PENGARUH PERMAINAN AQUARIUM KATA DALAM PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN KELAS X SMA DHARMA WANITA SURABAYA

  • Ananda Tiara Putri Sandy Pendidikan Bahasa Mandarin Unesa
  • Urip Zaenal Fanani Pendidikan Bahasa Mandarin Unesa

Abstract

Abstrak

Peneliti memilih SMA Dharma Wanita Surabaya karena pembelajaran Bahasa Mandarin sebagai mata pelajaran wajib sedangkan siswa kurang menyukai pembelajaran Bahasa Mandarin, kurangnya motivasi belajar siswa membuat peneliti ingin menerapkan media pembelajaran berupa permainan yang dapat menunjang pembelajaran Bahasa Mandarin. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses penggunaan permainan Aquarium Kata dalam penguasaan kosakata Bahasa Mandarin, mendeskripsikan pengaruh penggunaan permainan Aquarium Kata dalam penguasaan kosakata Bahasa Mandarin, serta mendeskripsikan respon siswa terhadap penggunaan permainan Aquarium Kata dalam penguasaan kosakata Bahasa Mandarin. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian eksperimen berjenis One group pretest posttest design dengan pendekatan kuantitatif bentuk pre-experimental design. Hasil penelitian rumusan masalah pertama dapat diketahui dengan hasil lembar kegiatan guru di kelas eksperimen pada pertemuan pertama mendapat persentase 93,4%, pertemuan kedua mendapat persentase 100%. Hasil lembar kegiatan siswa pada kelas eksperimen pertemuan pertama dan kedua, keduanya memperoleh persentase yang sama yaitu 95%. Hasil penelitian kedua yaitu hasil pretest dan posttest pada kelas eksperimen memperoleh perhitungan menggunakan t-test, diperoleh hasil nilai 𝑑0 = 3,80 dan 𝑑𝑏 = 24, diketahui bahwa 𝑑𝑠 0,05 = 1,70 dari 𝑑𝑏 = 25. Hasil ini menunjukkan 𝑑0 lebih besar dari 𝑑𝑠 (3,80 > 1,70), maka 𝐻0 ditolak, sedangkan 𝐻1 diterima. Hasil penelitian ketiga yaitu analisis angket respon siswa kelas eksperimen pada 10 butir pernyataan pada angket, jika diukur berdasarkan skala Likert mendapatkan hasil sangat baik pada presentase 81-100%. Dapat disimpulkan, pengunaan permainan Aquarium Kata dalam penguasaan kosakata Bahasa Mandarin Kelas X SMA Dharma Wanita Surabaya berpengaruh positif dan mendapatkan respon sangat baik dari siswa.

Kata Kunci :Pengaruh, Permainan Aquarium Kata, kosakata

Abstract

Researchers chose SMA Dharma Wanita Surabaya because learning Mandarin is a compulsory subject while students don't like learning Mandarin, the lack of student motivation makes researchers want to apply learning media in the form of games that can support learning Mandarin. The purpose of this study is to describe the process of using the word Aquarium game in mastering Chinese vocabulary, to describe the effect of using the word Aquarium game in mastering Chinese vocabulary, and to describe students' responses to the use of the word Aquarium game in mastering Chinese vocabulary. The research method used by the researcher is experimental research with the type of One group pretest posttest design with a quantitative approach in the form of pre-experimental design. The results of the first problem formulation research can be seen by the results of the teacher activity sheets in the experimental class at the first meeting getting a percentage of 93.4%, the second meeting getting a percentage of 100%. The results of the student activity sheets in the first and second meeting experimental classes, both obtained the same percentage, namely 95%. The results of the second study, namely the results of the pretest and posttest in the experimental class obtained calculations using t-test, obtained the results of the values of 𝑑0 = 3,80 and 𝑑𝑏 = 24, it is known that 𝑑𝑠 0,05 = 1,70 from 𝑑𝑏 = 25. These results show 𝑑0 greater than 𝑑𝑠 (3,80 > 1,70), then 𝐻0 is rejected, while 𝐻1 is accepted. The result of the third research is the questionnaire analysis of the experimental class student responses to 10 statements in the questionnaire, if measured on a Likert scale, the results are very good at a percentage of 81-100%. It can be concluded that the use of the word Aquarium game in Chinese vocabulary mastery for Class X SMA Dharma Wanita Surabaya has a positive effect and gets a very good response from students.
Keywords : Influence, Word’s Aquarium, Vocabulary

Published
2020-06-03
How to Cite
Sandy, A., & Fanani, U. (2020). PENGARUH PERMAINAN AQUARIUM KATA DALAM PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN KELAS X SMA DHARMA WANITA SURABAYA. Jurnal Bahasa Mandarin, 3(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/47149
Section
Articles
Abstract Views: 42
PDF Downloads: 23