PENGARUH PEMBERIAN MOTIVASI MODEL ARCS (ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION) TERHADAP PENGUASAAN SHĒNG DIÀO PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA DHARMA WANITA SURABAYA

  • Vina Magda Sofa Universitas Negeri Surabaya
  • Mintowati Mintowati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak Bahasa Mandarin memiliki nada atau shēng diào. Penguasaan shēng diào merupakan hal yang sangat penting. Banyak siswa merasa kesulitan dalam belajar bahasa Mandarin, khususnya dalam menguasai nada. Hal tersebut jugaterjadipadasiswakelasXIIPASMADharmaWanitaSurabaya,halinidikarenakan shēngdiàotidaktertulis pada aksara hanzi, melainkan hanya ada di atas pinyin. Bedasarkan permasalahan tersebut, maka pemberian motivasi model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, dan Satisfaction) digunakan untuk meningkatkan penguasaan shēng diào. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian motivasi model ARCS terhadap penguasaan shēng diào dan respon peserta didik terhadap pemberian motivasi model ARCS. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan termasuk pada penelitian Pre-Eksperimental desaign karena rancangan penelitian yang tidak memiliki kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa pre-test post-tes dan angket respon siswa dengan sampel siswa kelas XI IPA SMA Dharma Wanita Surabaya. Data dianalsis dengan uji t-signifikansi, sedangkan angket respon siswa menggunakan teknik persentase dengan kategori skala Likert. Dari hasil analisis penelitian diperoleh 8,84 > 2,75, dapat diketahui nilai t-signifikansi hitung adalah 8,84 sedangkan nilai t-signifikansi tabel adalah 2,75. Setelah dihitung nilai mean dari pre-test adalah 81,03 sedangkan post-test adalah 91,93. Selisih keduanya adalah 10,9. Kemudian hasil angket respon siswa menunjukan kriteria yang sangat kuat (81% - 100% ). Bedasarkan pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa pemberian motivasi model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, dan Satisfaction) berpengaruh terhadap peningkatkan penguasaan shēng diào dan mendapat respon positif dari peserta didik kelas XI IPA SMA Dharma Wanita Surabaya. Kata Kunci : pengaruh, motivasi model ARCS, penguasaan shēng diào. Abstract Mandarin has a tone or shēng diào. Mastery of shēng diào is very important. Many students find it difficult to learn Mandarin, especially in mastering the tones. This also happened to students of class XI IPA SMA Dharma Wanita Surabaya, this is because shēng diào is not written in Chinese script, but only on pinyin. Based on these problems, the motivation of the ARCS model (Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction) is used to improve shēng diào mastery. The purpose of this study was to determine the effect of giving motivation to the ARCS model on mastery of shēng diào and students' responses to giving motivation to the ARCS model. The method used is descriptive quantitative and included in the pre-experimental research design because the research design does not have a control class. Data collection techniques were in the form of pre-test post-test and student response questionnaires with a sample of class XI IPA SMA Dharma Wanita Surabaya. The data were analyzed using the t-significance test, while the student response questionnaire used the percentage technique with the Likert scale category. From the results of the research analysis obtained 8.84 > 2.75, it can be seen that the calculated t- significance value is 8.84 while the table t-significance value is 2.75. After calculating the mean value of the pre- test is 81.03 while the post-test is 91.93. The difference between the two is 10.9. Then the results of the student response questionnaire showed very strong criteria (81% - 100%). Based on this statement, it can be concluded that the motivational provision of the ARCS model (Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction) has an effect on increasing shēng diào mastery and gets a positive response from students in class XI IPA SMA Dharma Wanita Surabaya. Keywords: influence, motivation of the ARCS model, mastery of shēng diào.
Published
2022-07-25
How to Cite
Sofa, V., & Mintowati, M. (2022). PENGARUH PEMBERIAN MOTIVASI MODEL ARCS (ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION) TERHADAP PENGUASAAN SHĒNG DIÀO PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA DHARMA WANITA SURABAYA. Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin UNESA, 4(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/50811
Section
Articles
Abstract Views: 54
PDF Downloads: 59