PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DU CHINESE (M-LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENYUSUN TEKS DIALOG BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS XI-MULTIMEDIA SMK YAPALIS KRIAN SIDOARJO TAHUN AJARAN 2018/2019
Abstract
Abstrak
Dalam pembelajaran bahasa Mandarin pada kelas XI-Multimedia SMK Yapalis Krian Sidoarjo, ditemukan kesulitan yang dialami oleh siswa dalam menyusun teks dialog bahasa Mandarin. Hal ini menyebabkan kurang pemahaman siswa terhadap pemahaman siswa kelas XI terhadap pembelajaran menyusun teks dialog bahasa Mandarin. Untuk mengatasi hal tersebut, peneliti menggunakan media aplikasi Du Chinese (M-Learning) yang diharapkan mampu memudahkan siswa dalam pembelajaran menyusun teks dialog bahasa Mandarin. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan media, pengaruh serta respon siswa terhadap penggunaan media Du Chinese (M-Learning) dalam pembelajaran menyusun teks dialog.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian menggunakan True Experiment Design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas XI SMK Yapalis Krian Sidoarjo, sedangkan sampel pada penelitian ini adalah kelas XI-Multimedia 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AK) 3 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini berlangsung selama empat pertemuan. Dua kali pertemuan pada kelas eksperimen (dengan menggunakan media Du Chinese) dan dua kali pertemuan pada kelas kontrol (dengan menggunakan media powerpoint).
Penerapan media pada kelas eksperimen yakni XI-Multimedia 2 dengan menggunakan aplikasi Du Chinese (M-Learning) dalam pembelajaran menyusun teks dialog bahasa Mandarin siswa dari pertemuan pertama dan ke dua mengalami peningkatan. Dari hasil lembar observasi guru pada kelas eksperimen diperoleh hasil “baik” menurut skala Likert dengan persentase pertemuan pertama sebesar 68% dan pertemuan kedua sebesar 80%. Kemudian pada hasil lembar observasi siswa diperoleh hasil “baik” menurut skala Likert dengan persentase pertemuan pertama sebesar 46% dan pertemuan ke dua sebesar 79%. Sehingga berdasarkan pada penelitian tersebut, disimpulkan bahwa penerapan media aplikasi Du Chinese (M-Learning) terhadap kemampuan menyusun teks dialog bahasa Mandarin pada siswa kelas XI-Multimedia 2 SMK Yapalis Krian Sidoarjo tahun ajaran 2018/2019 berjalan dengan baik.
Pengaruh penggunaan media aplikasi Du Chinese (M-Learning) telah dianalisis yang diperoleh = 1,5 dan = 92 , selanjutnya dikonsultasikan dengan nilai tabel taraf 5% dengan harga = 1,5 dan = 92, maka diketahui bahwa harga = 2,02 menunjukkan t lebih besar dari t tabel (2,02>1,5). Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media aplikasi Du Chinese (M-Learning) berpengaruh positif terhadap kemampuan menyusun teks dialog bahasa Mandarin siswa kelas eksperimen yakni XI-Multimedia 2 SMK Yapalis Krian Sidoarjo.
Respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan media aplikasi Du Chinese (M-Learning) mendapatkan respon yang positif dari para siswa serta pembelajaran sangat efektif bagi siswa. Penggunaan aplikasi ini dapat mempermudah dalam pembelajaran menyusun dialog bahasa Mandarin. Setiap aspek pada angket respon siswa yaitu pada aspek pengalaman penggunaan media diperoleh persentase sebesar 84% dan 88% dengan kategori skala Likert adalah sangat baik. Kemudian pada aspek proses pembelajaran diperoleh persentase sebesar 82% dan 85% dengan kategori skala Likert adalah sangat baik dan satu soal sebesar 75% dengan kategori skala adalah baik. Dan aspek penggunaan media diperoleh persentse sebesar 82% dan 81% dengan kategori skala Likert adalah sangat baik, sedangkan satu soal sebesar 78% dengan kategori skala adalah baik. Dengan demikian, dapat diambil simpulan bahwa penerapan media Du Chinese (M-Learning) terbukti efektif untuk diterapkan pada siswa dalam pembelajaran menyusun teks dialog bahasa Mandarin.
Kata Kunci: Menyusun Teks Dialog, Du Chinese (M-Learning)
Abstract
In learning Chinese in the XI-Multimedia class of Yapalis Krian Sidoarjo Vocational School, difficulties were encountered by students in compiling the dialogue text in Mandarin. This causes a lack of student understanding of the understanding of students of class XI towards learning composes the dialogue text of Mandarin. To overcome this, researchers used Du Chinese (M-Learning) application media which was expected to facilitate students in learning to compose Chinese dialogue texts. The purpose of this study is to describe the application of media, the influence and response of students to the use of Du Chinese media (M-Learning) in learning composes dialog text.
This research is an experimental research using quantitative research with a research approach using True Experiment Design. The population in this study was class XI of Yapalis Krian Sidoarjo Vocational School, while the sample in this study was class XI-Multimedia 2 as the experimental class and class XI-Accounting and Finance Institution (AK) 3 as the control class. This research took place for four meetings. Two meetings in the experimental class (using Du Chinese media) and two meetings in the control class (using powerpoint media).
The application of media in the experimental class namely XI-Multimedia 2 by using the Du Chinese application (M-Learning) in learning composes the dialogue text of Mandarin students from the first and second meetings to increase. From the results of the teacher observation sheet in the experimental class the results were "good" according to the Likert scale with the percentage of the first meeting at 68% and the second meeting at 80%. Then on the results of the observation sheet students get "good" results according to the Likert scale with the percentage of the first meeting of 46% and the second meeting at 79%. So based on the research, it was concluded that the application of Du Chinese (M-Learning) application media to the ability to compose Chinese dialogue texts in XI-Multimedia class 2 students of Yapalis Krian Sidoarjo Vocational High School 2018/2019 went well.
The effect of the use of Du Chinese (M-Learning) application media has been analyzed obtained t_0 = 1.5 and d_b = 92, then consulted with the table value level 5% with prices t_0 = 1.5 and d_b = 92, then note that the price of t_s = 2.02 shows t greater than t table (2.02> 1.5). It can be concluded that the use of Du Chinese (M-Learning) application media has a positive effect on the ability to compile dialogue texts in Mandarin in the experimental class students, namely XI-Multimedia 2 of Yapalis Krian Sidoarjo Vocational School.
Student responses to learning using Du Chinese application media (M-Learning) get a positive response from students and learning is very effective for students. The use of this application can make learning easier in arranging Chinese dialogues. Each aspect of the student response questionnaire, namely in the aspect of experience of media use, obtained a percentage of 84% and 88% with the Likert scale category is very good. Then in the aspect of the learning process the percentage is 82% and 85% with the Likert scale category is very good and one question of 75% with the scale category is good. And the aspect of media use is obtained by percentage of 82% and 81% with the Likert scale category is very good, while one question of 78% with the scale category is good. Thus, it can be concluded that the application of Du Chinese (M-Learning) media proved effective to be applied to students in learning to compose Chinese dialogue texts.
Keywords: Arranging Dialogue Text, Du Chinese (M-Learning)
PDF Downloads: 54