KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL DALAM PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN KELAS X SMAN 1 DRIYOREJO

  • Sarah Syafa’atus Susanti Pendidikan Bahasa Mandarin Unesa
  • Mamik Tri Wedawati Pendidikan Bahasa Mandarin Unesa

Abstract

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang keefektifan sebuah media pembelajaran Wordwall dalam penguasaan kosakata Bahasa. Objek penelitian ini adalah siswa Bahasa kelas X SMAN 1 DRIYOREJO sebanyak 36 siswa. Rumusan masalah yang terdapat pada penelitian ini. 1) Bagaimana proses keefektifan media pembelajaran word wall dalam pembelajaran penguasaan kosakata bahasa Mandarin siswa kelas X bahasa SMAN 1 Driyorejo ? 2) Bagaimana pengaruh dari keefektifan media pembelajaran word wall dalam pembelajaran penguasaan kosakata bahasa Mandarin siswa kelas X bahasa SMAN 1 Driyorejo? 3) Bagaimana respon siswa terhadap media pembelajaran word wall dalam pembelajaran penguasaan kosakata bahasa Mandarin siswa kelas X bahasa SMAN 1 Driyorejo? dari paparan rumusan masalah tersebut, berikut merupakan Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang 1) Mendeskripsikan mengenai proses keefektifitas media pembelajaran word wall dalam pembelajaran penguasaan kosakata bahasa Mandarin siswa kelas X bahasa SMAN 1 Driyorejo. 2) Mendeskripsikan pengaruh dari keefektifan media pembelajaran word wall dalam pembelajaran penguasaan kosakata Bahasa Mandarin siswa kelas X bahasa SMAN 1 Driyorejo. 3) mendeskripsikan mengenai respon siswa terhadap media pembelajaran word wall dalam pembelajaran penguasaan kosakata bahasa Mandarin siswa kelas X bahasa SMAN 1 Driyorejo. Rancangan atau model penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan true experimental design. Hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa Peningkatan siswa dapat di lihat dari pertemuan pertama pemahaman siswa yang awalnya hanya 72,5% sampai pada pertemuan kedua dengan alat bantu media word wall peningkatan pemahaman kosakata Bahasa Mandarin siswa mencapai 90,4%. Hasil persentase ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran word wall lebih efektif dan dapat meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Mandarin pada siswa Bahasa kelas X SMAN 1 DRIYOREJO.
Kata Kunci: Kosakata, Word wall, Keefektifan.

Abstract

This study discusses the effectiveness of a Wordwall learning media in mastering language vocabulary. The object of this research is the language students of class X SMAN 1 DRIYOREJO as many as 36 students. The formulation of the problem contained in this study. 1) How is the effectiveness of word wall learning media in learning Mandarin vocabulary mastery for class X students of SMAN 1 Driyorejo? 2) How is the effect of the effectiveness of word wall learning media in learning Mandarin vocabulary mastery for class X students of SMAN 1 Driyorejo? 3) How are students' responses to word wall learning media in learning Mandarin vocabulary mastery for class X students of SMAN 1 Driyorejo? From the explanation of the formulation of the problem, the following is the purpose of this study to describe: 1) To describe the process of the effectiveness of the word wall learning media in learning Mandarin vocabulary mastery for class X students of SMAN 1 Driyorejo. 2) Describe the effect of the effectiveness of the word wall learning media in learning Chinese vocabulary mastery for class X students of SMAN 1 Driyorejo. 3) describe the student's response to the word wall learning media in learning Chinese vocabulary mastery for class X students of SMAN 1 Driyorejo. This research design or model uses quantitative descriptive research. The data collection technique used is using a true experimental design. The results of the study can be concluded that the improvement of students can be seen from the first meeting of student understanding which was initially only 72.5% until the second meeting with word wall media tools, the increase in students' understanding of Chinese vocabulary reached 90.4%. The results of this percentage indicate that the use of word wall learning media is more effective and can improve the mastery of Chinese vocabulary in class X SMAN 1 DRIYOREJO language students.
Keywords: Vocabulary, Word wall, Effectiveness.

Published
2020-06-03
How to Cite
Susanti, S., & Wedawati, M. (2020). KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL DALAM PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN KELAS X SMAN 1 DRIYOREJO. Jurnal Bahasa Mandarin, 3(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/47496
Section
Articles
Abstract Views: 98
PDF Downloads: 205