Implementasi Model Pembelajaran Problem Solving Dalam Menyusun Kalimat Sederhana Bahasa Mandarin Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Lamongan

  • Adinda Elok Ramadhani Universitas Negeri Surabaya
  • Miftachul Amri Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keefektivitas model pembelajaran Problem Solving dalam menyusun kalimat sederhana bahasa Mandarin pada siswa XI MIPA SMA Negeri 1 Lamongan, serta Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode tes. Sampel yang terdapat pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Lamongan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data tes dengan menggunakan rumus data statistik dan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan keefektivitas model pembelajaran Problem Solving dalam menyusun kalimat sederhana bahasa Mandarin pada siswa XI MIPA SMA Negeri 1 Lamongan dari hasil Pre-Test memperoleh mean 43,1 dan Post- Test memperoleh mean 77,24, serta memperoleh nilai uji-t sebesar 0,28<0,05 dari hasil kalkulasi data tes keseluruhan. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Implementasi model pembelajaran Problem Solving dalam menyusun kalimat sederhana bahasa Mandarin pada siswa XI MIPA SMA Negeri 1 Lamongan terbukti efektif. Kata Kunci : Implementasi, Model pembelajaran Problem Solving, Menyusun kalimat sederhana, Bahasa Mandarin Abstract This study aims to identify the effectiveness of the Problem Solving learning model in composing simple Chinese sentences for XI MIPA students at SMA Negeri 1 Lamongan, as well as the type of research used in this study is a quantitative descriptive research using the test method. The samples in this study were students of class XI MIPA 2 and XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Lamongan. The data analysis technique used in this study is the test data analysis technique using statistical data formulas and t-tests. The results of this study show the effectiveness of the Problem Solving learning model in composing simple Chinese sentences for XI MIPA students at SMA Negeri 1 Lamongan. The Pre-Test results obtained a mean of 43.1 and the Post-Test obtained a mean of 77.24, and obtained a t-test score of 0.28 <0.05 from the calculation results of the overall test data. From the results of this study it can be concluded that the implementation of the Problem Solving learning model in composing simple Chinese sentences for XI MIPA students at SMA Negeri 1 Lamongan has proven effective. Keywords: Implementation, Problem Solving learning model, Compose simple sentences, Mandarin Language
Published
2023-07-10
How to Cite
Ramadhani, A., & Amri, M. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Solving Dalam Menyusun Kalimat Sederhana Bahasa Mandarin Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Lamongan. Jurnal Bahasa Mandarin, 6(1), 205-213. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/55711
Abstract Views: 31
PDF Downloads: 16