PENGEMBANGAN MEDIA 彩虹字笔顺 (Cǎihóng Zì Bǐshùn) UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS HANZI KELAS XI ULP SMK NEGERI 6 SURABAYA

Authors

  • Puteri Lestari Herliana Universitas Negeri Surabaya
  • Miftachul Amri Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Dalam mempelajari bahasa Mandarin, salah satu keterampilan yang umum dipelajari yaitu keterampilan menulis. Bahasa Mandarin memiliki keunikan tersendiri yang memungkinkan pembelajar bahasa Mandarin mengalami kesulitan dalam mempelajarinya. Untuk dapat membantu proses pembelajaran menulis hanzi, perlu dikembangkan media pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D). Produk yang dibuat atau dikembangkan ialah media 彩虹字笔顺 (Cǎihóng Zì Bǐshùn). Pengembangan media 彩虹字笔顺 (Cǎihóng Zì Bǐshùn) dilakukan dengan mengikuti tahapan pengembangan pada model penelitian dan pengembangan milik Sugiyono. Proses pengembangan dibatasi pada tahap kelima yaitu tahap revisi desain. Penelitian ini memiliki tujuan untuk dapat mendeskripsikan proses pengembangan media 彩虹字笔顺 (Cǎihóng Zì Bǐshùn) dan mendeskripsikan kevalidan materi serta kevalidan media dari media 彩虹字笔顺 (Cǎihóng Zì Bǐshùn). Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah pedoman wawancara, lembar validasi materi, dan lembar validasi media. Berdasarkan hasil analisis data lembar validasi materi, media 彩虹字笔 顺 (Cǎihóng Zì Bǐshùn) memperoleh persentase 80% dan dapat dikategorikan ke dalam kriteria valid. Hasil analisis data lembar validasi media memperoleh persentase 84% dan dapat dikategorikan ke dalam kriteria sangat valid. Rata-rata kevalidan materi dan kevalidan media yang diperoleh media 彩虹字笔顺 (Cǎihóng Zì Bǐshùn) sebesar 82% dan dapat dikategorikan ke dalam kriteria sangat valid. Hasil perhitungan penilaian yang diberikan oleh validator ahli materi dan validator ahli media menunjukkan bahwa media 彩虹字笔顺 (Cǎihóng Zì Bǐshùn) dinyatakan sangat valid untuk dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran bahasa Mandarin khusunya pembelajaran menulis hanzi. 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-10

How to Cite

Herliana, P. L., & Amri, M. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA 彩虹字笔顺 (Cǎihóng Zì Bǐshùn) UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS HANZI KELAS XI ULP SMK NEGERI 6 SURABAYA. Jurnal Bahasa Mandarin, 6(1), 87–93. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/55298
Abstract views: 65 , PDF Downloads: 65