadi ini dari alur cerita yang telah disajikan oleh pengarang melalui film.

Wujud moral dalam struktur mikro juga ditemukan beberapa data dalam penelitian ini. Ditunjukka dengan adanya dialog dialog yang menyampaikan pesan secara implisit atau penyampaian pesan secara tidak langsung yang ingin disampaikan oleh pengarang melalui karyanya yang disajikan dalam bentuk film. Dalam perkataannya melalui dialog dalam film confusius 孔子 tokoh confusius 孔子 kerap menyampaikan kalimat yang menyoimpan makna tersembunyi.

Dilihat dari kognisi sosial dalam film ini serat dengan informasi tentang moralitas yang ada dalam masyarakat. Hal ini terjadi saat confusius 孔子 berkeliling kepenjuru negeri untuk mengajarkan tentang etika dan kebaikan.

Abstrack

Keywords: Moral, Confucius Film, Discourse Analysis

Film is a work in which there are moral messages that are displayed through the dialogue or symbol simbool in the property used. The researcher examined the Confucian film 孔子 by Humei 胡 玫 hu mei to find the moral message contained in it.

study This study uses discourse analysis which focuses on dialogue dialogue in films. The discussion aims to explain the relationship between sentences. From some of the opinions above it can be concluded that the discourse forms language communication both oral and written which is interrupted by using regular, systematic and directed sentences so that the sentences from one to the other become one entity that has meaning.

This research is a descriptive qualitative research by analyzing dialogue after dialogue to find moral messages in the film. Based on data analysis, researchers found a moral message contained in it. This study uses.

The form of a moral message in the macro structure found by researchers about the moral messages that exist in the confusion film 孔子 the researcher found some data. There is a moral message about humanity as this from the whole story. Which becomes this from the storyline that has been presented by the author through the film.

Moral forms in microstructure also found some data in this study. It was indicated by a dialogue dialogue that conveyed the message implicitly or the delivery of messages indirectly that the author wanted to convey through his work which was presented in the form of a film. In his words through dialogue in the film confusion 孔子 confusion figures usi often convey sentences that save hidden meanings.

Seen from social cognition in this film fiber with information about morality that exists in society. This happened when Confucius traveled around the country to teach about ethics and kindness.


Published
2019-06-26
How to Cite
AINUR RASULI, M., & ZAENAL FANANI, U. (2019). PESAN MORAL DALAM FILM CONFUSIUS 孔子 Kong Zi KARYA HUMEI 胡玫 Hu Mei KAJIAN ANALISIS WACANA. Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin UNESA, 2(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/28392
Section
Articles
Abstract Views: 182
PDF Downloads: 205