THE EXISTENCE OF CHARACTERS IN THE AMBIGUOUS FOCUS FILM《虚无的焦点》 (STUDY OF EXISTENTIALISM JEAN PAUL SARTRE’S PHILOSOPHY)

  • Iin Antikasari
  • ANAS AHMADI

Abstract

Kata kuci : Eksistensialisme, Kebebasan, Percintaan, Kematian

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kuatnya pesan kebebasan dalam kehidupan dan percintaan dari tokoh-tokoh yang ada dalam film The Ambiguous Focus seperti zhang zhe, zhang nan, chunzi, jiang chao dan jimmy. Dalam penelitian ini terdapat tiga tujuan, yakni: (1) Mendeskripsikan Kebebasan Tokoh dalam Film The Ambiguous Focus 《虚无的焦点》. (2) Mendeskripsikan Percintaan Tokoh dalam Film The Ambiguous Focus 《虚无的焦点》. (3) Mendeskripsikan Kematian Tokoh dalam Film The Ambiguous Focus 《虚无的焦点》.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan filosofi karena penelitian ini berusaha memahami fenomena-fenomena yang terjadi menggunakan akal dan pikiran. Sumber data dalam penelitian ini adalah film yang berjudul The Ambiguous Focus 《虚无的焦点》yang diadaptasi dari novel online yang berjudul Mr.Zhang and Mr.Zhang. Data dalam penelitian ini berupa kalimat, uraian kalimat, kutipan dialog dan monolog dari tokoh yang ada dalam film The Ambiguous Focus 《虚无的焦点》. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak dan catat. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis konten yaitu teknik analisis data yang digunakan untuk mengungkapkan pesan yang ada dalam karya sastra.

Simpulan dalam penelitian ini meliputi tiga hal yakni pertama, deskripsi kebebasan tokoh dimana dalam konsep ini meliputi dua hal yakni kebebasan, pilihan dan keputusan serta kebebasan, pilihan dan tanggung jawab. Tokoh zhang zhe, zhang nan, chunzi dan jiang chao memiliki pandangan bahwa keputusan yang sulit sekalipun harus dilakukan untuk kebaikan banyak orang, sedangkan menurut jimmy manusia harus melakukan sesuai dengan kehendak hatinya tidak perduli itu akan membawa sesuatu yang baik atau buruk. Selain itu mereka juga tidak hanya bebas dalam bertindak, mereka juga bertanggung jawab atas apa yang menjadi pilihan dan keputusan mereka. Kedua, deskripsi percintaan. Empat tokoh yakni zhang zhe, zhang nan, chunzi dan jimmy memiliki pandangan yang berbeda dalam menghadapi percintaan. Ketiga, deskripsi kematian. Dalam konsep ini terdapat tiga tokoh yakni chunzi, jimmy dan jiang chao, yang mana masing-masing tokoh memiliki pandangan yang cukup unik dalam menghadapi kematian.


Key Word : Existentialism, Freedom, Love, Death

This research was motivated by the strong message of freedom in life and romance from the characters in The Ambiguous Focus Film such as zhang zhe, zhang nan, chunzi, jiang chao and jimmy. In this research, there are three purpose, namely: (1) Describe the Freedom of Characters in The Ambiguous Focus Film 《虚无 虚无 的 焦点》, (2) Describe the Love of Characters in The The Ambiguous Focus Film 《虚无 的 焦点》, (3) Describe the Death of Characters in The Ambiguous Focus Film 《虚无 的 焦点》.

This type of research is qualitative research. This research uses a philosophical approach because this research is trying to understand phenomena that occur using common sense and mind. The data source in this research was the film titled The Ambiguous Focus 《虚无 虚无 的 焦点》 which was adapted from an online novel titled Mr.Zhang and Mr.Zhang. The data in this research are a form of sentences, sentence descriptions, dialogue quotes and monologues from the characters in The Ambiguous Focus Film《虚无 虚无 的 焦点》. Data collection techniques used are listening and note technique. The instrument used in this research was the researcher himself. The data analysis technique used is the content analysis technique, which is the data analysis technique used to express the message in the literature.

The conclusions of this research covers three things. The first is, the description of the freedom of the characters, in this concept covers two things. Namely freedom, choice and decision as well as freedom, choice and responsibility. The characters of zhang zhe, zhang nan, chunzi and jiang chao have the view that even difficult decisions must be made for the good of many people. Meanwhile, according to jimmy, the man must do according to his hearts does not care it will bring something good or bad. Besides, they are not only free to act, but they are also responsible for their choices and decisions. The second is, the description of love. Four characters namely Zhang Zhe, Zhang Nan, Chunzi and Jimmy have different views in the face of love. The third is, the description of death. In this concept, there are three characters namely chunzi, jimmy and jiang chao, in which each character has a unique view of facing death.


Published
2020-04-06
How to Cite
Antikasari, I., & AHMADI, A. (2020). THE EXISTENCE OF CHARACTERS IN THE AMBIGUOUS FOCUS FILM《虚无的焦点》 (STUDY OF EXISTENTIALISM JEAN PAUL SARTRE’S PHILOSOPHY). Jurnal Bahasa Mandarin, 3(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/32579
Section
Articles
Abstract Views: 72
PDF Downloads: 34