KESALAHAN PELAFALAN KONSONAN DAN VOKAL BAHASA MANDARIN DALAM VIDEO CHI OLALA

  • Ester Setiawati Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin, Fakultas Bahasa dan Seni, Unesa
  • Mifachul Amri Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin, Fakultas Bahasa dan Seni, Unesa

Abstract

Abstrak

Belajar bahasa asing terutama bahasa Mandarin tentu akan mempunyai kesulitan tersendiri, inilah
sebabnya yang menjadikan setiap pembelajar melakukan kesalahan-kesalahan saat mempelajari bahasa
Mandarin. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan sebuah pendekatan
deskriptif. Sumber data menggunakan video yang terdapat dari channel youtube Chi Olala. Teknik
pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik simak, teknik catat dan wawancara. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kesalahan pelafalan konsonan dan vokal bahasa Mandarin
yang terdapat dalam video channel youtube Chi Olala dan faktor-faktor kesalahan yang menjadi penyebab
kesalahan berbahasa dalam video Chi Olala. Dilihat dari hasil penelitian video channel youtube Chi Olala
dapat diketahui responden melakukan kesalahan berbahasa kategori linguistik. Berdasarkan hasil penelitian
ditemukan sembilan kesalahan pengucapan bunyi konsonan pada bahasa Mandarin. Kesalahan pelafalan
bunyi konsonan tersebut yaitu [b], [p], [d], [t], [g], [k], [q], [z], [ch]. Pada bunyi vokal bahasa Mandarin
ditemukan kesalahan oleh responden yaitu [a],[u],[ian] sebanyak lima kesalahan. Kesalahan berbahasa
pelafalan pada konsonan terbanyak terdapat pada [b], [d], [t], [g]. Kemudian kesalahan pelafalan konsonan
paling sedikit yaitu pada [p], [k], [q], [ch], [z]. Kesalahan berbahasa vokal terbanyak yaitu [u] sedangkan
kesalahan pelafalan vokal paling sedikit yaitu [a] dan [ian]. Total keseluruhan kesalahan pelafalan pada
video Chi Olala sebanyak dua puluh sembilan kesalahan dalam tujuh video. Mengapa responden
melakukan kesalahan karena ada beberapa faktor yang menjadi penyebab terjadinya kesalahan adalah
karena faktor lingkungan yaitu berkaitan dengan bahasa ibu yaitu terpengaruh oleh bahasa Jawa dan bahasa
Indonesia yang merupakan bahasa responden dan juga berkaitan dengan sarana dan prasarana belajar
responden. Faktor psikologis yaitu berkaitan dengan konsentrasi, responden merasa kesulitan dalam setiap
pelafalan bahasa Mandarin karena pelafalan bahasa Mandarin berbeda dengan pelafalan bahasa Indonesia.
Kata Kunci: kesalahan berbahasa, pelafalan, video , chi olala
Abstract

Learning a foreign language, especially Mandarin, will certainly have its own difficulties, this is why every
learner makes mistakes when learning Mandarin. This research is a qualitative research using a
descriptive approach. The data source uses videos from Chi Olala's youtube channel. Data collection
techniques used observation techniques, listening techniques, note-taking techniques and interviews. This
study aims to describe how the Chinese consonant and vowel pronunciation errors are found in Chi
Olala's youtube video channel and the error factors that cause language errors in Chi Olala's video.
Judging from the results of the research on Chi Olala's YouTube video channel, it can be seen that
respondents made language errors in the linguistic category. Based on the results of the study, nine
consonant pronunciation errors were found in Mandarin. The pronunciation errors of the consonants are
[b], [p], [d], [t], [g], [k], [q], [z], [ch]. Respondents found errors in the Chinese vowel sounds, namely
[a],[u],[ian] as many as five errors. The most common pronunciation errors in consonants are [b], [d],
[t], [g]. Then the fewest consonant pronunciation errors are in [p], [k], [q], [ch], [z]. The most vowel
errors were [u] while the least vowel pronunciation errors were [a] and [ian]. The total number of
pronunciation errors in Chi Olala's video is twenty-nine errors in seven videos. Why respondents make
mistakes because there are several factors that cause errors are due to environmental factors, namely
related to the mother tongue, which is influenced by Javanese and Indonesian which are the respondent's
language and also relates to the respondents' learning facilities and infrastructure. Psychological factors,
which are related to concentration, respondents find it difficult to pronounce Mandarin because Chinese
pronunciation is different from Indonesian pronunciation.
Keywords: language errors, pronunciation, video, chi olala.

Author Biography

Ester Setiawati, Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin, Fakultas Bahasa dan Seni, Unesa

 

 

Published
2020-06-03
How to Cite
Setiawati, E., & Amri, M. (2020). KESALAHAN PELAFALAN KONSONAN DAN VOKAL BAHASA MANDARIN DALAM VIDEO CHI OLALA. Jurnal Bahasa Mandarin, 3(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/44842
Section
Articles
Abstract Views: 144
PDF Downloads: 328