Pengembangan Media Pembelajaran (Xuéxí Shùzì) Berbasis Augmented Reality untuk Pembelajaran Angka 1-10 dalam Bahasa Mandarin bagi Murid TK Negeri Pembina 1 Jetis Kabupaten Mojokerto

  • Vinolia Istiqomah Aji Universitas Negeri Surabaya
  • Mintowati Mintowati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran bahasa Mandarin, yaitu media (Xuéxí Shùzì) berbasis Augmented Reality untuk pembelajaran angka 1-10 dalam bahasa Mandarin bagi murid TK Negeri Pembina 1 Jetis Kabupaten Mojokerto. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses pengembangan media serta menguji aspek kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carry pada tahun 1996 yang meliputi Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian pertama 1) terciptanya media (Xuéxí Shùzì) sesuai model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carry pada tahun 1996, karena model pengembangan ini terfokus pada pengembangan media dengan alur pengembangan dimulai dari menganalisis, mendesain, mengembangkan, mengimplementasikan dan mengevaluasi. 2) aspek kevalidan ahli media mendapat persentase sebesar 86% dan penilaian dari ahli materi mendapat persentase sebesar 98%, menurut skala likert hasil tersebut termasuk dalam kriteria sangat layak. 3) aspek keefektifan melalui hasil rata-rata posttest memperoleh persentase sebesar 89%, sehingga termasuk dalam kriteria sangat efektif sesuai dengan standar penilaian skala likert. 4) aspek kepraktisan melalui angket respon murid memperoleh persentase sebesar 86%. Mengacu pada hasil penelitian yang telah dijelaskan bahwa media (Xuéxí Shùzì) layak digunakan sebagai media penunjang pembelajaran angka 1 sampai 10 dalam bahasa Mandarin. Kata Kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, Pembelajaran Angka 1-10, Taman Kanak-Kanak. Abstract This research develops Mandarin language learning media, namely media learn numbers (Xuéxí Shùzì) based Augmented Reality for learning numbers 1-10 in Mandarin for students at the Pembina 1 Jetis State Kindergarten, Mojokerto Regency. This research aims to describe the media development process and test three aspects, namely validity, effectiveness and practicality using the ADDIE development model developed by Dick and Carry in 1996 which includes Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). This research uses quantitative and qualitative approaches. First research results 1) creation of media learn numbers (Xuéxí Shùzì) according to the ADDIE development model developed by Dick and Carry in 1996, because this development model focuses on media development with a development flow starting from analyzing, designing, developing, implementing and evaluating. 2) the validity aspect of media experts gets a percentage of 86% and the assessment from material experts gets a percentage of 98%, according to the scale likert These results are included in the very feasible criteria. 3) effectiveness aspect through average results posttest obtained a percentage of 89%, so it is included in the very effective criteria according to the standard assessment scale likert. 4) practical aspects through the student response questionnaire obtained a percentage of 86%. Referring to the research results that have been explained, media learn numbers (Xuéxí Shùzì) suitable for use as a supporting medium for learning the numbers 1 to 10 in Mandarin. Keywords : Development, Learning Media, Learning Numbers 1-10, Kindergarten.
Published
2023-11-21
How to Cite
Aji, V., & Mintowati, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran (Xuéxí Shùzì) Berbasis Augmented Reality untuk Pembelajaran Angka 1-10 dalam Bahasa Mandarin bagi Murid TK Negeri Pembina 1 Jetis Kabupaten Mojokerto. Jurnal Bahasa Mandarin, 6(2), 12-24. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/57627
Abstract Views: 33
PDF Downloads: 40