(ABSTRACT) PENGARUH PENERAPAN MEDIA CIRCULAR CARD DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KALIMAT BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 LAMONGAN

Authors

  • HANIK OKTAVIASARI
  • SUBANDI

Abstract

PENGARUH PENERAPAN MEDIA CIRCULAR CARD DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KALIMAT BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 LAMONGAN

Hanik Oktaviasari

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Mandarin, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya E-mail: hanikoktaviasari16020774054@mhs.unesa.ac.id

Prof. Dr. Subandi, S.Pd., M.A

Abstrak

Menulis kalimat dalam pembelajaran bahasa Mandarin merupakan salah satu keterampilan bahasa yang dianggap sulit bagi siswa karena siswa merasa kebingungan dalam menulis kalimat dengan tata bahasa Mandarin dengan benar. Untuk menguasai keterampilan menulis kalimat bahasa Mandarin di perlukan latihan dan praktik secara berulang-ulang. Berdasarkan masalah tersebut peneliti menerapkan media Circular Card sebagai perantara proses menyampaikan materi yang efektif, dan diharapkan dapat meningkatkan semangat siswa serta siswa tidak merasakan jenuh saat proses pembelajaran menulis kalimat bahasa Mandarin berlangsung. Penelitian ini menggunakan media Circular Card sesuai dengan tujuan untuk mengetahui proses, pengaruh, dan respon siswa kelas X SMK Negeri 1 Lamongan terhadap media Circular Card dalam pembelajaran menulis kalimat Mandarin. Jenis penelitian ini ialah penelitian eksperimen dengan rancangan true experimental design. Instrumen yang digunakan yaitu observasi, tes, dan angket respon siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X APH1 SMK Negeri 1 Lamongan sebagai kelas eksperimen dan kelas X APH2 SMK Negeri 1 Lamongan sebagai kelas kontrol. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil lembar observasi aktivitas guru kelas eksperimen pada pertemuan pertama memperoleh 85% dan pertemuan kedua memperoleh hasil 87%. Dan hasil lembar observasi aktivitas siswa pada pertemuan pertama memperoleh 85% dan pertemuan kedua memperoleh 88%. Dari perhitungan analisis data tes didapatkan t0 = 7,37 dan db = 54 dengan tabel T nilai taraf signifikansi 0,05=2,05 menunjukkan (7,37>2,05) sehingga t0 signifikan. Hasil analisis angket respon siswa menunjukkan bahwa media Circular Card efektif dan memberikan dampak positif dan mampu diterapkan untuk pembelajaran menulis kalimat bahasa Mandarin.

Kata Kunci: Circular Card, media pembelajaran, menulis kalimat

Abstract

Writing sentences in Mandarin learning is one of the language skills that is considered difficult for students because students feel confused in writing sentences with Chinese grammar correctly. To master the skills of writing Chinese sentences, it requires practice and practice over and over again. Based on these problems the researchers applied the Circular Card media as an intermediary in the process of delivering effective material, and were expected to increase student morale and students did not feel bored when the learning process of writing Mandarin sentences took place. This study uses Circular Card media in accordance with the aim to determine the process, influence, and response of class X students of SMK Negeri 1 Lamongan on Circular Card media in learning to write Mandarin sentences. This type of research is experimental research with true experimental design. The instruments used were observation, tests, and student questionnaire responses. The sample in this study was class X APH1 SMK Negeri 1 Lamongan as an experimental class and class X APH2 SMK Negeri 1 Lamongan as a control class. The results of the data analysis showed that the observation sheet of the experimental class teacher activity at the first meeting gained 85% and the second meeting obtained results of 87%. And the results of the observation sheet of student activity at the first meeting gained 85% and the second meeting gained 88%. From the analysis of the test data obtained t0 = 7.37 and db = 54 with a table T significance level of 0.05 = 2.05 indicates (7.37> 2.05) so t0 is significant. The results of the student questionnaire analysis showed that the Circular Card media was effective and had a positive impact and was able to be applied for learning to write Mandarin sentences.

Keywords : Cirucular Card, learning media, composing sentences

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-05-05

How to Cite

OKTAVIASARI, H., & SUBANDI. (2020). (ABSTRACT) PENGARUH PENERAPAN MEDIA CIRCULAR CARD DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KALIMAT BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 LAMONGAN. Jurnal Bahasa Mandarin, 4(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/33073

Issue

Section

Articles
Abstract views: 53 , PDF Downloads: 34