Kesalahan Penjedaan dalam Membaca Bacaan dalam Buku HSK 4 pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Mandarin Unesa Angkatan 2018

  • Landrey Ade Ayu Arifin Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya
  • Urip Zaenal Fanani Prodi Pendidikan Bahasa Jepang, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

ABSTRAK
Dalam mempelajari bahasa Mandarin, ada empat keterampilan yaitu mendengar/menyimak atau 听
(tīng) , berbicara atau 说 (shuō), kemampuan membaca atau 读 (dú), dan kemampuan menulis atau 写 (xiĕ).
Dalam upaya mengembangkan empat keterampilan berbahasa tersebut, pada prodi Pend. Bahasa Mandarin
Unesa, mata kuliah yang harus ditempuh mahasiswa antara lain adalah menyimak atau 听力 (tīnglì) ,
membaca atau 阅读 (yuèdú), komprehensif atau 综合 (zònghé), berbicara atau 口语 (kǒuyǔ), menulis atau
写作 (xiĕzuò) dan HSK (Hànyǔ shuǐpíng kǎoshì). Di setiap mata kuliah Bahasa Mandarin, kadang kala
mahasiswa menemui kesulitan-kesulitan fonologi, morfologi, sintaksis dan leksikon mengingat kurangnya
pemahaman bahasa Mandarin menjadi bahasa ke dua (B2). Kesalahan tersebut salah satunya adalah
kesalahan penjedaan ketika membaca sebuah teks dalam bahasa Mandarin. Dalam teks jeda ditandai
dengan adanya tanda baca seperti 句号 jùhào (。) 逗号 dòuhào (,) 顿号 dùnhào (、) dan lain
sebagainya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan berjenis deskriptif kualitatif, karena data
yang dihasilkan berupa deskripsi atau penjabaran data menggunakan kalimat. Teknik pengumpulan data
pada penelitian ini menggunakan teknik tes dan teknik angket. Dari hasil penelitian ini adalah (1) bentuk
kesalahan membaca penjedaan teks dalam buku HSK 4 dibagi menjadi 3 kategori kesalahan yaitu (a)
kesalahan penjedaan per kata, (b) penjedaan secara tiba-tiba dan (c) penjedaan yang tidak sesuai dengan
tanda baca; (2) ketidaksesuaian penjedaan yang dilakukan mahasiswa menunjukkan sebanyak 61
mahasiswa kurang memahami frasa dalam bahasa Mandarin sehingga mengakibatkan salah tempat ketika
melakukan penjedaan; (3) faktor penyebab kesalahan penjedaan membaca teks dalam buku HSK 4 dibagi
menjadi 5 kategori kesalahan yaitu (a) lupa atau tidak mengetahui fungsi tanda baca tersebut, (b) faktor
lingkungan, (c) kehabisan nafas ketika membaca, (d) tidak memahami frasa dalam bahasa Mandarin dan
(e) kebiasaan membaca dengan mengabaikan tanda baca.
Kata Kunci : Kesalahan membaca, penjedaan, dan HSK 4
ABSTRACT
Humans in everyday life as living things to fulfill their daily needs using language as a means of
communication. In learning Mandarin, there are four most basic skills that can be learned, namely
listening or 听 (tīng), speaking or 说 (shuō), reading ability or 读 (dú), and writing ability or 写 (xiĕ). In
an effort to develop these four language skills, in the Unesa Mandarin Education study program, the
courses that students must take include listening or 听力 (tīnglì), reading or 阅读 (yuèdú), comprehensive
or 综合 (zònghé), speaking or 口语 (kǒuyǔ), writing or 写作 (xiĕzuò) and HSK ( Hànyǔ shuǐpíng
kǎoshì). In every Mandarin course, students sometimes encounter difficulties when learning them, such as
errors at the phonological, morphological, syntactic and lexicon levels given the lack of understanding of
Mandarin as a second language (B2). One of these mistakes is the error of interrupting or pausing when
reading a reading text in Chinese. In the reading pause text is marked by the presence of punctuation
marks such as 句号 jùhào (。) 逗号 dòuhào (,) 顿号 dùnhào (、) and so on. This study used a
qualitative approach and was a qualitative descriptive type, because the resulting data was a description or
description of the data using sentences. Data collection techniques in this study used test techniques and
questionnaire techniques. From the results of this study, based on the formulation of the problem, the first
form of reading errors in reading text differentiation in the HSK 4 book is divided into 3 error categories,
namely (a) word-punctuation errors, (b) sudden punctuation and (c) unexplained punctuation. according
to punctuation. The two results from the analysis of the location of the discrepancy of the students'
discrepancies showed that 61 students did not understand the phrases in Mandarin, which when reading
resulted in the wrong place when doing pausing The three factors that cause errors in punctuation of
reading texts in the HSK 4 book are divided into 5 error categories, namely (a) forgetting or not knowing
the function of these punctuation marks, (b) environmental factors, (c) running out of breath when
reading, (d) not understanding phrases in Mandarin and (e) the habit of reading without punctuation.

Keywords : Reading errors, punctuation, and HSK 4

Published
2020-06-03
How to Cite
Arifin, L., & Fanani, U. (2020). Kesalahan Penjedaan dalam Membaca Bacaan dalam Buku HSK 4 pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Mandarin Unesa Angkatan 2018. Jurnal Bahasa Mandarin, 3(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/41705
Section
Articles
Abstract Views: 143
PDF Downloads: 151