Penggunaan Gaya Bahasa Pada Iklan Produk Kecantikan Berbahasa Mandarin “中国美容产品广 告中语言风格的运用分析

  • Dewi Sukmawati Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya
  • Prof. Dr. Subandi Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

ABSTRAK
Bahasa iklan memiliki karakter tersendiri khususnya, menyangkut penggunaan bahasa
yang memenuhi kriteria tegas dan padat. Sehingga, maksud atau makna bahasa iklan tidak
semua serta merta langsung dapat dipahami oleh penikmat atau pemirsa iklan. Tujuan
penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk gaya bahasa dan fungsinya pada iklan produk
kecantikan berbahasa Mandarin. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif.
Data berupa 13gaya bahasa pada 10 iklan berbahasa Mandarin yang diambil dari
www.adzop.com. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik simak
bebas libat cakap dengan teknik catat. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu, 1)
mengidentifikasi data yang berupa gaya bahasa dan penggunaannya, 2) mengklasifikasi data
berupa gaya bahasa dan penggunaannya, 3) menganalisis makna yang terkandung pada data
yang diperoleh, 4) mendeskripsikan hasil analisis data yang telah diperoleh, 5) menyusun
laporan hasil analisis dalam bentuk artikel ilmiah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari
13 data iklan produk kecantikan berbahasa Mandarin yang di teliti, 2 data mengandung gaya
hiperbola, 3 data mengandung gaya retoris 3 data mengandung gaya pengulangan, 1 data
mengandung gaya personifikasi, 1 data mengandung gaya antiklimaks, 1 data mengandung
gaya perbandingan dan 2 data mengandung gaya metafora. Kesimpulannya dalam iklan produk
kecantikan berbahasa Mandarin dominan menggunakan gaya bahasa retoris dan gaya bahasa
pengulangan.
Kata kunci: gaya bahasa , iklan, penggunaan

ABSTRACT
Advertisment language has its own character in particular, concerning the use of
language that meets strict and solid criteria. Thus, the intent or meaning of the language of the
advertisment is not all immediately understandable to the audience or viewer of the
advertisment. The purpose of this research is to describe the form of language style and its
function in advertising beauty products in Mandarin. This research uses qualitative descriptive
approach. Data in the form of 14 language styles in 10 Chinese advertisment taken from
www.adzop.com. Data collection techniques in this study use free-to-air listening techniques
capable of note-recording techniques. Data analysis techniques in this study namely, 1)
identifying data in the form of language styles and language functions, 2) classifying data in
the form of language styles and language style functions, 3) analyzing the meaning contained
in the data obtained, 4) describing the results of data analysis that has been obtained, 5)
compiling the report of analysis results in the form of scientific articles.The results of this study
showed that from 13 chinese beauty product advertising data that was examined, 2 data
contained hyperbole style, 3 data contained rhetorical style 3 data contained repetition style, 1
data contained style personification, 1 data contained anticlimax style, 1 data contained
comparison style and 2 data contained metaphore style. In conclusion, in advertising chinese
beauty products dominantly use rhetorical language style and repetition language style.
Keywords: language style, advertisement, application

Published
2020-06-03
How to Cite
Sukmawati, D., & Subandi, P. (2020). Penggunaan Gaya Bahasa Pada Iklan Produk Kecantikan Berbahasa Mandarin “中国美容产品广 告中语言风格的运用分析. Jurnal Bahasa Mandarin, 3(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/38421
Section
Articles
Abstract Views: 384
PDF Downloads: 506