Pengembangan Media Pembelajaran (Xuéxí Shùzì) Berbasis Augmented Reality untuk Pembelajaran Angka 1-10 dalam Bahasa Mandarin bagi Murid TK Negeri Pembina 1 Jetis Kabupaten Mojokerto
Abstract
Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran bahasa Mandarin, yaitu media (Xuéxí Shùzì) berbasis Augmented Reality untuk pembelajaran angka 1-10 dalam bahasa Mandarin bagi murid TK Negeri Pembina 1 Jetis Kabupaten Mojokerto. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses pengembangan media serta menguji aspek kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carry pada tahun 1996 yang meliputi Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian pertama 1) terciptanya media (Xuéxí Shùzì) sesuai model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carry pada tahun 1996, karena model pengembangan ini terfokus pada pengembangan media dengan alur pengembangan dimulai dari menganalisis, mendesain, mengembangkan, mengimplementasikan dan mengevaluasi. 2) aspek kevalidan ahli media mendapat persentase sebesar 86% dan penilaian dari ahli materi mendapat persentase sebesar 98%, menurut skala likert hasil tersebut termasuk dalam kriteria sangat layak. 3) aspek keefektifan melalui hasil rata-rata posttest memperoleh persentase sebesar 89%, sehingga termasuk dalam kriteria sangat efektif sesuai dengan standar penilaian skala likert. 4) aspek kepraktisan melalui angket respon murid memperoleh persentase sebesar 86%. Mengacu pada hasil penelitian yang telah dijelaskan bahwa media (Xuéxí Shùzì) layak digunakan sebagai media penunjang pembelajaran angka 1 sampai 10 dalam bahasa Mandarin.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

