Efektivitas Media Shadow Puppet Dalam Pembelajaran Bercerita Bahasa Mandarin Peserta Didik Kelas XI IPA 2 SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo

  • Dimas Kurniasih Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya
  • Dr. Mintowati M.Pd. Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui efektivitas media Shadow Puppet dalam
pembelajaran bercerita bahasa Mandarin. Penelitian ini berjenis kuantitatif. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian Non
Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian dilakukan pada Kelas XI IPA 2 SMA Hang
Tuah 2 Sidoarjo, dengan jumlah populasi 40 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan
dengan cara purposive sampling. Sampel yang terpilih adalah kelas XI IPA 2 yang dibagi
menjadi dua kelompok penelitian, yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen,
masing-masing kelompok terdiri dari 20 peserta didik. Data yang terkumpul kemudian
dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis
data hasil posttest peserta didik menggunakan uji t pada taraf signifikansi 5% dengan n1= 20
dan n2= 20 diperoleh nilai Sig (2-tailed) 0,004 < 0,05. Selain itu, peningkatan skor dan
perbedaan rata-rata pada kelompok eksperimen juga lebih besar daripada kelompok kontrol,
artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian disimpulkan bahwa media bercerita
Shadow Puppet lebih efektif diterapkan dalam pembelajaran bercerita bahasa Mandarin peserta
didik kelas XI IPA 2 SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo.
Kata Kunci: Keefektifan, Media Shadow Puppet, Pembelajaran Bercerita Bahasa Mandarin
ABSTRACT
The purpose of this study was to determine the effectiveness of Shadow Puppet media
in learning Mandarin storytelling. This research is a quantitative type. The method used in
this research is Pre-Experimental Design with One Group Pretest-Posttest Experimental
Design. The subjects in this study were class XI IPA 2 with a total of 40 students, overall, these
students were used as an experimental group that was given treatment. While the research
location used in SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo. The collected data were then analyzed using
descriptive statistics and inference statistics. The result of the student’s pretest-posttest data
analysis used the paired sample at a significance level 5% with n=40 obtained a sig value (2-
tailed) 0,012 < 0,05. Additionally, the mean difference in the pretest-posttest result of
experimental group also increased, that is H0 is rejected Ha is accepted. Which mean that the
effectiveness of Shadow Puppet media affects for learning Chinese storytelling of class XI IPA
2 SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo.
Key words: Effectiveness, Media Shadow Puppet, Chinese Storytelling

Published
2020-06-03
How to Cite
Kurniasih, D., & M.Pd., D. (2020). Efektivitas Media Shadow Puppet Dalam Pembelajaran Bercerita Bahasa Mandarin Peserta Didik Kelas XI IPA 2 SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo. Jurnal Bahasa Mandarin, 3(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/41764
Section
Articles
Abstract Views: 53
PDF Downloads: 855