PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PAPAN TALI TERHADAP KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT SEDERHANA BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS X FARMASI 2 SMK KESEHATAN BAKTI INDONESIA MEDIKA JOMBANG TAHUN AJARAN 2019/2020

  • SAVIRA AISHAH RAMADHANI Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya
  • Prof. Dr. Subandi Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Bahasa Mandarin merupakan salah satu dari sekian bahasa yang sulit dipelajari, tata bahasanya sedikit berbeda
dengan Bahasa Indonesia. Oleh karena itu bagi pemula dianggap sulit, seperti halnya pada siswa kelas X Farmasi 2
yang masih kesulitan belajar menyusun kalimat sederhana Bahasa Mandarin. Penelitian ini dilakukan di SMK Bhakti
Indonesia Medika Jombang Tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan,
pengaruh, dan respon penggunaan media papan tali dalam pembelajaran menyusun kalimat sederhana Bahasa Mandarin
pada siswa kelas X Farmasi 2. Jenis Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif yang melibatkan dua kelompok responden yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Farmasi 2 dan X Farmasi 1. Sampel penelitian, yaitu kelas X
Farmasi 2 sebagai kelas eksperimen dan X Farmasi 1 sebagai kelas kontrol. Bentuk desain penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design, yang dimana hal ini untuk
mengetahui bagaimana hasil belajar siswa saat sebelum dan sesudah menggunakan media papan tali.
Untuk menjawab rumusan masalah yang pertama yakni penggunaan media papan tali terhadap kemampuan
menyusun kalimat sederhana Bahasa Mandarin, peneliti menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa.
Diperoleh hasil observasi aktivitas guru pertemuan pertama dan kedua pada kelas kontrol sebesar 85,71% dan 86,9%.
Sedangkan observasi siswa pada pertemuan pertama dan kedua pada kelas kontrol diperoleh presentase sebesar 68,75%
dan 75%. Berdasarkan hasil obervasi guru pada pertemuan pertama dan kedua pada kelas eksperimen diperoleh
presentase sebesar 84,52% dan 82,14%. Sedangkan hasil observasi aktivitas siswa pada kelas eksperimen diperoleh
presentase sebesar 75% dan 83,33%. Hasil observasi aktivitas guru dan siswa pada kedua kelas kontrol dan ekspeimen
di dua pertemuan masuk dalam kategori baik. Untuk menjawab rumusan masalah kedua yakni pengaruh penggunaan
media papan tali terhadap kemampuan menyusun kalimat sederhana Bahasa Mandarin dihitung dengan menggunakan
rumus t-signifikasi. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan t-signifikasi taraf signifikasi 5%, diperoleh t tabel
2,010. Diketahui bahwa t o lebih besar dari t s ( 9,67 ≥ 2,010), maka H o ditolak dan H a diterima. Dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh positif dan perubahan yang signifikan pada nilai posttest kelas eksperimen setelah
diterapkannya media papan tali. Yang terakhir untuk menjawab rumusan masalah ketiga yakni respon siswa terhadap
penggunaan media pembelajaran papan tali terhadap kemampuan menyusun kalimat sederhana Bahasa Mandarin,
peneliti menggunakan angket.
Hasil analisis angket respon siswa dari segi aspek pemahaman materi 3 butir dari 8 butir pernyataan
menunjukkan ketegori "baik" sesuai dengan skala likert 61%-80%. Dari aspek motivasi 2 butir dari 8 butir pernyataan
menunjukkan kategori "baik" sesuai dengan skala likert 61%-80%. Sedangkan dari aspek penggunaan media media
papan tali, 3 butir dari 8 butir pernyataan juga termasuk dalam kategori "baik" sesuai dengan presentase 61-80%.
Disimpulkan bahwa penggunaan media papan tali dalam pembelajaran menyusun kalimat sederhana Bahasa Mandarin
mendapatkan respon yang baik dari siswa.

Abstract

Mandarin language is one of many languages ​​that are difficult to learn, the grammar is a little different from
Indonesian. Therefore for beginners it is considered difficult, as the same a case for students of class X Pharmacy 2 who
are still having trouble learning to write simple sentences in Mandarin. This research was doing at SMK Bhakti
Indonesia Medika Jombang Academic Year 2019/2020. The purpose of this research is to describe the application,
influence and response the use of rope boards media in learning to compose simple Chinese sentences in class X
Pharmacy 2. The type of this research is a experimental research. This research uses a quantitative approach that
involves two groups of respondents namely experimental group and control group. The population in this research were
students of class X Pharmacy 2 and X Pharmacy 1. While the research sample, namely Pharmacy X class 2 as an
experimental class and Pharmacy X 1 as a control class. The form of research design used in this study is to use pretest-
posttest control group design, which is to find out how student learning outcomes before and after using rope board
media.

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PAPAN TALI TERHADAP KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT

SEDERHANA BAHASA MANDARIN

To answer the first problem formulation, namely the use of rope board media to the ability to compose simple
Chinese sentences, the researcher used teacher and student activity observation sheets. The results obtained from the
observation of teacher activity in the first and second meetings in the control class were 85.71% and 86.9%. While
student observations at the first and second meetings in the control class obtained a percentage of 68.75% and 75%.
Based on the results of the teacher's observations at the first and second meetings in the experimental class, the
percentage was 84.52% and 82.14%. While the results of observations of student activity in the experimental class
obtained a percentage of 75% and 83.33%. The results of observations of teacher and student activities in both control
and experimental classes at the two meetings were in the good category. To answer the second problem formulation,
namely the effect of using rope board media on the ability to compose simple Chinese sentences is calculated using the
t-significance formula. Based on the results of calculations using the t-significance level of 5% significance, obtained t
table 2.010. It is known that to is greater than ts (9.67 ≥ 2.010), so Ho is rejected and Ha is accepted. It can be
concluded that there is a positive influence and significant changes in the posttest scores of the experimental class after
the implementation of the rope board media. Finally, to answer the formulation of the third problem, namely the
student's response to the use of rope board learning media for the ability to compose simple Chinese sentences, the
researcher used a questionnaire.
The results of the student response questionnaire analysis in terms of the aspect of understanding the material 3
out of 8 statement items indicated the "good" category according to the Likert scale of 61% -80%. From the motivation
aspect, 2 out of 8 statements indicate the "good" category according to the Likert scale of 61% -80%. Meanwhile, from
the aspect of using rope board media, 3 out of 8 statement items are also in the "good" category in accordance with the
percentage of 61-80%. It was concluded that the use of rope board media in learning to compose simple Chinese
sentences received a good response from students

Author Biography

SAVIRA AISHAH RAMADHANI, Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya

 

 

Published
2020-06-03
How to Cite
RAMADHANI, S., & Subandi, P. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PAPAN TALI TERHADAP KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT SEDERHANA BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS X FARMASI 2 SMK KESEHATAN BAKTI INDONESIA MEDIKA JOMBANG TAHUN AJARAN 2019/2020. Jurnal Bahasa Mandarin, 3(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/37917
Section
Articles
Abstract Views: 106
PDF Downloads: 27