Kesalahan Berbahasa Tataran Sintaksis Pada Video Narasi Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Angkatan 2021 Universitas Negeri Surabaya

  • Lilis Safitri Universitas Negeri Surabaya
  • Subandi Subandi Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak Saat ini, bahasa Mandarin sedang populer dipelajari di Indonesia, karena perkembangan ekonomi China semakin pesat yang menjadikan bahasa Mandarin digunakan sebagai alat komunikasi untuk bekerjasama. Hal tersebut menjadikan berbagai jenjang pendidikan, salah satunya Unesa, menghadirkan bahasa Mandarin di Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin, salah satu mata kuliah keterampilan bahasa Mandarin, yaitu yang dikemas dalam mata kuliah BM Berbicara Mahir. Berdasarkan penelitian, pada video narasi tugas UTS mata kuliah BM Berbicara Mahir masih ditemukan kesalahan berbahasa tataran sintaksis, seperti pemilihan kata dan susunan kalimat. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk dan faktor penyebab kesalahan berbahasa tataran sintaksis pada bahasa lisan yang ada dalam videoUTS yang disusun oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Angkatan 2021, kelas 2021A dan kelas 2021 B Universitas Negeri Surabaya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan sumber data penelitian berupa video narasi dan data berupa bentuk kesalahan berbahasa tataran sintaksis yang dilakukan oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin angkatan 2021, kelas A dan B. Data penelitian ini dikumpulkan dengan teknik Simak Bebas Libat Cakap (SBLC) serta dianalisis menggunakan teknik analisis kesalahan berbahasa. Berdasarkan analisis data pada penelitian ini, kesalahan berbahasa tataran sintaksis pada video narasi oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin angkatan 2021 di Universitas Negeri Surabaya terjadi pada tingkatan kata, frasa, klausa, dan kalimat dalam bahasa Mandarin dengan jumlah 52 kesalahan. Kesalahan penggunaan struktur kalimat memiliki jumlah kesalahan terbanyak yaitu 21 kesalahan, sementara kesalahan penggunaan unsur kata memiliki jumlah kesalahan paling sedikit yaitu 4 kesalahan. Kata Kunci: Kesalahan berbahasa, Tataran sintaksis, Video narasi, Bahasa Mandarin. Abstract Currently, Mandarin language is being popularly used in Indonesia, because China‟s economic development is increasingly rapid, Mandarin language is being used as a communication tool for cooperation. This makes various levels of education, one of which is State University of Surabaya, Mandarin Language Education Study Program which is packaged in the Mandarin Language Speaking Advanced course. Based on research, in the narrative video of the UTS assignment of the Mandarin Language Speaking Advanced course, there are still language errors at the syntax level, such as word selection and sentence structure. The purpose of this study is to describe the forms and factors that cause syntax language errors in spoken language in the form of videos prepared by students of the Mandarin Language Education Study Program of 2021 class, 2021A class and 2021 B class of Surabaya State University. This type of research is descriptive qualitative with research data in the form of narrative videos that contain forms and factors that cause syntax level language errors made by students of the Mandarin Language Education Study Program class of 2021, classes A and B. The data were collected using the listening technique. The data of this study were collected using the free listening technique and analyzed using the language error analysis technique. Based on the data analysis, syntax errors in video narrations by students of the Mandarin Language Education Program batch of 2021 State University of Surabaya occur at the levels of words, phrases, clauses, and sentences in Mandarin laguage. The sentence level has the highest number of errors, with 21 errors, while the word level has the fewest errors, with 4 errors. Keywords: Syntax error, Video Narrative, Mandarin language
Published
2023-07-10
How to Cite
Safitri, L., & Subandi, S. (2023). Kesalahan Berbahasa Tataran Sintaksis Pada Video Narasi Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Angkatan 2021 Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Bahasa Mandarin, 6(1), 161-171. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/55514
Abstract Views: 51
PDF Downloads: 53