Pengaruh Penggunaan Media Gambar Seri Terhadap Kemampuan Menyusun Kalimat Sederhana Bahasa Mandarin Siswa Kelas X TKJ 1 SMK PGRI 13 Surabaya

  • Almas Ghassani Rurky Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya
  • Urip Zaenal Fanani Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak
Pada Pembelajaran bahasa Mandarin kelas X TKJ 1 SMK PGRI 13 Surabaya, ada beberapa siswa
yang mengaku mengalami kesulitan dalam pembelajaran menyusun kalimat sederhana bahasa Mandarin.
Salah satu faktor penyebabnya adalah guru pengampu bahasa Mandarin tidak pernah menggunakan media
pembelajaran khusususnya media gambar seri dalam proses belajar siswa di dalam kelas, sehingga
mengakibatkan siswa menjadi jenuh dan tidak tertarik untuk belajar. Untuk mengatasi kesulitan tersebut,
peneliti menggunakan media gambar seri sebagai salah satu media pembelajaran di kelas yang diharapkan
dapat membantu dan mempermudah siswa dalam pembelajaran menyusun kalimat sederhana bahasa
Mandarin.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media gambar seri
terhadap kemampuan menyusun kalimat sederhana bahasa Mandarin, mendeskripsikan tentang pengaruh
penggunaan media gambar seri terhadap kemampuan menyusun kalimat sederhana bahasa Mandarin serta
mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap penggunaan media gambar seri untuk pembelajaran menyusun
kalimat sederhana bahasa Mandarin.
Hasil penelitian yang pertama bisa dilihat melalui hasil lembar observasi aktivitas guru saat
pertemuan pertama di kelas eksperimen X TKJ 1 menghasilkan persentase sebesar 82,5% dan meningkat
pada pertemuan kedua menjadi 94,3%. Lalu hasil lembar observasi aktivitas siswa di kelas eksperimen X
TKJ 1 saat pertemuan pertama mendapatkan persentase sebesar 75% dan pada pertemuan kedua meningkat
menjadi 95,8%. Kemudian hasil penelitian rumusan masalah yang kedua yaitu hasil pre-test dan post test
yang telah dianalisis. Hasil pre-test dan post test yang telah dianalisis pada kelas eksperimen X TKJ 1
memperoleh t0 = 2,48 dan db = 50 diketahui ts = 0,05 = 1,67 menunjukkan bahwa (2,48>1,67), yang berarti
bahwa ditolak dan diterima. Pada jawaban rumusan masalah ketiga yaitu Hasil angket respon siswa
pada 10 butir angket jika dilihat melalui skala Likert semuanya terlihat berada pada rentang persentase 81%
- 100% termasuk dalam kategori “sangat baik”.


Kata Kunci: Gambar seri, Media pembelajaran, Menyusun kalimat sederhana.

Abstract
In the Mandarin Language Learning class X TKJ 1 SMK PGRI 13 Surabaya, there are students
who claimed to have difficulty in learning to compose simple Chinese sentences. One of the contributing
factors is that the Mandarin language teacher has never used instructional media especially the series
drawing media in the learning process of students in the classroom, resulting in students becoming bored
and not interested in learning. To overcome these difficulties, researchers use series drawing media as one
of the learning media in the classroom which is expected to help and facilitate students in learning to
compose simple Chinese sentences.
The purpose of this study was to describe the use of series drawing media on the ability to compose
Chinese simple sentences, describe the effect of using series draw media on the ability to compose
Chinese simple sentences and describe students' responses to the use of series drawing media for learning
to compile Chinese simple sentences.
The following are the results of data analysis based on the problem formulation in this study. The first
research results can be seen through the observation sheet of teacher activity during the first meeting in
experimental class X TKJ 1 producing a percentage of 82.5% and increasing in the second meeting to
94.3%. Then the results of the observation sheet of student activity in class X TKJ 1 during the first
meeting get a percentage of 75% and in the second meeting increased to 95.8%. Then the results of the
second study are the results of the pre-test and post-test that have been analyzed. The pre-test and post-test
results that have been analyzed in the experimental class X TKJ 1 obtained t0 = 2.48 and db = 50 known ts =
0.05 = 1.67 shows that (2.48> 1.67), which means that is rejected and is accepted. The results of the
questionnaire responses of students on the 10 items of the questionnaire when viewed through a Likert
scale all appear to be in the range of percentages 81% - 100% included in the category of "very good".


Keywords: Drawing series, Learning media, Compose simple sentences.

Published
2020-08-05
How to Cite
Rurky, A., & Fanani, U. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Seri Terhadap Kemampuan Menyusun Kalimat Sederhana Bahasa Mandarin Siswa Kelas X TKJ 1 SMK PGRI 13 Surabaya. Jurnal Bahasa Mandarin, 3(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/35598
Section
Articles
Abstract Views: 76
PDF Downloads: 57