Pengembangan Media Pembelajaran Find My Body untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Hanzi Siswa Kelas X SMA Dharma Wanita Surabaya

  • Byanca Pratama Agna Putri Universitas Negeri Surabaya
  • Mintowati Mintowati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak Dalam mempelajari bahasa Mandarin kerap kali seseorang mengalami kesulitan pada salah satu dari empat keterampilan berbahasa yaitu keterampilan menulis. Seperti masalah yang ada pada siswa kelas X SMA Dharma Wanita Surabaya dalam pencapaian tujuan pembelajaran menulis hanzi dengan urutan guratan yang sesuai akibat kurangnya penggunaan media penunjang pembelajaran. Masalah tersebut menjadi acuan untuk peneliti mengembangkan media penunjang pada pembelajaran yaitu media permainan Find My Body. Model pengembangan media 4-D Thiagarajan dengan empat tahap pengembangan antara lain define atau pendefinisian, design atau perancangan, develop atau pengembangan, dan disseminate atau penyebaran digunakan pada penelitian ini dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif pada dua kali pertemuan. Tahap disseminate atau penyebaran tidak dilakukan akibat ruang lingkup dan waktu yang terbatas. Media permainan Find My Body dinilai layak oleh validator ahli bahasa Mandarin Unesa pada lembar validasi materi dan media dengan angka persentase sama yaitu 80%. Dampak dari media permainan Find My Body pada pembelajaran bahasa Mandarin keterampilan menulis hanzi terbukti efektif digunakan oleh siswa berdasarkan pada hasil uji kompetensi pre-test dan post-test yang dilakukan uji t-signifikasi dan mendapat hasil 𝑡0 lebih besar dari 𝑡𝑠 (14,9 > 1,729). Reaksi siswa dilihat pada hasil angket respon siswa dengan angka persentase 81%-100% pada tiap butirnya menghasilkan media permainan Find My Body layak menjadi penunjang pembelajaran serta pada lembar observasi guru dan siswa dengan hasil sangat aktif pada perolehan pertemuan pertama angka persentase 96,3% dan pertemuan kedua 100%, terbukti pembelajaran dengan media permainan Find My Body membuat suasana pembelajaran menjadi lebih aktif serta minat siswa belajar bahasa Mandarin meningkat. Kata Kunci : Keterampilan menulis, Hanzi, Media Pembelajaran Find My Body, Guratan Abstract In learning Mandarin, a person often has difficulty in one of the four skills, namely writing skills. Such as the problem that exists in class X SMA Dharma Wanita Surabaya in achieving the learning objectives of writing Chinese with the appropriate stroke order due to the lack of use of learning support media. This problem becomes a reference for researchers to develop supporting media for learning, namely the Find My Body game media. Thiagarajan's 4-D media development model with four stages of development including define, design, develop, and disseminate was used in this study with a quantitative and qualitative approach in two meetings. The disseminate stage was not carried out due to the limited scope and time. The Find My Body game media was considered appropriate by the Unesa Mandarin language expert validator on the material and media validation sheet with the same percentage rate of 80%. The impact of the Find My Body game media on learning Mandarin Chinese writing skills is proven to be effectively used by students based on the results of the pre-test and post-test competencies which were carried out by the t-significance test and got the result t_0 greater than t_s (14.9 > 1.729). Student reactions seen in the results of student response questionnaires with a percentage Pengembangan Media Pembelajaran Find My Body untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Hanzi Siswa Kelas X SMA Dharma Wanita Surabaya rate of 81% -100% for each item resulted in the Find My Body game media being suitable as a learning support as well as on teacher and student observation sheets with very active results in the acquisition of the first meeting the percentage rate was 96.3%. and the second meeting was 100%, it was proven that learning with the Find My Body game media made the learning atmosphere more active and students' interest in learning Mandarin increased. Keywords : Writing Skills, Hanzi, Find My Body Learning Media, Stroke
Published
2022-07-25
How to Cite
Putri, B., & Mintowati, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Find My Body untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Hanzi Siswa Kelas X SMA Dharma Wanita Surabaya. Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin UNESA, 4(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/50792
Section
Articles
Abstract Views: 90
PDF Downloads: 79