Bunuh Diri Tokoh 易遥 Yi Yao sebagai Dampak Tekanan Batin dalam Film Cry Me a Sad River 《 悲伤逆流 成河》

  • Larasati Nimasayu Juanita Pendidikan Bahasa Mandarin Unesa
  • Anas Ahmadi Pendidikan Bahasa Mandarin Unesa

Abstract

ABSTRAK

Bunuh diri merupakan tindakan yang menyebab kematian dan dilakukan oleh diri sendiri. Fenomena bunuh diri banyak terjadi di lingkungan masyarakat dan dapat dilakukan oleh kalangan remaja maupun kalangan dewasa dengan sebab dan alasan tertentu sebagai pendorongnya. Hal tersebut yang membuat fenomena bunuh diri menarik untuk dikaji. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penyebab terjadinya fenomena bunuh diri yang dikaji dari sudut pandang kejiwaan atau psikologi. Pembahasan pada penelitian ini difokuskan pada bagaimana tekanan batin dapat mempengaruhi keinginan tokoh untuk melakukan bunuh diri dan bagaimana representasi fenomena bunuh diri yang dilakukan tokoh pada film ‘Cry Me a Sad River’ 《悲伤逆流成河》 karya sutradara Luo Luo yang dirilis pada tahun 2018. Dalam penelitian ini teori yang dikaji berdasarkan teori Emily Durkheim yang berkaitan dengan suicide atau bunuh diri. Metode yang digukana pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam pengambilan data, penelitian ini menggunakan teknik simak bebas lihat cakap dan teknik mencatat. Simpulan dari data– data yang dihasilkan pada penelitian ini adalah 1) Gejala – gejala tekanan batin yang dialami oleh tokoh Yi Yao (易遥 ), 2) fenomena bullying sebagai penyebab tekanan batin tokoh utama Yi Yao (易遥) dalam film ‘Cry Me a Sad River’ 《悲伤逆流成河》 , 3) keputus asaan dan penggambaran bagaimana fenomena bunuh diri yang dilakukan oleh tokoh Yi Yao (易遥).

Kata Kunci : Bunuh diri, Tekanan batin, Bullying, Psikologi Sastra.

ABSTRACT

Suicide is an act that causes death and is carried out by oneself. The phenomenon of suicide often occurs in the community and can be carried out by teenagers and adults with certain causes and reasons as the driving force. This makes the phenomenon of suicide interesting to study. This study aims to describe the causes of the phenomenon of suicide which is studied from a psychological or psychological point of view. The discussion in this study focuses on how mental stress can affect the character's desire to commit suicide and how the representation of the phenomenon of suicide by the character in the film 'Cry Me a Sad River' directed by Luo Luo released in 2018. In this study, the theory studied is based on Emily Durkheim's theory related to suicide. The method used in this research is a qualitative method with a descriptive approach. In collecting data, this study used free listening and speaking techniques and note-taking techniques. The conclusions from the data generated in this study are 1) Symptoms of mental stress experienced by the character Yi Yao (易遥), 2) the phenomenon of bullying as a cause of mental stress for the main character Yi Yao (易 遥) in the film 'Cry Me a Sad River' 3) despair and depiction of how the phenomenon of suicide committed by the character Yi Yao (易遥).

Keywords: Suicide, Inner pressure, Bullying, literature psychology

Published
2020-06-03
How to Cite
Juanita, L., & Ahmadi, A. (2020). Bunuh Diri Tokoh 易遥 Yi Yao sebagai Dampak Tekanan Batin dalam Film Cry Me a Sad River 《 悲伤逆流 成河》. Jurnal Bahasa Mandarin, 3(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/46261
Section
Articles
Abstract Views: 291
PDF Downloads: 167