KESALAHAN PEMAHAMAN ATAS REDUPLIKASI (重叠 chóngdié) DALAM KALIMAT BAHASA MANDARIN PADA MAHASISWA ANGKATAN 2018 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • Parwathi Dewi Abizar Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya
  • Galih Wibisono Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak
Salah satu bentuk kesalahan berbahasa yang seringkali dilakukan adalah kesalahan berbahasa dalam
penggunaan reduplikasi. Kesalahan dalam penggunaan reduplikasi tersebut juga dialami oleh mahasiswa
angkatan 2018 Program Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Surabaya. Penelitian ini
dilakukan untuk mengetahui bentuk-bentuk kesalahan penggunaan reduplikasi apa yang dilakukan oleh
mahasiswa angkatan 2018 Program Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Surabaya serta faktor
apa yang menjadi penyebab terjadinya kesalahan tersebut. Peneliti akan menggunakan metode penelitian
deskriptif kualitatif dengan menggunakan intrumen pengumpulan data berupa soal tes dan lembar angket.
Berdasarkan hasil dari kuisioner yang berupa soal tes dan angket yang dibagikan melalui google form,
dapat diketahui bahwa mahasiswa angkatan 2018 Program Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas
Negeri Surabaya melakukan kesalahan paling banyak pada kategori kesalahan salah formasi yaitu 86,2 %
atau sebanyak 56 mahasiswa. Kesalahan tersebut terjadi dikarenakan oleh beberapa faktor, diantaranya
adalah sulitnya materi mengenai reduplikasi bahasa Mandarin, jarang menggunakan reduplikasi dalam
bahasa Mandarin, serta kurangnya pemahaman akan penggunaan dari setiap bentuk-bentuk reduplikasi
dalam bahasa Mandarin.
Kata Kunci: kesalahan berbahasa, reduplikasi, kalimat Bahasa Mandarin
Abstract
One form of language error that is often made is a language error in the use of reduplication. The error in
using reduplication was also experienced by students of the 2018 batch of the Surabaya State University
Mandarin Language Education Program. This research was conducted to find out what forms of
reduplication errors were made by the 2018 students of the Mandarin Language Education Program at the
State University of Surabaya and what factors caused these errors. Researchers will use descriptive
qualitative research methods using data collection instruments in the form of test questions and
questionnaire sheets. Based on the results of the questionnaire in the form of test questions and
questionnaires distributed via google form, it can be seen that the 2018 students of the Mandarin Language
Education Program at the State University of Surabaya made the most mistakes in the category of
misformation errors, namely 86.2% or 56 students. The error occurred due to several factors, including the
difficulty of material regarding reduplication in Chinese, rarely using reduplication in Chinese, and a lack
of understanding of the use of each form of reduplication in Chinese.
Keywords: language errors, repetition, Chinese sentense

Published
2020-06-03
How to Cite
Abizar, P., & Wibisono, G. (2020). KESALAHAN PEMAHAMAN ATAS REDUPLIKASI (重叠 chóngdié) DALAM KALIMAT BAHASA MANDARIN PADA MAHASISWA ANGKATAN 2018 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA. Jurnal Bahasa Mandarin, 3(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/41712
Section
Articles
Abstract Views: 78
PDF Downloads: 514