PENGARUH MEDIA QUIZ WORDWALL TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS XI IPS SMA KHADIJAH SURABAYA 2022/2023

  • Muhammad Efendi Universitas Negeri Surabaya
  • Miftachul Amri Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak Mempelajari suatu bahasa asing terdapat hal penting yang harus dipelajari oleh seorang yaitu dalam penguasaan kosakata, dikarenakan kosakata tersebut merupakan unsur penyusunnya suatu kata yang menjadi unsur terpenting untuk pembentukan bahasa karena termasuk suatu komponen dalam pembentukan kalimat dan bahasa yang baik, penguasan kosakata bahasa Mandarin siswa kelas XI IPS SMA Khadijah Surabaya masih kurang. Hal tersebut mendasari penliti melaksanakan penelitian yang berjudul “ Pengaruh Media Quiz WordWall Terhadap Penguasaan Kosakata bahasa Mandarin pada siswa kelas XI IPS SMA Khadaijah Surabaya”. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan proses penggunaan media Quiz WordWall terhadap penguasaan kosakata bahasa Mandarin pada siswa kelas XI IPS SMA Khadijah Surabaya, 2) Mendeskripsikan pengaruh penggunaan media Quiz WordWall terhadap penguasaan kosakata bahasa Mandarin pada siswa kelas XI IPS SMA Khadijah Surabaya, 3) Mendeskripsikan respon siswa terhadap penggunaan media Quiz WordWall terhadap penguasaan kosakata bahasa Mandarin pada siswa kelas XI IPS SMA Khadijah Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan teknik kuantitatif yang merupakan True Experiment Design (real eksperimen). Model pada penelitian ini adalah Pretest Posttest Control Group Design . Hasil terkait observasi guru dipergunakan mengetahui selama aktivitas melaksakan proses pembelajaran bahasa Mandarin dengan media Quiz WordWall. Pada hasil observasi guru kelas Eksperimen diperoleh persentase 92% dan hasil akitivitas siswa dengan persentase 89%. Hal tersebut menunjukkan media Quiz WordWall memiliki dampak yang sangat baik selama proses pembelajaran berlangsung. Dari hasil analisis perhitungan SPSS soal Pretest dan Posttest, diketahui nilai rata-rata pada siswa soal pretest 44.2500 sedangkan nilai rata-rata pada siswa soal posttest 84.6429. Berdasarakan hasil perhitungan SPSS uji t mendapatkan hasil 43.947 serta diketuahui nilai signifikansi sebesar 0,00 yang berarti kurang dari 0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil Pretest dan Posttest pada pembelajaran pengusaan kosakata bahasa Mandarin terdapat pengaruh yang signifikan. Hasil dari analisis angket yang terdiri dari 10 butir pertanyaan diperoleh tangapan siswa yang sangat baik. Dari hasil keseluruhan pada persentase disetiap butir pertanyaan berada direntang nilai 81% - 100% dapat disimpulkan dari hasil persentase tersebut termasuk dalam kategori “sangat baik” dan adanya pengaruh bagi siswa SMA Khadijah Surabaya terutama pada kelas XI IPS. Kata Kunci: Quiz WordWall, Kosakata, Pengaruh. Abstract Learning a foreign language there are important things that must be learned by a person, namely in vocabulary mastery, because vocabulary is a constituent element of a word which is the most important element for language formation because it includes a component in the formation of sentences and good language, mastery of Mandarin vocabulary for class students XI IPS SMA Khadijah Surabaya is still lacking. This underlies the researchers conducting research entitled "The Effect of Media Quiz WordWall on Chinese Vocabulary Mastery in Class XI IPS SMA Khadaijah Surabaya". The aims of this study were 1) to describe the process of using Quiz WordWall media on Chinese vocabulary mastery in class XI IPS students at SMA Khadijah Surabaya, 2) to describe the effect of using Quiz WordWall media on mastery of Chinese vocabulary in class XI IPS SMA Khadijah Surabaya, 3) Describe students' responses to the use of Quiz WordWall media for mastery of Chinese vocabulary in class XI IPS students at SMA Khadijah Surabaya. This research is an experimental research with quantitative techniques which is True Experiment Design (real experiment). The model in this study is the Pretest Posttest Control Group Design. Results related to teacher observation are used to find out during activities carrying out the Mandarin learning process with Quiz WordWall media. In the experimental class teacher observation results obtained a percentage of 92% and student activity results with a percentage of 89%. This shows that the Quiz WordWall media has a very good impact during the learning process. From the results of the analysis of SPSS calculations for the Pretest and Posttest questions, it is known that the average score for students' pretest questions is 44.2500 while the average score for students' posttest questions is 84.6429. Based on the results of the SPSS t-test calculation, the result is 43,947 and it is known that a significance value is 0.00, which means less than 0.05. Based on these results it can be concluded that the results of the Pretest and Posttest on learning Mandarin vocabulary mastery have a significant influence. The results of the questionnaire analysis which consisted of 10 questions obtained very good student responses. From the overall results, the percentage of each question item is in the range of 81% - 100%, it can be concluded that the percentage results are included in the "very good" category and there is an influence on SMA Khadijah Surabaya students, especially in class XI IPS. Keywords: Quiz WordWall, Vocabulary, Influence
Published
2023-07-10
How to Cite
Efendi, M., & Amri, M. (2023). PENGARUH MEDIA QUIZ WORDWALL TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS XI IPS SMA KHADIJAH SURABAYA 2022/2023. Jurnal Bahasa Mandarin, 6(1), 55 - 61. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/55177
Abstract Views: 112
PDF Downloads: 113