Tokoh Utama Film《谁的青春不迷茫》Yesterday Once More Karya Liú Tóng《刘同》Kajian Psikoanalisis Jacques Lacan

  • Binti Mualifah Pendidikan Bahasa Mandarin Unesa
  • Anas Ahmadi Pendidikan Bahasa Mandarin Unesa

Abstract

Abstrak

Penelitian berjudul “Tokoh Utama Film《谁的青春不迷茫》Yesterday Once More Karya Liú Tóng《刘同》 Kajian Psikoanalisis Jacques Lacan” ini menggunakan objek karya sastra (film) berjudul 《谁的青春不迷茫》 disutradarai oleh Yao yang adaptasi dari novel karya liú tóng (刘同) dengan judul《好学生》Good Student. Tujuan dari penelitian adalah untuk memahami tokoh utama Lin Tian Jiao dan Gao Xiang dengan menggunakan kajian psikoanalisis Jacques Lacan khususnya mengenai hasrat aktif dan hasrat pasif yang terjadi pada tiga fase personhood : yang real, imaginer/cermin, dan symbolic. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu dengan mendeskripsikan dan menganalisis aspek psikologi tokoh utama menggunakan teori psikoanalisis Jacques Lacan, yaitu hasrat aktif dimana individu memiliki keinginan tanpa dipengaruhi liyan, dan hasrat pasif dimana individu hidup didalam hasrat liyan, kedua hasrat ini saling tumpang tindih dan mempengaruhi perkembangan tiga ranah : yang real, yang imaginer, dan yang simbolik. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa terjadi perubahan hasrat yang dialami tokoh utama Lin Tian Jiao dari hasrat pasif (anaklitik pasif) menjadi hasrat aktif (anaklitik aktif) yang secara tidak langsung merubah fase personhood Lin Tian Jiao, dari fase yang real menjadi fase cermin, serta ditemukan hasrat aktif yang dialami oleh tokoh utama pria Gao Xiang dan perkembangan personhood dari fase cermin menjadi fase simbolik.

Kata Kunci: film, psikoanaisis, hasrat.

Abstract

The research entitled "The Main Figure of the Film 《谁 谁 的 青春 不 迷茫》 Yesterday Once More by Liú Tóng《刘 同》 Jacques Lacan's Psychoanalytical Study" uses the object of literature (film) titled 《谁 的 青春 不 迷茫》 directed by Yao which is adapted from a novel by Liú Tóng (刘 同) titled 《好 学生》 Good Student. The aim of this research was to understand the main figures of Lin Tian Jiao and Gao Xiang using the psychoanalytical studies of Jacques Lacan, especially about the active desires and passive desires that occurs in three-phase personhood: The real, imaginary / mirror, and the symbolic. This research uses descriptive qualitative method, namely by describing and analyzing the psychological aspects of the main figures using Jacques Lacan's psychoanalytic theory, an active desire in which individuals have desires without being influenced by others, and passive desire where individuals live within the desires of others, these two desires overlap and influence the development of three domains: the real, the imaginary, and the symbolic. The results of this study were found that a change of desire experienced by the main figure Lin Tian Jiao from passive desire (passive analytics) to active desire (active analytics) has indirectly changed the phase of Lin Tian Jiao's personhood, from the real phase to the mirror phase, as well as active desire experienced by the main male figure Gao Xiang and the development of thepersonhood from the mirror phase into the symbolic phase.

Keywords : film, psychoanalysis, desire.

Published
2020-06-03
How to Cite
Mualifah, B., & Ahmadi, A. (2020). Tokoh Utama Film《谁的青春不迷茫》Yesterday Once More Karya Liú Tóng《刘同》Kajian Psikoanalisis Jacques Lacan. Jurnal Bahasa Mandarin, 3(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/48104
Section
Articles
Abstract Views: 88
PDF Downloads: 93