KESALAHAN PELAFALAN VOKAL U DAN Ü OLEH MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN ANGKATAN 2020 UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • Eka Fitri Maryanti Pendidikan Bahasa Mandarin, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya
  • Galih Wibisono Pendidikan Bahasa Mandarin, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak
Bahasa Mandarin merupakan bahasa dengan tingkat kesulitan yang cukup tinggi, sehingga dalam kemungkinan
terjadinya kesalahan masih sangat tinggi. Bagi pembelajar baik pemula maupun mahir, kesalahan dalam proses
pembelajaran pelafalan sering dilakukan. Kesalahan yang sering kita jumpai adalah kesalahan pelafalan atau
pengucapan kosa kata ketika sedang membaca atau berbicara Bahasa Mandarin dalam kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan pelafalan dan faktor penyebab terjadinya
kesalahan pelafalan vokal u dan ü oleh Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Mandarin
Angkatan 2020 Universitas Negeri Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan
pendekatan kualitatif, hal tersebut dikarenakan data yang dihasilkan berupa deskripsi menggunakan kalimat.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Teknik tes dengan instrumen data berupa lembar tes
lisan, dan teknik angket berupa lembar kuesioner mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan
ditemukan bahwa kesalahan pelafalan vokal u dan ü yang oleh mahasiswa terjadi pada bentuk kesalahan
penggantian fonem dan kesalahan penambahan fonem. Faktor yang menjadi penyebab terjadinya kesalahan
pelafalan vokal u dan ü yakni pelafalan vokal u dan ü yang sangat rumit, pengaruh dari bahasa ibu pembelajar
yakni bahasa indonesia, kurang dalam pemahaman pelafalan vokal u dan ü, dan serta kesulitan alat ucap terhadap
pelafalan vokal u dan ü.
Kata Kunci : Analisis Kesalahan, Pelafalan, vokal u dan ü.
Abstract
Mandarin is a language with a fairly high level of difficulty, so that in the learning process the possibility of errors
is still quite high. For both beginners and advanced learners, mistakes in the pronounciation learning process
are often made. The mistakes that we often encounter are pronounciation errors or vocabulary pronounciation
when reading or speaking Mandarin in everyday life. The study aims to describe the form of pronounciation errors
and the factors that cause errors in the pronounciation of vowels u and ü by students of the 2020 Mandarin
Language and Literature Education Study Program, State University of Surabaya. This study uses a descriptive
research method with a qualitative approach, this is because the data generated is in the form of a descriptive
using sentences. The data collection technique in this study used a test technique with data instruments in the form
of an oral test sheet, and a questionnaire technique in the form of a student questionnaire sheet. Based on the
results of the research conducted, it was found that the mistakes in pronounciation of vowels u and ü by students
occurred in the form of phoneme replacement errors and phoneme addition errors. Factors that cause errors in
the pronounciation of vowels u and ü are the very complicated pronounciation of vowels u and ü, the influence of
the learner’s mother tongue, namely Indonesian, lack of understanding of the pronounciation of vowels u and ü,
and the difficulty of the pronounciation of the vowels u and ü.
Keywords: Error analysis, pronunciation, vowels u and ü.

Published
2020-06-03
How to Cite
Maryanti, E., & Wibisono, G. (2020). KESALAHAN PELAFALAN VOKAL U DAN Ü OLEH MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN ANGKATAN 2020 UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA. Jurnal Bahasa Mandarin, 3(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/40794
Section
Articles
Abstract Views: 227
PDF Downloads: 755