PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN SPIN GAME DALAM PEMBELAJARAN MENYUSUN KALIMAT BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS XI IBB SMA AL-ISLAM KRIAN

  • Anis Fitria Ningsih Universitas Negeri Surabaya
  • Mintowati Mintowati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak Bahasa Mandarin merupakan bahasa nasional Negara Tiongkok dan juga merupakan bahasa internasional kedua setelah Bahasa Inggris. Mempelajari Bahasa Mandarin tentu akan menemukan sebuah kesulitan. Kesulitan secara umum yang dialami oleh pembelajar bahasa Mandarin adalah pelafalan kosakata sesuai nada, menulis hanzi sesuai guratan, dan penggunaan tata bahasa. Oleh karena itu, dilakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Spin Game dalam Pembelajaran Menyusun Kalimat Bahasa Mandarin pada Siswa Kelas XI IBB SMA Al-Islam Krian”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) penerapan media pembelajaran media spin game dalam pembelajaran menyusun kalimat bahasa Mandarin, 2) pengaruh penerapan media pembelajaran spin game dalam pembelajaran menyusun kalimat bahasa Mandarin, 3) respon peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran spin game. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan model one group pre-test post-test design. Teknik penegumpulan data berupa observasi, tes dan angket respon. Analisis data observasi dan angket menggunakan rumus persentase, sedangkan data tes dianalisis menggunakan rumus uji-t. Setelah data dianalisis, diperoleh data sebagai berikut; 1) penerapan media pembelajaran media Spin Game dalam pembelajaran menyusun kalimat bahasa Mandarin berjalan dengan baik. Hasil analisis observasi aktivitas pendidik pertemuan pertama dan kedua memperoleh 72% dan 73%. Hasil analisis observasi peserta didik pertemuan pertama dan kedua memperoleh 71% dan 74%. 2) media pembelajaran spin game memiliki pengaruh yang positif terhadap pembelajaran menyusun kalimat bahasa Mandarin. Hasil analisis data pre-test dan post-test diperoleh dari hasil uji t-signifikansi dengan t-test = 13,090, db = 20. Dengan tabel taraf 5% maka ts = 1. Hasil nilai t-signifikansi berada pada interval 13,090 > 1 yaitu lebih besar daripada t-tabel. 3) penggunaan media spin game mendapatkan respon positif dari peserta didik. Hasil analisis angket respon peserta didik yang terdiri dari 11 pernyataan sebagian besar menyatakan setuju. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran spin game dalam pembelajaran menyusun kalimat bahasa Mandarin pada siswa kelas XI IBB SMA Al-Islam Krian berjalan dengan baik. Kata kunci: Media spin game, media pembelajaran, kalimat Bahasa Mandarin Abstarct Mandarin is the national language of China and is also the second international language after English. Learning Mandarin will undoubtedly find difficult. The general difficulties experienced by learners of Mandarin are pronouncing vocabulary according to tone, writing Chinese according to strokes, and using grammar. Therefore, a study entitled "The Influence of Application of Learning Media Spin Game in Learning to Compose Chinese Sentences in Class XI IBB SMA Al-Islam Krian" was conducted. This study aims to describe 1) the application of learning media by using spin game in learning to compose Chinese sentences, 2) the effect of applying spin game learning media in learning to compose Chinese sentences, and 3) students' responses to the application of spin game learning media. This research is experimental with a group pre-test and post-test design model. Data collection techniques include observation, testing, and a response questionnaire. Analysis of observation and questionnaire data using the percentage formula, while the test data was analyzed using the t-test formula. After the data were analyzed, the following data were obtained: 1) the application of learning media by using spin game in learning to compose Chinese sentences went well. The results of the observational analysis of the educator's activities during the first and second meetings were 72% and 73%, respectively. The results of the analysis of student observations of the first and second meetings were 71% and 74%, respectively. 2) Spin game learning media has a positive influence on learning to compose Chinese sentences. The results of the pre-test and post-test data analysis were obtained from the t-significance test results with t-test = 13.090 and db = 20. With a 5% level table, ts = 1. The results of the t-significance value are in the interval 13.90> 1, which is greater than the t-table. 3) The use of spin-game media gets a positive response from students. The results of the analysis of the student response questionnaire, consisting of 11 statements, most of them agreed. It can be concluded that the use of spin game learning media in learning to compose Chinese sentences in class XI IBB SMA Al-Islam Krian goes well. Keywords: Spin game media, learning media, Chinese sentence.
Published
2023-07-10
How to Cite
Ningsih, A., & Mintowati, M. (2023). PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN SPIN GAME DALAM PEMBELAJARAN MENYUSUN KALIMAT BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS XI IBB SMA AL-ISLAM KRIAN. Jurnal Bahasa Mandarin, 6(1), 172-180. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/55706
Abstract Views: 57
PDF Downloads: 63